Tabungan adalah Kunci Realisasi Rancangan Masa Depan Millenial

Tabungan, Kunci Realisasi Rancangan Masa Depan Millenial

Rancangan tabungan adalah visi, bukan hanya khayalan. “Nabung yuk, nabung dong!” Kalimat-kalimat itu sekarang sering cuma jadi jargon atau lip sevice. Ketika biaya hidup merangkak naik dan pendapatan lari di tempat, atau malah turun, tabungan hanyalah sekedar wacana. Meski begitu, kamu sebagai kaum millenial tidak boleh menyerah sama keadaan. Kerahkan kekuatan khas milenial dalam menyiasati polemik keuangan, yaitu kreativitas manajemen.

Perlakukan masa depan dengan lebih serius dengan cara menyusun konsep rancangannya. Gambarkan senyata mungkin tata kehidupan masa depan yang paling sesuai dengan cita-cita dan potensi kemampuan, agar konsep rancangan itu menjadi sebuah visi, bukan cuma khayalan. Jika sudah tergambar, susun jugalah rancangan portfolio tabungan dan investasi yang sesuai dengannya. Rancangan tabungan adalah kunci realisasi masa depan impian kamu.  

Rancangan Tabungan yang Visioner

Rancangan tabungan jadi tidak ada gunanya jika tidak dirancang dengan visi yang benar tentang masa depan. Membayangkan bentuk masa depan bukanlah sekedar sesi mengkhayal demi senang-senang, tapi merupakan sebuah proses analisa bijak dari rangkaian berbagai informasi tentang gejala perubahan dunia; dari masa lalu, kini, dan nanti demi terjaganya kelangsungan hidup (survival).

Analisa itu akan meliputi aspek sumber daya alam, sosial, kebudayaan, ekonomi perdagangan, dan investasi. Gaya hidup penduduk dunia akan terus berubah sebagai bentuk adaptasi terhadap aspek-aspek tersebut. Jadi, pertimbangkanlah potensi perubahan itu dalam menyusun rancangan masa depan, berikut rancangan tabungannya. Produk tabungan yang tersedia saat ini sudah sangat banyak yang hadir dalam bentuk tabungan berjangka, sehingga rancanglah sebuah portfolio tabungan visioner yang lengkap bentuk dan timing-nya.

Melek Perubahan

Saat konsep rancangan tabungan visioner kamu sudah jadi, pe-er berikutnya adalah merealisasikannya. Selama jangka waktu perealisasian, kamu juga wajib melek perubahan. Maksudnya, jangan sampai kamu memilih berkacamata kuda, tanpa mau tau perubahan situasi yang sewaktu-waktu melenceng dari visi awal. Yah, jadi tambah pusing dong? Jangan putus asa, saat ini sudah banyak sumber informasi yang menawarkan analisa serta rekomendasi tentang manajemen keuangan yang up-to-date, peka perubahan, dan efektif. Kamu hanya perlu lebih rajin klik dan baca mulai sekarang!

Tabungan Plan A vs Tabungan Plan B

Pastikan kesuksesan realisasi rancangan masa depan dengan selalu menyiapkan back-up plan-nya. Ada banyak jalan menuju Roma, ya kan? Disinilah peran kreativitas para milenial diuji, guna mewujudkan kebahagiaan masa depannya. Misalnya rancangan masa depan pada awalnya sarat program pendidikan dan tabungan pendidikan, sebagai antisipasi terhadap perubahan kondisi perekonomian dunia, siapkan juga rancangan masa depan yang sarat program permodalan usaha dan investasi.

Kunci Efektivitas Sebuah Rancangan Tabungan Adalah kedisiplin Tenggat Waktunya

Seperti juga hal lain dalam hidup, kesuksesan realisasi kreativitas terletak pada kedisiplinan pelaksanaannya terhadap tenggat waktunya (timeline). Upayakan untuk terus setia dan disiplin pada konsep rancangan untuk rencana masa depan, jangan cepat bosan ataupun menyerah.

Perjalanan waktu sebenarnya bisa tidak terasa lama jika kita bijak menyiasatinya. Misalnya mulai dari menentukan jumlah setoran tabungan yang relatif ringan dan sesuai kemampuan kamu. Sehingga tidak terasa mengganggu anggaran dan cash-flow, lalu pilih auto-debet untuk sistem transaksinya. Jangan biasakan mengecek tabungan setiap hari, tapi tentukan jangka waktu yang agak panjang bagi pengecekan berkala pada tabungan, agar peningkatan jumlah tabungannya terasa signifikan dan membahagiakan. Jangan ragu, tabungan adalahrancangan masa depan dan akan terasa indah pada waktunya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait