Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Sesuai Etika

surat pengunduran diri
surat pengunduran diri

Hai teman-teman, kali ini Ajaib akan membagikan contoh cara membuat surat pengunduran diri di instansi atau perusahaan. Hal ini untuk memudahkan kamu untuk membuat surat pengunduran diri dari tempat kerja. 

Dalam hidup ini kadangkala ada beberapa alasan yang membuat kita resign atau mengundurkan diri dari tempat kerja. Entah karena sadar bahwa pekerjaan tersebut bukanlah passion kita, karena kita mendapatkan kesempatan di tempat lain yang dirasa lebih baik. Atau karena tempat kerja tersebut tidak lagi kondusif.

Namun apapun alasannya, pastikan proses pengunduran dirimu sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan tempat kamu bekerja. Dengan demikian kamu akan dinilai profesional dan tetap menjaga kredibilitas yang positif. 

Apabila kamu akan mengundurkan diri dari pekerjaan dengan cara yang profesional dan memiliki etika. Maka harus mengetahui cara membuat surat pengunduran diri atau secara umum disebut dengan surat resign.

Penulisan surat resign yang baik dan benar merupakan salah satu alasan perusahaan menilai kamu sebagai karyawan yang mempunyai etika dan santun. Karena ketika kamu melamar pekerjaan dengan sebuah surat lamaran yang sopan dan baik. Maka tentu saja kamu perlu menulis surat pengunduran diri yang sopan dan baik pula. 

Apa Itu Surat Resign Atau Surat Pengunduran Diri

Surat resign merupakan sebuah surat yang isinya tentang penjelasan formal jika seorang karyawan akan mengundurkan diri dari perusahaan atau instansi. Pada saat seorang karyawan melakukan pengunduran diri atau resign dari kedudukannya di sebuah perusahaan atau instansi. Maka berhak untuk membuat surat resign.

Terdapat banyak alasan mengapa seorang karyawan atau staff mundur dari posisinya. Bisa jadi karena perbedaan ide kreatif dengan perusahaan tempat ia bekerja. Atau karena perusahaan tersebut mengalami pailit atau kebangkrutan. 

Manfaat Surat Resign Atau Surat Pengunduran Diri

  • Untuk memastikan kejelasan status staff atau karyawan dalam suatu instansi atau perusahaan.
  • Memberikan waktu kepada perusahaan untuk mencari karyawan atau staff baru sebagai pengganti karyawan lama yang resign.
  • Menutup proses karyawan dalam bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
  • Sebagai syarat resmi pengunduran diri dari perusahaan atau instansi.
  • Memperlihatkan kepada instansi atau perusahaan jika karyawan adalah seorang yang memiliki sopan santun, profesional, dan etika yang baik. 
  • Memperlihatkan kepada perusahaan atau instansi jika karyawan loyal, mempunyai reputasi positif, dan keluar dengan cara elegan.

Bentuk Surat Resign Atau Surat Pengunduran Diri

Bentuk surat pengunduran diri tidaklah rumit. Akan lebih baik apabila bentuknya sederhana, sehingga mampu dipahami dengan mudah. Namun etika perlu diperhatikan, sebab sebuah perusahaan sewajarnya kurang menyukai pengunduran diri seorang staff atau karyawan. 

Berikut adalah point-point cara membuat surat pengunduran diri secara sederhana:

  • Tanggal dan tempat: Letaknya di sisi kanan atas.
  • Nama serta alamat lengkap tujuan surat: Dapat diletakkan di sisi kanan atau kiri atas. Namun, lebih menguntungkan di sisi kiri. 
  • Isi surat resign atau surat pengunduran diri.
  • Tanda tangan dan nama lengkap.
  • Materai.

Contoh Surat Resign Atau Surat Pengunduran Diri

Berikut ini akan kami berikan contoh cara membuat permohonan resign untuk mempermudah kamu. 

Surat Pengunduran Diri 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Federico Maurinta Hikmawan

Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 28 Oktober 1990

Jabatan : Manager Marketing

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Manager Marketing terhitung sejak tanggal 7 Agustus 2019. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi menjalankan atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai Manager Marketing pada perusahaan tersebut. Demikian, harap maklum. 

Yogyakarta, 1 Agustus 2019

Yang Menyatakan

Federico Maurinta Hikmawan

Contoh tersebut cukup simpel, tanpa menghilangkan etika dan kesopanan. 

Surat Resign

Yogyakarta, 3 Maret 2017

Kepada Yth,

Kepala Cabang Bank Mandiri Kantor Cabang Yogyakarta

Jl. Jend. Sudirman, No. 26, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dengan Hormat, bersama surat ini Jony mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Bank Mandiri sebagai marketing sejak tanggal 4 April 2017. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh PT. Bank Mandiri kepada saya untuk bekerja di PT. Bank mandiri KC Yogyakarta Sudirman sebagai marketing selama 2 tahun ini.

Tidak lupa saya haturkan maaf kepada jajaran manajemen PT. Bank Mandiri apabila terdapat hal-hal tidak baik yang telah saya perbuat selama bekerja di PT. Bank Mandiri. Saya sungguh berharap PT. Bank Mandiri menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang serta berhasil menjadi yang terbaik di Indonesia. 

Hormat Saya

      Jony

Cara membuat surat pengunduran diri di atas terlihat lebih rumit dan sempurna dari contoh sebelumnya. Hal itu disebabkan kami menganggap jika perusahaan tersebut adalah salah satu perusahaan besar. Terbukti dengan maksud yang diungkapkan pada surat resign tersebut.

Itulah contoh cara membuat permohonan resign dari perusahaan atau instansi. Semoga bermanfaat. Sukses selalu. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait