Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Macam Keperluan

Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Macam Keperluan
Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Macam Keperluan

Contoh surat resmi ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Surat resmi berhubungan dengan hal-hal yang resmi, ditulis karena ada kesepakatan, ada aturan yang harus diikuti, dan ada konsekuensi yang mau tidak mau didapatkan karena tidak mengikuti aturan.  Surat resmi memiliki ciri khas adanya kop surat karena dikeluarkan oleh lembaga resmi. Surat resmi bermacam-macam contohnya. Bisa kamu lihat di bawah ini:

Contoh surat resmi perjanjian

Ketika melakukan bisnis secara bersama-sama dengan orang lain, pastinya harus ada surat perjanjian yang ditulis. Ini untuk menunjukkan bahwa kerja sama itu adalah nyata dan juga ada aturan-aturan yang harus diikuti oleh kedua belah pihak. Karena ketika membuat sebuah bisnis semua orang ingin mendapatkan keuntungan, maka cara mendapatkan keuntungan itu adalah dengan cara kedua belah pihak harus sepakat dalam melakukan perjanjian kerja sama. 

MAS Merah Merdeka
Jl. Jendral Sudirman – Jakarta,
SURAT PERJANJIAN
No. 17/BM/LL/X/13

Pada hari ini, Selasa, tanggal enam bulan Maret tahun dua ribu sembilan belas, telah dilakukan serah terima jabatan oleh kedua pihak sebagai berikut:
Nama: Rudi Suwarno
Jabatan: Direktur PT Merah Merdeka
NIK: 8675798

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama: Nangka
Jabatan: Direktur PT. Kerja Bersama
NIK: 9836241

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Kedua pihak yang di atas memiliki kesepakatan mengadakan perjanjian kerjasama usaha dengan ketentuan yang diatur dengan pasal berikut:
1. Pihak Pertama selaku pemilik modal dengan ini menyerahkan sejumlah uang sebesar Rp200.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah)  kepada Pihak Kedua. Uang tersebut bertujuan untuk modal menjalankan usaha.

2. Pengelola modal adalah pihak kedua yang bertanggung jawab untuk mengelola usaha sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ayat 1.

3. Pihak Pertama mendapatkan keuntungan bagi hasil usaha menurut persentase yang telah disepakati bersama sebagaimana diatur dalam Pasal 4.

4. Masing-masing pihak memiliki hak dalam usaha ini, baik modal maupun tenaga serta pembagiannya. Pihak pertama mendapatkan keuntungan 70 % dari keseluruhan keuntungan.

Jakarta, 6 Maret 2019 

Contoh surat resmi pemutusan kerja

PT Daya Pictures
Jl. Mampang No. 66 Jakarta Barat
SURAT KEPUTUSAN
No. : 90/SK/Agustus/2019

Setelah melakukan serangkaian tahapan evaluasi terhadap kinerja Saudara Tiya terhitung mulai tanggal 10 Agustus 2019 dengan jabatan sebagai Creative PT Daya Pictures, maka dengan ini PT Daya Pictures melakukan pemutusan kerja karena alasan sebagai berikut:

Menimbang: Berdasarkan hasil penilaian dan pengamatan yang obyektif Sdr. Tiya
Mengingat: Berdasarkan Anggaran Dasar serta Peraturan Perusahaan PT. Daya Pictures
Memperhatikan: Nilai PA yang buruk, sudah diberikan SP sebanyak 2 kali, tapi tidak digubris
MEMUTUSKAN : Melakukan pemutusan kerja terhadap Tiya. Terima kasih untuk dedikasi Tiya selama ini. 

Ditetapkan di Jakarta Barat pada : 10 Agustus 2018.

Mengetahui,
Direktur PT. Daya Pictures


Cantika Hasyim

Itulah beberapa contoh surat resmi yang bisa jadi salah satu contoh ketika kamu ingin membuat surat untuk kebutuhan formal seperti surat permohonan, surat pemberitahuan, surat pernyataan, surat undangan, ataupun pengumuman surat. Dalam membuat surat ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, mulai dari pembuka surat seperti Assalamualaikum Wr. Wb, kemudian isi surat, tanda tangan, dan sebagainya.

Bacaan menarik lainnya:

Retnowati, Nova. (2012). Manajemen Kompensasi. Bandung: Karya Putra DarwatiBandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait