Contoh Kwitansi dan Cara Mudah dalam Membuatnya

contoh kwitansi

Redaksi Ajaib telah menyiapkan penjelasan tentang kwitansi dan contoh-contoh kwitansi dalam ulasan ini. Disimak ya.

Kwitansi merupakan sebuah bukti yang secara umum dibuat untuk sebuah transaksi barang dan jasa. Bagi seorang pembeli, kwitansi merupakan bukti pembayaran suatu barang atau jasa, sedangkan bagi perusahaan kwitansi merupakan bukti pencatatan transaksi yang akan berpengaruh terhadap laba dan rugi.

Contoh kwitansi yang sering kamu temui atau kamu dapatkan menjelaskan secara langsung apa itu kwitansi. Namun saat ini tidak banyak lagi orang yang menggunakan kwitansi sebagai bukti pembayaran, karena sudah ada jenis struk yang secara otomatis tercetak.

Contoh kwitansi memiliki beberapa jenis, yakni:

Kwitansi Transaksi Kecil

Kwitansi transaksi kecil umumnya akan diberikan kwitansi rangkap merupakan kwitansi yang umumnya kamu temukan dalam keseharian kamu. Misalkan saja kwitansi saat kamu menggunakan jasa laundry, pembelian spare part mesin ataupun berbelanja di grosir.

Kwitansi rangkap juga memiliki dua jenis yakni rangkap dua dan rangkap tiga. Untuk kwitansi rangkap dua, bagian kanan akan diberikan kepada pembeli dan bagian kanan akan menjadi bukti bagi penjual.

Sedangkan kwitansi rangkap tiga, terdiri dari kertas putih, kuning dan merah muda yang dilapisi kertas karbon agar langsung tertulis rangkap tiga. Kertas kuning atau merah akan diberikan kepada konsumen dan warna putih dan merah muda akan menjadi milik penjual. Umumnya kwitansi rangkap akan diberikan dari nominal transaksi antara Rp250.000 hingga Rp1.000.000.

Kwitansi Transaksi Besar

Kwitansi transaksi besar memerlukan materai Rp3.000 atau Rp6.000 dengan nilai transaksi dengan diatas Rp1.000.000. Umumnya transaksi ini juga dilengkapi dengan berkas-berkas lain seperti surat perjanjian antara penjual dan pembeli.

Bentuk kwitansi transaksi besar tidak jauh berbeda dengan kwitansi transaksi kecil. Namun demikian kuantitas jumlah barang dan nominal transaksi yang akan membedakan pemberian kwitansi ini. Selain itu dalam transaksi besar, bentuk perjanjian atau surat pengantar yang disetujui kedua belah pihak penjual dan pembeli juga disertakan.

Umumnya kwitansi ini merupakan kwitansi yang diberikan antar partai besar seperti halnya pabrik, perkantoran ataupun manufaktur skala nasional.

Setalah menjelaskan contoh kwitansi yang beredar saat ini, mungki kamu juga bertanya-tanya bagaimana cara membuat kwitansi? Berikut cara mudah membuat kwitansi:

  • Menyiapkan lembar blangko kwitansi dengan lembar berkarbon untuk tembusan (khusus kwitansi rangkap tiga).
  • Gunakan pulpen berwarna hitam
  • Siapkan stempel perusahaan jika blangko kwitansi belum tertera nama perusahaan.
  • Tuliskan nilai dalam angka, dalam tulisan dan keterangan transaksi pada kolom yang tersedia.
  • Tandatangani kedua belah pihak, pembeli dan penjual.

Lalu ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam menandatangani kwitansi agar tidak terjadi hal-hal perselisihan dikemudian hari, antara lain :

Jangan Menandatangani Kwitansi Kosong

Dalam menandatangani kwitansi, hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah nama lengkap orang yang akan menerima barang, tempat, tanggal, nominal angka, huruf dan keterangan. Kwitansi menjadi bukti jual beli, jadi sebaiknya jangan menandatangani kwitansi kosong, ada baiknya jika jangan dilakukan karena akan merugikan kamu sendiri.

Buat Garis atau Tanda di Akhir Kwitansi

Pada akhir tulisan keterangan kamu, ada baiknya jika membubuhkan garis agar tidak ditambahkan kalimat atau item lain. Sehingga meminimalisir kerugian.

Tanda Tangan Materai

Jika kwitansi menggunakan materai, maka cerdaslah untuk menyikapinya dengan membubuhkan tanda tangan yang mengenai separuh materai. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait