5 Kiat Agar Karyawan Kaya Raya, Bisa Dicoba Lho!

Banyak yang beranggapan jika menjadi karyawan hanya akan menghasilkan kestabilan finansial namun tidak akan menjadi kaya. Jangan patah arang duluan. Anggapan ini bisa kamu mentahkan dengan mengaplikasikan kiat agar karyawan kaya raya yang telah dibuat redaksi Ajaib, untuk merencanakan keuanganmu.

Banyak orang yang menjadi karyawan karena merasa skill yang dimilikinya lebih sesuai untuk perusahaan atau di bawah arahan atasan. Beberapa juga memilih menjadi karyawan karena merasa bisnis bukan panggilan jiwanya. Selain itu, menjadi pegawai memiliki risiko keuangan yang lebih rendah.

Seorang karyawan mendapatkan penghasilan tetap dengan gaji bulanan yang diterimanya beserta perlindungan dari perusahaan. Ada pula yang mendapatkan dana pensiun, sesuatu yang dijadikan harapan banyak orang menghadapi hari tuanya. Namun, rasanya seorang karyawan tak akan merasakan penghasilan yang jumlahnya fantastis sebagaimana pengusaha apabila bisnisnya sukses dan profitnya selangit.

Pada dasarnya, kita semua bisa menjadi kaya raya asalkan bisa mengelola keuangan yang benar dan menerapkan perencanaan keuangan yang tepat guna. Misalnya saja pandai mengatur gaji dan mengalokasikan uang untuk kebutuhan sehari dan tabungan. Tahu kapan saatnya berinvestasi untuk membeli rumah atau membeli kendaraan.

Kamu juga bisa menjadi karyawan yang kaya dengan giat mencari pekerjaan tambahan guna meningkatkan penghasilan. Misalnya saja melakukan pekerjaan freelance apabila diizinkan kantor atau berbinis online. Memiliki sejumlah produk keuangan seperti asuransi dan investasi juga menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan kondisi finansial karyawan kantoran sepertimu.

Salah satu yang menyebabkan pengusaha mampu memupuk kekayaan adalah memaksimal waktunya dan segala upayanya untuk dijadikan uang. Banyak suara sumbang berkata jika kamu seorang karyawan maka kerja kerasmu hanya akan menambah kaya atasan dan perusahaan tempatmu bekerja.

Buktikan omongan tersebut salah dengan sukses menjadi karyawan yang kaya raya. Ada banyak cara mengetahui metode yang tepat untuk memaksimalkan penghasilan. Bahkan kalau kamu tahu kiat agar karyawan kaya raya yang tepat dan mulai mengaplikasikannya, bukan tidak mungkin kamu akan jadi jutaan dalam waktu dekat.

Kiat Agar Karyawan Kaya Raya, Bukan Hal yang Mustahil

Banyak yang beranggapan bahwa ketika kamu menjadi seorang karyawan di kantor, kamu akan sulit untuk menjadi orang kaya raya dan sukses. Apakah anggapan tersebut benar? Jika kita bisa diberikan pilihan di dunia ini ketika kita dilahirkan, tentu saja kita semua akan memilih dilahirkan sebagai orang yang kaya raya.

Tetapi memang sebuah perjalanan karir seseorang sebagai karyawan tidak ada yang tahu dan kapan dia akan menjadi sukses. Kesuksesan dalam segi materi tidak semerta-merta datang begitu saja, menghampiri kehidupan kita. Melainkan butuh dedikasi serta perjuangan ekstra keras untuk mencoba meraihnya.

Hal ini, bukan hanya terjadi untuk mereka yang bekerja sebagai karyawan. Melainkan pengusaha juga merasakan hal yang demikian, sulitnya untuk meraih kesuksesan. Baik itu karyawan dan pengusaha sama-sama memiliki kemungkinan yang sama besarnya untuk menjadi orang sukses di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, janganlah kamu bersedih hati jika memang saat ini kamu sebagai karyawan, belum menjadi orang kaya raya dan sukses. Lantas, bagaimana cara bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan untuk menjadi orang sukses dan kaya raya?

Nah berikut ini, Ajaib punya beberapa kiat-kiat agar karyawan kaya raya dan bisa membantu mencapai kesuksesan finansialnya.

1.  Mengatur Keuangan

Keuangan memang menjadi perkara yang tidak mudah untuk diatur, baik sebagai karyawan dan pengusaha. Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan ketika mendapatkan gaji di akhir bulan. Buatlah skala prioritas seperti membaginya dalam 3 kategori yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Jangan sampai pengeluaran kamu melebihi 50% dari pendapatan bulanan kamu dan bijaklah dalam mengelola keuangan. Perhatikan juga mengenai kemungkinan buruk di masa depan seperti sakit, pemutusan hubungan kerja maupun bencana alam. Selalu sisihkan porsi untuk menabung dan berinvestasi.

2.  Kegagalan Adalah Kesuksesan yang Tertunda

Jadikanlah hobi atau bakat kamu sebagai suatu pekerjaan yang bisa membuat hati kamu senang. Dengan begitu segala rintangan ataupun kegagalan yang menghampiri kamu ketika bekerja terasa ringan. Karena memang kamu sudah siap untuk terjun dalam pekerjaan tersebut.

Bukan hal yang tidak mungkin, dedikasi kamu terhadap pekerjaan saat ini akan membawa perubahan. Yaitu mendapatkan promosi jabatan. Senang bukan rasanya? Jerih payah kamu selama ini terbayarkan dengan adanya kenaikan jabatan di perusahaan.

3.  Utang untuk Keperluan yang Produktif

Setiap orang pasti memiliki utang baik itu dalam nominal besar ataupun kecil. Jika kamu saat ini memiliki utang, hal tersebut dirasa sah-sah saja untuk dilakukan. Asalkan, uang yang didapatkan dari pinjaman tersebut dialokasikan ke hal-hal yang produktif. Seperti membeli tanah, rumah, dan tak ketinggalan untuk investasi.

4.  Menabung dan Investasi

Selain mengatur utang untuk keperluan yang produktif, kamu juga perlu memiliki dana untuk hari tua nantinya. Salah satu caranya adalah dengan menabung dan berivestasi. Orang terkaya manapun pasti melakukan kedua hal tersebut. Kamu bisa mulai dari sekarang, investasi saham atau reksa dana dalam jangka panjang seperti reksa dana saham.

Produk investasi berupa reksa dana saham baru akan kelihatan hasilnya jika investasi dilakukan lebih dari 5 tahun, pengembaliannya bisa mencapai 2-8 kali lipat tergantung dengan performa pasar modal maupun reksa dana saham pilihanmu. Jangan lupa memilih investasi yang legal serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) misalnya melalui Ajaib.

Ingat, jangan mudah tergoda dengan investasi bodong yang menjanjikan keuntungan tidak masuk akal. Apalagi jika tidak jelas keuntungannya bersumber dari mana. Bukannya kaya raya, kamu malah akan jatuh miskin karena uangmu habis ditipu investasi abal-abal.

Momen yang cocok untuk berinvestasi adalah ketika kamu masih di usia produktif. Waktu yang tepat untuk mulai investasi reksa dana saham kamu adalah sekarang!

5.  Sukses Itu Butuh Kerja Keras

Di dunia ini tidak ada suatu hal yang dicapai dengan instan melainkan butuh dedikasi dan kerja keras. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Ini pula yang bisa menjadi panutan dan pegangan untuk karyawan, untuk tidak mudah berputus asa. Kiat-kiat di atas merupakan saran Ajaib, agar para karyawan diluar sana tetap tegar menghadapi tuntutan zaman.

Tak seorang pun di dunia ini tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita sebagai manusia hanya bisa hidup bersyukur dengan apa yang bisa kita raih saat ini. Karena pada dasarnya manusia tidak pernah puas, kita puas jika kita hidup bersyukur

Lima poin di atas adalah kiat agar karyawan kaya raya yang bisa dengan mudah kamu aplikasikan. Jangan putus asa jika kamu merasa banyak kenalanmu sudah kaya dan kamu belum. Kesuksesan finansial hanya bisa diraih oleh orang yang mau mengusahakannya. Kamu sedang berupaya meraihnya dengan tips di atas dan kerja kerasmu sebagai karyawan.

See you on top!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait