Saham

3 Tips Belajar Investasi Saham, Cocok Untuk Pemula

tips belajar investasi saham

Ajaib.co.id – Ada banyak tips belajar investasi saham bagi investor pemula di pasar modal. Salah satunya adalah mengetahui kapan momen yang tepat ialah menentukan kapan membeli saham yang tepat sehingga mampu memberikan keuntungan.

Perkembangan keuangan secara global yang semakin cepat membuat banyak orang sadar untuk belajar saham dan memulai trading saham. Apalagi saat ini aksesnya lebih mudah dengan adanya kerjasama perusahaan sekuritas dengan fintech, Otoritas keuangan semakin menggalakan literasi untuk berinvestasi saham sehingga lebih menjangkau kalangan awam.

Namun tetap saja, meskipun kamu sudah membaca ratusan tips belajar investasi saham, aplikasinya tetap sulit. Perkara pertama adalah mengatahui dana yang bisa dialokasikan, jenis saham yang akan dimiliki sampai dengan jangka waktu investasi yang tepat apakah jangka panjang atau jangka pendek.

Misalnya saja sperti fenomena yang terjadi saat ini. Penyebaran virus Corona mengakibatkan pelemahan bagi pasar keuangan secara global termasuk pula bagi pasar modal. Harga saham secara serentak turun karena investor mengalihkannya pada instrumen lain.

Saham unggulan yang dulu harganya selangit pun kini lebih terjangkau. Hal ini dianggap sebagai kesempatan emas untuk membeli saham karena sedang murah-murahnya. Sudah banyak pengalaman investor saham yang mendapatkan keuntungan dari aksi beli di tengah situasi pasar modal yang melemah seperti saat ini.

Namun apakah cara ini cocok untuk diterapkan bagi investor pemula seperti kamu? Bagi sebagain orang, cara ini cenderung berisiko tinggi karena dikhawatirkan harga akan terus merosot sehingga akan merugikan di kemudian hari. Apalagi jika memang belum berpengalaman dalam membaca situasi pasar dan prediksi kinerjanya di kemudian hari.

Masih banyak lagi tips investasi saham populer lainnya yang terdengar mudah namun nyatanya sulit ketika akan diaplikasikan. Kita khawatir akan kehilangan uang yang ditanamkan alih-alih mendapatkan keuntungan. Apalagi investasi saham dikatakan sebagai jenis investasi dengan risiko yang paling tinggi.

Tips Belajar Investasi Saham yang Paling Dasar, Kenali Agar Tak Salah Langkah

Semakin dewasa, kita tahu bahwa menabung saja tidak cukup untuk mendapatkan masa depan keuangan yang lebih baik. Apalagi dengan biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi serta laju inflasi yang tak terbendung. Uang yang susah payah kita hasilkan rasanya tak terlalu bernilai apalagi di masa mendatang.

Karena itulah, kamu perlu mulai berinvestasi untuk mengembangkan nilai uangmu. Salah satu yang paling sering dipertimbangkan adalah investasi saham karana sudah dikenal memiliki margin keuntungan yang tinggi. Namun ketika belajar saham lebih jauh mungkin kamu menyadari bahwa pasar modal adalah areal yang sangat menantang.

Karena itu, mulai belajar investasi saham untuk pemula adalah langkah penting untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari main saham. Setelah banyak mengetahui bahwa saham merupakan bentuk investasi return terbaik, maka investasi saham bisa dilakukan. Namun demikian dalam bermain saham bisa mendatangkan keuntungan ratusan persen dalam sekejap.

Investasi saham adalah salah satu instrumen investasi dengan keuntungan terbaik tapi bagaimana caranya mengurangi kerugiannya? Tidak pernah ada jawaban yang pasti karena sifat investasi sendiri yang merupakan high risk high return. Namun, kamu bisa meminimalisasinya dengan mengetahui tipsnya.

Apa saja itu? Jika kamu ingin mengetahui tips belajar investasi saham, pelajari dengan seksama. Berikut, tips belajar investasi saham untuk pemula:

# Pahami Investasi saham

Kesalahan terbesar dalam bermain saham adalah tidak memahami esensi investasi saham. Karena buru–buru ingin terjun atau ingin untung cepat, banyak yang menggampangkan untuk belajar esensi dan dasar-dasar dari investasi saham. Dari situ, ada hal yang bisa dipelajari bahwa dalam memahami esensi investasi saham menjadi sangat penting untuk pemula.

Hal ini mengingat semua strategi, bagaimana cara bermain dan aspek lain dalam investasi saham sangat dipengaruhi pemahaman dan perspektif kita soal apa itu investasi saham. Lalu, apa esensi investasi saham ? Esesnsi investasi saham merupakan bentuk investasi dalam suatu usaha atau bisnis. Ini jelas tidak berbeda ketika saya melakukan investasi di usaha warung kopi atau laundry kongsi dengan teman atau kerabat dekat.

Saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Dengan melakukan pembembelian saham, ini berarti menjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan tersebut dan menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada management professional yang mana nantinya bisa dipercaya dalam mengelola bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Pemahaman-pemahaman seperti di atas mempengaruhi cara saya melakukan investasi. Cara bersikap yang tenang-tenang saja ketika harga saham anjlok drastis karena kinerja perusahaan yang baik-baik saja. Selanjutnya pihak yang memborong saham saat market crash karena harga saham sudah terlihat murah, sementara kinerja perusahaan tidak memburuk sama sekali.

# Intip Reksa dana

Mulai belajar investasi saham untuk pemula, salah satu cara paling mudah memilih saham adalah mengintip saham yang dipegang oleh Manajer Investasi yang mengelola reksa dana. Berinvestasi reksa dana bisa menjadi alternatif menanamkan modal di bursa efek bagi investor pemula asalkan kamu memilih manajer investasi yang terpercaya.

Manajer investasi akan memiliki kewajiban menyampaikan portfolio Top 10 saham yang dipegang di reksa dana saham. Dari situ kamu bisa melihat daftar Top 10 saham tersebut di laporan bulanan reksa dana saham. Jika merasa tertarik dengan percaya dengan kinerjanya di masa depan, kamu bisa membeli produk reksa dana tersebut.

Dalam situs manajer investasi atau agen penjual reksa dana online maka kamu harus memilih dahulu reksa dana saham yang ingin kamu lihat koleksi sahamnya. Selanjutnya, pada bagian statistik atau kinerja bulanan, kamu bisa melihat Top 10 Holdings saham dari reksa dana tersebut. Dalam pilihan saham untuk pemula, kamu bisa menggunakan saham – saham yang diiinvestasikan oleh reksa dana saham.

Kamu juga bisa membeli reksa dana saham lewat Aplikasi Ajaib untuk emiten saham unggulan. Ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ajaib sendiri terus bekerja sama pihak terkait untuk menambah pilihan reksa dana saham yang bisa kamu miliki lewat aplikasi Ajaib. Namun saat ini sendiri sudah ada berbagai reksa dana saham dari banyak industri baik konvensional maupun syariah.

# Saham Blue-Chip

Ketika baru belajar saham, investor pemula pasti akan langsung berkenalan dengan istilah saham blue chip alias saham unggulan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham blue-chip merupakan bentuk saham dari perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di bursa. Jenis saham- saham ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan.

Agar lebih mudah dibayangkan, lihatlah contoh beberapa saham blue-chip di Bursa Efek Indonesia, yang bisa menjadi pilihan saham untuk pemula, yaitu:

  • Bank BCA (kode BBCA) adalah bank terbaik di Indonesia dengan jaringan ATM terbesar, jutaan jumlah nasabah dan paling penting menghasilkan profit besar buat pemegang saham.
  • Unilever Indonesia dengan (kode UNVR) merupakan bentuk perusahaan consumer goods terbaik di Indonesia dengan berbagai brand produk rumah tangga yang sudah tidak asing di masyarakat. Kinerja keuangan perusahaan dengan kode emiten UNVR merupakan salah satu yang terbaik di bursa dengan kemampuan saham ini mencetak laba secara konsisten.
  • Bank BRI (kode BBRI) adalah bank dengan laba terbesar di Indonesia. Dengan usia perusahaan lebih dari 100 tahun, Bank BRI punya kemampuan dan pengalaman di kredit mikro dan UMKM, yang boleh dikatakan tanpa pesaing saat ini karena semua pesaing yang dulu pernah masuk ke sektor mikro dan UMKM sekarang sudah banyak yang mundur mengakui kepiawaian dan dominasi BRI di sektor ini.

Tiga dalam bentuk saham blue-chip diatas adalah sebuah pilihan saham untuk pemula yang layak dipertimbangkan jika baru pertama belajar investasi saham. Tidak ada bentuk definisi yang pasti dan cocok soal saham blue-chip, tetapi biasanya kamu bisa melihat saham yang punya kapitalisasi pasar besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa. Maka dari itu pilihan saham untuk pemula bisa dimulai dengan saham–saham blue-chip tersebut.

Saham seperti ini memberikan keuntungan yang stabil dalam jangka panjang meskipun besarannya tidak terlalu fantastis. Sejumlah perusahaan di atas misalnya sudah terkenal rutin membagikan deviden bagi para pemegang sahamnya.

Ketiga acara di atas adalah tips belajar investasi saham yang bisa kamu aplikasikan untuk mulai berkecimpung di pasar modal. Tunda dulu memahami materi yang lebih sulit seperti membaca pergerakan pasar modal, laporan keuangan perusahaan dll sebelum mengusai tiga hal ini. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa mendapatkan masukan dari para ahli sebagaimana yang kamu dapatkan lewat penggunaan aplikasi Ajaib.

Artikel Terkait