Contoh Surat Edaran Resmi untuk Keperluan Perusahaan

Contoh Surat Edaran Resmi untuk Keperluan Perusahaan
Contoh Surat Edaran Resmi untuk Keperluan Perusahaan

Jika kamu tiba-tiba ditugaskan atasan untuk membuat surat edaran, apa yang akan kamu lakukan? Kamu tak pernah membuat surat semacam itu sebelumnya. Kamu juga tak punya bayangan soal kalimat-kalimat seperti apa yang perlu disusun.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh surat edaran, khususnya contoh surat edaran perusahaan. Apa saja komponen surat resmi ini? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini!

Pengertian, fungsi, dan ciri-ciri

Surat edaran adalah surat tertulis berisi pemberitahuan resmi yang ditujukan kepada pihak-pihak tertentu dalam instansi, lembaga, atau organisasi. Surat ini disebut edaran karena bersifat sirkuler yakni memiliki bentuk dan isi yang sama serta dikirimkan ke banyak pihak. 

Surat edaran sendiri memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Sarana menyampaikan informasi atau pemberitahuan kepada banyak pihak. Isi surat bersifat umum atau bukan rahasia.
  2. Petunjuk dan penjelasan tentang peraturan atau kebijakan, atau tata cara pelaksanaan bagi instansi. Surat edaran juga berfungsi sebagai pengumuman atau pemberitahuan bagi perusahaan swasta.

Bentuk surat edaran mudah dikenali secara kasat mata. Secara umum, surat edaran memiliki format hampir sama satu dengan yang lainnya. Surat edaran biasanya mempunyai ciri-ciri berikut:

  1. Dibuat dengan bahasa yang baku.
  2. Bersifat umum dan bukan rahasia.
  3. Isi dan bentuk sama untuk semua pihak.
  4. Pemberitahuan kepada pihak-pihak dalam ruang lingkup tertentu.

Contoh surat edaran

Pihak yang biasa menerbitkan surat edaran adalah instansi pemerintah, instansi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan perusahaan. Pada umumnya, format surat edaran masing-masing instansi hampir sama. Berikut ini adalah salah satu contoh surat edaran perusahaan:

PT MULIA SEJAHTERA

Jl. Kambing Guling No. 66, Semarang, Jawa Tengah

Telp. (024) 123456 | Faks. (024) 123457 | HP. 0812 3456 7890

Website: www.muliasejahtera.com | E-mail: info@muliasejahtera.com

Nomor: 012/PTMS/X/2019

Perihal: Undangan Acara

Kepada:

Bapak/Ibu/Saudara/i

Karyawan PT Mulia Sejahtera

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan berakhirnya tutup buku perusahaan, bersama dengan surat ini, perusahaan bermaksud mengundang Bapak/ Ibu Saudara/i,  seluruh karyawan PT Mulia Sejahtera untuk hadir di acara silaturahmi perusahaan yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal    : Sabtu-Minggu, 2 – 3 November 2019

Tempat              : Hotel Singabesar, Jl. Safari No. 77 Semarang

Demikian surat edaran ini disampaikan.  Atas perhatian Bapak/Ibu/Saudara/i, kami ucapkan terima kasih.

Semarang, 29 Oktober 2019

Direktur Utama

Robert Downy

Contoh surat edaran  di atas dapat disesuaikan dan digunakan untukm berbagai kebutuhanmu, mulai dari izin tidak masuk kerja, kegiatan pelaksanaan wisuda, penberitahuan atas penetapan pengambilan cuti, melaksanakan kegiatan kantor lain, dan sebagainya. Jangan lupa tetap gunakan Bahasa baku yang singkat, padat, dan jelas. Gunakan kop surat resmi milik perusahaan sebagai identitas, yang terdiri atas nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan e-mail. Tidak sulit kok membuat surat edaran resmi. Sudah tidak bingung lagi ‘kan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait