Tips Agar Cat Rumah Terbaru Cantik Namun Tetap Hemat

cat rumah terbaru
cat rumah terbaru

Jangan galau untuk memilih warna cat rumah terbaru. Karena, redaksi Ajaib siap memberikan tips cat rumah terbaru yang hemat namun tetap bagus.

Mengecat rumah menjadi salah satu kunci andalan merenovasi rumah baik interior maupun eksterior. Sebagian besar masyarakat Indonesia rutin mengecat kembali rumahnya menjelang perayaan atau hari besar. Biaya mengecat rumah ini sebenarnya cukup besar dan mengurasi.

Apalagi kini banyak tersedia cat rumah terbaru dengan berbagai inovasi yang menjadikan harganya jauh lebih mahal. Sebagai contoh, warna cat rumah minimalis yang didominasi warna pastel lebih mahal dibandingkan warna dasar. Padahal warna-warna lembut itulah yang kini sedang tren untuk dekorasi rumah. 

Ada beberapa cara lain yang bisa kamu aplikasikan agar untuk mendapatkan cat rumah terbaru dan tetap aman untuk finansialmu. Cara ini bukan saja cocok untuk mempercantik eksterior rumah yang akan direnovasi namun juga rumah yang baru dibangun.

Menghitung kebutuhan cat

Perhitungkan dengan detail kebutuhan cat untuk serta detail yang ingin diaplikasikan. Pastikan luasannya sesuai dengan jumlah cat yang dibeli. Agar cantik dan hemat, kamu bisa mengkombinasikan dua warna berbeda untuk satu ruangan.

Kualitas cat

Cat dengan kualitas buruk pasti lebih murah dibandingkan dengan cat kualitas baik. Jangan tergoda dengan harga murah jika akhirnya malah membutuhkan dana lebih banyak. Cat yang bagus hanya perlu pelapisan ulang maksimal 3 kali setelah diaplikasikan. Sedangkan cat yang jelek butuh dilapisi berulang kali agar tampilannya sesuai dan merata. Dengan demikian, meskip harga per kalengnya lebih murah tapi dana yang harus dikeluarkan lebih banyak karena jumlahnya yang dibutuhkan bertambah.

Teknik mengecat

Teknik yang digunakan saat proses pengecatan sangat penting untuk penghematan dan kualitasnya. Pilih teknik yang tepat di areal yang tepat agar hemat waktu dan biaya pengerjaan. Contohnya teknik semprot bisa digunakan untuk dinding bagian luar karena lebih cepat. Selain itu, kebutuhan catnya juga bisa ditekan dengan teknik ini.

Cat pelapis

Salah satu kunci warna cat yang apik dan tahan lama adalah penggunaan cat pelapis. Pilihlah warna abu-abu untuk cat pelapis agar warna aslinya keluar maksimal. Gunakan cat dengan tone yang lebih gelap agar tak butuh banyak cat pelapis untuk hasil terbaik.

Biaya renovasi rumah merupakan kebutuhan rutin yang sebenarnya cukup besar. Biaya yang dikeluarkan termasuk berkaleng-kaleng cat dan tenaga tukang. Namun tak banyak yang sadar akan kebutuhan ini dan mempersiapkannya dengan matang. Apalagi kecenderungan orang mengecat ulang rumahnya menjelang perayaan hari besar atau even khusus pasti menambah anggaran yang dibutuhkan.

Biasakan menyiapkan pos anggaran kebutuhan tahunan ini dengan cermat sejak beberapa wkatu sebelumnya. Sisihkan penghasilan bulananmu untuk berbagai kebutuhan termasuk renovasi rumah ini. Anggarannya tentu saja berbeda dengan dana kebutuhan darurat atau pokok lainnya.

Jika semua pos kebutuhan tersebut sudah terisi maka berarti saatnya kamu mulai berinvestasi. Para ahli di Ajaib menyarankan investasi dimulai ketika sudah memiliki asuransi kesehatan, dana darurat dan bebas dari utang berbahaya seperti kartu kredit atau pinjaman online.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait