Apa Itu Pajak? Yuk Pelajari Selengkapnya di Sini

apa itu pajak
apa itu pajak

Apa itu pajak? Banyak yang masih menerka-nerka soal pengertian pajak sesungguhnya. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan menjabarkan terkait apa itu pajak dan jenis-jenis dari pajak di dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Pajak?

Pajak adalah biaya yang dikenakan pada individu atau perusahaan dan ditegakkan oleh entitas pemerintah. Baik itu lokal, regional atau nasional untuk membiayai kegiatan pemerintah. Dalam ilmu ekonomi, pajak jatuh pada siapa pun yang membayar beban pajak, apakah ini entitas yang dikenakan pajak, seperti bisnis, atau konsumen dari produk bisnis.

Untuk membantu mendanai pekerjaan umum dan layanan untuk membangun dan memelihara infrastruktur yang digunakan di suatu negara, pemerintah biasanya mengenakan pajak kepada penduduk individu dan korporatnya. Pajak yang dikumpulkan digunakan untuk perbaikan ekonomi dan semua yang hidup di dalamnya.

Di Indonesia dan banyak negara lain di dunia, pajak diterapkan ke beberapa bentuk uang yang diterima dan ditarik oleh wajib pajak. Uang itu bisa berupa pendapatan yang diperoleh dari gaji, capital gain dari apresiasi investasi, dividen yang diterima sebagai penghasilan tambahan, pembayaran yang dilakukan untuk barang dan jasa, dll.

Persentase penghasilan atau uang pembayar pajak diambil dan dikirimkan ke pemerintah. Pembayaran pajak dengan tarif yang dikenakan oleh negara adalah wajib, dan penghindaran pajak – kegagalan yang disengaja untuk membayar kewajiban pajak penuh seseorang – dapat dihukum oleh undang-undang yang berlaku. Sebagian besar pemerintah menggunakan agen atau departemen untuk mengumpulkan pajak; di Indonesia, fungsi ini dilakukan oleh Direktoral Jenderal Pajak (Dirjen Pajak).

Ada beberapa jenis pajak yang sangat umum yang kita tahu (dan ada di sekeliling kita), antara lain:

Pajak Penghasilan

Pajak penghasilan biasanya sebuah nominal yang dikenakan pada orang-orang yang telah bekerja di perusahaan dan telah memenuhi syarat untuk menjadi wajib pajak dengan pendapatan minimal yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pajak.

Biasanya, perusahaan meminta karyawannya untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yaitu nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Pajak Perusahaan

Pajak perusahaan adalah nominal yang dikenakan kepada perusahaan-perusahaan yang berdiri dan bekerja di wilayah Indonesia. Biasanya juga dinamakan sebagai Pajak Penghasilan Badan Usaha.

Pajak ini diwajibkan oleh pemerintah sebagai dana untuk melanjutkan program-program pemerintahan yang sedang berjalan atau yang telah rencanakan akan berjalan. Biasanya juga, perusahaan menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan perusahaan dengan mendonasikan sejumlah uang ke lembaga-lembaga sumbangan dan membuat program yang bermanfaat untuk banyak orang.

Pajak Penjualan

Biasanya ditemui saat kita membeli makanan atau minuman di gerai-gerai restoran besar. Pajak ini dibebankan kepada konsumen untuk pemasukan pembayaran gerai kepada Dirjen Pajak. Jadi, setiap makanan atau minuman yang kita beli, kita berkontribusi kepada perpajakan di Indonesia.

Namun, pajak ini tidak banyak ditemui jika kamu makan di warung makan sederhana yang bukan gerai restoran makanan menengah-besar. Biasanya, hanya gerai makanan restoran besar yang mengenakan biaya pajak ini ke konsumennya.

Properti

Lebih dikenal sebagai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikenakan pada pemilik rumah/tanah/gedung yang berdiri di Indonesia. Pajak ini bersifat anual (atau tahunan), yang dibayarkan kepada pemerintah.

Jadi, pemilik rumah membayarkan sejumlah pajak sesuai peraturan yang berlaku dan nilai objek yang berjalan (berubah-ubah setiap tahun). Pajak ini bersifat wajib untuk dibayarkan oleh pemilik rumah atau gedung.

Tarif Impor

Tarif pajak ini dikenakan kepada seseorang yang membawa barang yang telah dibeli dari luar negeri dan dibawa ke Indonesia. Pengoleksi pajak ini diambil alih oleh Direktorat Jendral Bea dan Cukai. Fungsinya untuk memperkuat bisnis-bisnis di Indonesia agar seseorang lebih memilih membeli barang di negaranya.

Pajak ini muncul jika kita memesan barang secara online yang pengirimannya dari luar negeri. Dengan biaya nominal barang $75, kamu harus membayar pajak-pajak yang akan dikenakan sebelum kamu bisa mengambilnya dan membawa pulang. Namun, untuk barang (dan total pengiriman) di bawah $75, barang tersebut berarti bebas dari biaya pajak.

Pajak Tanah

Pajak ini dikenakan pada pembeli yang hendak membeli tanah, biasanya pajak tidak termasuk dengan harga pembelian tanah yang akan dibeli. Namun, dalam beberapa contoh di Indonesia, biasanya harga jual telah mencakup dengan pajak tanah yang akan dibeli.

Biaya penarikan pajak ini biasanya juga ada di saat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap tahunnya. Kebanyakan orang akan membayar pajak ini jika akan menjual aset tanah atau propertinya kepada pemilik baru yang akan menempati/ menggunakan tanah yang akan dibeli.

Sistem perpajakan sangat bervariasi di antara negara-negara, dan penting bagi individu dan perusahaan untuk mempelajari dengan cermat undang-undang pajak daerah yang baru sebelum memperoleh penghasilan atau melakukan bisnis di sana.

Jadi, itu dia mengenai apa itu pajak dan beberapa jenis pajak yang berlaku di Indonesia. Walaupun sepertinya sistem perpajakan terasa rumit, tapi sekarang kamu bisa lebih mengerti tentang pajak yang berlaku, jadi lebih pintar saat ditanya tentang pajak, ya kan? Ciao!

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait