Cara Nabung Saham untuk Karyawan Kantoran

Cara Nabung Saham untuk Karyawan Kantoran

Tabungan saham tidak selalu identik dengan para petinggi kantoran yang bergaji besar. Meski gajimu pas-pasan, kamu juga bisa menabung saham sebagai alternatif investasi bulanan.

Pada dasarnya, saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Saat ini, ada banyak perusahaan di Indonesia yang bisa kamu beli sahamnya. Bagi kamu yang ingin menabung saham, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

Menentukan Target

Sebelum menabung saham, kamu harus menentukan terlebih dulu tujuan investasi dan kapan membutuhkan dana tersebut. Pasar modal tidak menjamin kapan kamu bisa menarik kembali modal yang telah dikeluarkan.

Dengan menentukan target untuk masa mendatang, kamu bisa mengetahui berapa banyak dana yang harus dikeluarkan untuk menabung saham. Pastikan juga kamu sudah mempertimbangkan dana pendidikan, kesehatan, pensiun, dan lainnya.

Memahami Toleransi Risiko

Toleransi risiko merupakan sudut pandang atau rasa cemas yang timbul saat kamu menghadapi suatu risiko. Misalnya, saat kamu menghadapi pilihan untuk berinvestasi sebanyak Rp10.000.000 agar mendapatkan keuntungan sebesar Rp100.000.000.

Dengan memahami toleransi risiko, kamu akan terhindar dari investasi yang membuatmu merasa cemas. Kamu bisa berpikir lebih jernih untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Membuat Akun Broker Online

Broker merupakan perantara dari suatu transaksi, salah satunya adalah saham. Setelah transaksi sukses, broker akan mendapatkan komisi dari orang yang menggunakan jasanya.

Setelah membuat akun broker, kamu bisa mencari berbagai jenis investasi, stok saham, hingga reksa dana. Ketika memilih broker, kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal ini seperti di bawah ini:

  • Nilai komisi yang paling rendah
  • Dana yang kamu miliki
  • Seberapa sering kamu melakukan transaksi saham
  • Jasa apa yang kamu harapkan

Memahami Dasar Pasar Saham

Sebelum menabung saham, kamu juga harus mempelajari soal pasar saham, terutama sekuritasnya. Ketika seluruh tren saham menurun, sekuritas dari suatu perusahaan justru akan mengalami kenaikan harga.

Ada beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui, yaitu :

  • Metrik dan definisi keuangan, seperti price earning ratio, earning per share (EPS), return on equity (REO), dan compound annual growth rate (CAGR).
  • Teknik membeli saham di waktu yang tepat
  • Jenis pesanan pasar saham
  • Beragam akun investasi

Memilih Saham yang Diinginkan

Setelah melakukan persiapan tersebut, sudah saatnya kamu memilih saham. Cara terbaik untuk memulainya adalah menggali informasi lebih dalam mengenai perusahaan yang kamu ketahui.

Kamu bisa berinvestasi di perusahaan yang ingin dimiliki, bukan perusahaan yang kamu kira akan naik sahamnya. Perhatikan juga laporan tahunan perusahaan tersebut, lalu bandingkan dengan seluruh informasi yang ada di-website broker tempatmu membuat akun.

Tentukan Jumlah Saham yang Ingin Dibeli

Jangan terlalu terburu-buru membeli saham. Kamu bisa mengawalinya dengan membeli saham dalam jumlah kecil, agar bisa memahami cara kerjanya.

Selain itu, kamu juga harus memahami jenis pemesanan saham yang ingin dilakukan. Berikut ini adalah beberapa istilah yang harus kamu ketahui :

  • Ask: harga yang ditentukan oleh penyedia saham
  • Bid: harga yang diajukan oleh calon pembeli saham
  • Spread: selisih harga bid tertinggi dan ask terendah
  • Market order: permintaan untuk membeli dan menjual saham dengan harga yang tersedia
  • Limit order: permintaan untuk membeli dan menjual saham dengan harga yang spesifik
  • Top atau stop-loss order: tanda ini muncul ketika saham mencapai harga tertentu. Pesanan pasar akan diputuskan dan seluruh pesanan diperbarui dengan harga yang berlaku
  • Stop-limit order: saat harga stop tercapai, perdagangan akan berubah menjadi limit order dan hingga berada pada titik batas harga yang tercapai

Menabung saham merupakan cara yang bagus untuk berinvestasi. Namun, kamu harus tetap memperhatikan peluang dan risiko yang ada di depan mata. Jangan tergiur dengan berbagai penawaran yang menjanjikan tanpa menganalisanya terlebih dahulu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait