Apa itu Premi Asuransi? Yuk Pelajari Selengkapnya di Sini

apa itu premi asuransi
premi asuransi

Masih bingung dengan apa itu premi asuransi? Jangan khawatir, simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini untuk menjawab apa itu premi asuransi.

Semua orang tahu asuransi membutuhkan uang, tetapi istilah yang sering baru ketika kamu pertama kali mulai membeli asuransi adalah premi. Berikut adalah dasar-dasar untuk membantu kamu memahami apa itu premi asuransi dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Premi Asuransi?

Dalam istilah yang paling sederhana, premi asuransi didefinisikan sebagai jumlah uang yang akan ditagih oleh perusahaan asuransi kepada kamu untuk polis asuransi yang kamu beli. Premi asuransi adalah biaya asuransi kamu.

Premi asuransi terkadang dibayarkan setiap tahun, setengah tahunan, atau, sebagaimana sebagian besar perusahaan saat ini mengizinkan, pembiayaan bulanan premi. Jika perusahaan asuransi memutuskan mereka menginginkan premi asuransi di muka, mereka juga mungkin memerlukannya. Ini sering terjadi ketika seseorang telah membatalkan polis asuransi mereka karena tidak membayar di masa lalu.

Premi adalah dasar “pembayaran asuransi” kamu. Premi asuransi kemudian dapat dikenakan pajak, atau biaya layanan kadang-kadang dapat ditambahkan tergantung pada hukum asuransi setempat, dan penyedia kontrak kamu.

Berapa Biaya Premi Asuransi?

Premi asuransi akan lebih atau kurang mahal dan biayanya dapat bervariasi tergantung pada jenis pertanggungan yang kamu inginkan, serta risikonya.

Inilah mengapa bahwa ini adalah ide bagus untuk berbelanja asuransi atau bekerja dengan profesional asuransi yang dapat membeli premi dengan beberapa perusahaan asuransi untuk kamu.

Ketika orang berkeliling mencari asuransi, mereka mungkin menemukan biaya premi berbeda yang dibebankan untuk biaya asuransi mereka dengan perusahaan asuransi yang lainnya. Dan bisa jadi menghemat banyak uang untuk biaya premi asuransi, hanya karena perusahaan “menulis resiko” secara gamblang di awal promosinya.

Apa yang Perusahaan Asuransi Lakukan dengan Premi Asuransi?

Perusahaan asuransi harus mengumpulkan premi dan memastikan mereka menyimpan cukup uang dalam aset likuid untuk dapat membayar klaim beberapa orang. Perusahaan asuransi akan mengambil premi kamu dan menyisihkannya, membiarkannya tumbuh setiap tahun jika kamu tidak memiliki klaim.

Jika perusahaan asuransi mengumpulkan lebih banyak uang, maka apa yang mereka bayar dalam biaya klaim, biaya operasional, dan pengeluaran lainnya, hal-hal tersebut akan terasa menjadi bermanfaat dan di sisi lain lebih menguntungkan bagi perusahaan asuransi.

Mengapa Premi Asuransi Naik dan Turun?

Dalam tahun-tahun yang menguntungkan, perusahaan asuransi mungkin tidak perlu menaikkan premi asuransi. Ketika berada di masa itu, jika perusahaan asuransi menanggung lebih banyak klaim dan kerugian daripada yang diperkirakan, maka mereka mungkin harus meninjau struktur premi asuransi mereka dan menilai kembali faktor-faktor risiko dalam apa yang mereka asuransikan. Dalam kasus seperti ini, premi mungkin naik.

Contoh Penyesuaian Premi Asuransi dan Tingkat Kenaikan

Pernahkah kamu berbicara dengan teman yang menggunakan premi asuransi dan mendengar mereka mengatakan berapa harga yang mereka miliki, kemudian membandingkannya dengan pengalaman kamu sendiri dengan harga untuk perusahaan yang sama dan apakah itu benar-benar berbeda? Ini bisa terjadi berdasarkan berbagai faktor pribadi, diskon, atau faktor lokasi, serta persaingan atau pengalaman kerugian dari perusahaan asuransi.

Sebagai contoh, jika aktuaris perusahaan asuransi meninjau area tertentu selama satu tahun dan menentukan bahwa ia memiliki faktor risiko rendah dan hanya membebankan premi yang sangat minimal tahun itu, tetapi kemudian pada akhir tahun mereka melihat peningkatan dalam kejahatan, bencana besar, kerugian tinggi atau pembayaran klaim karena alasan yang tidak terduga, hal itu dapat menyebabkan mereka meninjau hasil mereka dan mengubah premi yang akan mereka bebankan untuk area itu di tahun selanjutnya.

Area itu kemudian mungkin akan melihat kenaikan tarif sebagai hasilnya. Perusahaan asuransi harus melakukan ini untuk dapat bertahan dalam bisnis. Orang-orang di daerah itu kemudian dapat berkeliling, dan pergi ke tempat lain.

Dengan memberi harga premi di daerah itu lebih tinggi dari sebelumnya, orang dapat mengganti perusahaan asuransi mereka. Ketika perusahaan asuransi kehilangan klien di daerah itu yang tidak mau membayar premi yang ingin mereka tetapkan untuk apa yang telah mereka tentukan sebagai risiko, rasio profitabilitas atau kerugian mereka kemungkinan akan berkurang dan ini bagus untuk bisnis bagi perusahaan asuransi dan sisa klien yang mereka asuransikan, karena biaya klaim tersebar di banyak klien yang mereka miliki.

Lebih sedikit klaim dan biaya premi yang tepat untuk risiko akan memungkinkan perusahaan asuransi untuk mempertahankan biaya yang masuk akal untuk klien target mereka.

Cara Mendapatkan Premi Asuransi Terendah

Trik untuk mendapatkan premi asuransi terendah adalah menemukan perusahaan asuransi yang paling tertarik mengasuransikan kamu.

Ketika harga perusahaan asuransi tiba-tiba terlalu tinggi, selalu ada baiknya bertanya kepada pihak perusahaan asuransi. Apakah ada yang bisa dilakukan untuk mengurangi premi?

Jika perusahaan asuransi tidak mau mengubah premi yang mereka bayarkan kepada kamu, dan itu kedengarannya tidak masuk akal bagi kamu, maka carilah premi asuransi di sekitar. Mungkin akan memberi kamu harga yang lebih baik jika ada perusahaan asuransi lain. Tentunya yang lebih tertarik untuk bersaing dalam sisi harga.

Meminta perwakilan asuransi kamu atau profesional asuransi untuk menjelaskan alasan mengapa premi kamu meningka. Jika ada peluang untuk mendapatkan diskon atau mengurangi biaya premi asuransi juga akan membantu kamu memahami. Apabila kamu berada dalam posisi untuk mendapatkan harga yang lebih baik dan bagaimana melakukannya.

Itu dia penjelasan singkat tentang apa itu premi asuransi dan bagaimana cara kerjanya? Sudah menemukan premi asuransi yang tepat untukmu atau masih belum yakin dengan pilihanmu? 

Bacaan menarik lainnya:

Widijowati, Dijan. (2012).Hukum Dagang. Yogyakarta: Andi


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait