Saham

Tips Trading Saham Agar Menjadi Trader Profesional Sukses

Tips Trading Saham

Ajaib.co.id – Jika kamu ingin mulai terjun di dunia saham, tentu kamu harus mengetahui tips trading saham yang benar agar tidak salah melangkah. Dengan belajar trading saham, kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari bermain saham.

Mengambil keuntungan dari pergerakan harga saham tentu sangatlah menguntungkan, jika dimainkan dengan benar. Namun, semua itu bisa berbahaya bagi pemula atau siapa pun yang tidak mengerti strategi yang dilakukan secara matang.

Untuk itulah, di bawah ini kita akan membahas beberapa prinsip dan tips trading saham agar para trader tidak melakukan kesalahan ketika trading.

1. Pengetahuan yang Utama

Selain pengetahuan tentang prosedur perdagangan, trader harus pandai membaca berita terbaru dan peristiwa terkini yang dapat mempengaruhi harga saham. Mulai dari berita tentang politik, perang dagang, dan lainnya yang akan berdampak langsung ke perusahaan-perusahaan dan perekonomian.

Jangan lupa untuk membuat daftar saham yang ingin diperdagangkan dan perhatikan perusahaan tersebut. Bacalah berita tentang bisnis dan kunjungi situs keuangan yang tepercaya.

2. Tetapkan Dana Cadangan

Tentukan berapa besar modal yang ingin kamu siapkan untuk risiko kekalahan pada setiap perdagangan. Banyak trader yang sukses memiliki rasio antara 1% hingga 2% dari akunnya per trade. Misalkan, jika kamu memiliki akun trading senilai Rp40.000.000 dan mau mengambil risiko sebesar 1% dari modal setiap trading, maka kerugian maksimum per trading adalah Rp400.000.

Sisihkan jumlah keuntungan dari dari dana yang bisa kamu perdagangkan, lalu kamu pasti akan siap jika kamu mengalami kerugian.

3. Gunakan Waktu Sebaiknya

Trading saham tentu akan menghabiskan waktumu. Kamu harus merelakan sebagian besar waktumu dalam sehari. Karena dalam trading saham, kamu perlu untuk melacak pasar dan melihat peluang yang dapat muncul kapan saja dalam waktu sejam. Bergerak secepat mungkin adalah kunci dari trading saham.

4. Mulai dari yang Kecil

Tentu sebagai seorang pemula, kamu harus memulai dari yang kecil terlebih dahulu. Fokuskan lah maksimal satu atau dua saham selama satu sesi. Jangan terlalu percaya diri walau kamu telah melakukan dengan baik.

Melacak dan menemukan peluang lebih mudah hanya dengan beberapa saham saja. Dengan begini, kamu bisa mempertajam intuisimu sehingga siap untuk melakukan hal yang lebih besar lagi.

5. Hindari Saham Gorengan

Tips trading saham selanjutnya adalah menghindari untuk membeli saham-saham gorengan. Memang trader berpengalaman bermain di saham gorengan, tapi jelas jenis saham ini bukan hal yang cocok dimainkan oleh para trader pemula.

Saham gorengan sangat sulit dibaca dari sisi analisis teknikal, apa lagi fundamental. Gerakannya begitu volatil yang membuatnya tidak mudah diprediksi dengan baik, karena sentimen dan poponers menjadi faktor paling dominan dalam menggerakkan harga saham gorengan.

Saham ini juga bergerak sangat acak yang membuatnya tidak pas sebagai sarana belajar trader pemula. Akan lebih mudah bagi para trader pemula untuk belajar dari saham-saham yang gerakannya cenderung normal, blue chip, atau second liner.

6. Atur Ritme

Banyak trader berpengalaman mulai mengeksekusi pasar di pagi hari setelah pasar dibuka. Tindakan trader ini sangatlah berpengaruh terhadap volatilitas harga. Namun, bagi trader pemula, mungkin harus menahan diri antara 15 hingga 20 menit setelah pasar dibuka.

Seorang pemain berpengalaman tentu dapat mengenali pola dan memilih saham dengan tepat untuk menghasilkan keuntungan. Mereka memiliki intuisi yang telah diasah selama beberapa tahun, tentu ini tidak dimiliki oleh trader baru.

7. Perhatikan Ketimpangan Order Jual dan Beli

Perhatikan saham-saham yang memiliki ketimpangan sangat tinggi antara order beli jauh lebih banyak daripada jual. Lalu, mulai belajar di titik kritis, yaitu saat awal dan akhir perdagangan, serta menjelang istirahat.

Ketimpangan ini adalah indikasi kenaikan kuat saham yang berarti ada sesuatu yang menjadikan saham ini menarik dan banyak dibeli oleh trader.

Jika kamu kurang yakin, segera cari berita yang menjelaskan kenapa saham tersebut diburu oleh trader. Jika alasannya masuk akal, segera beli.

8. Bersikap Realistis Terhadap Keuntungan

Kamu tidak perlu menang setiap waktu kok untuk memiliki keuntungan. Banyak trader yang hanya memenangkan 50% sampai 60% dari perdagangan saham mereka. Namun perlu diingat, jumlah keuntungan dari kemenangan harus lebih besar dari kerugian akibat kekalahan, ya.

Kembali ke poin nomor 2, pastikan risiko pada setiap perdagangan tidak melebihi persentase kekalahan.

9. Tetap Pada Rencana

Trader yang sukses harus bergerak cepat, tapi mereka tidak harus berpikir cepat. Kenapa? Karena mereka telah mengembangkan dan memiliki strategi trading yang siap mereka gunakan seiring dengan pengalaman mereka selama menjadi trader, dan tentunya mereka sangat mematuhi trading plan yang mereka buat.

Sangat penting untuk mengikuti formula yang telah dibuat oleh trader daripada mencoba mengejar keuntungan yang lebih besar lagi, tapi harus keluar dari strategi yang mereka buat. Jangan biarkan emosi menguasai diri dan meninggalkan strategi tersebut.

Menjadi seorang trader saham tentu tidaklah mudah. Perlu banyak melakukan latihan dan mencatat segala kegagalan yang dilalui. Membaca tips trading saham yang ditulis oleh trader berpengalaman juga sangat diperlukan, karena pasti mereka membuat tips tersebut dari pengalaman yang pernah mereka lalui.

Jika kamu ingin mulai masuk ke dunia investasi saham, mungkin kamu bisa mulai dengan berinvestasi terlebih dahulu. Kamu bisa bergabung bersama Ajaib yang memiliki banyak produk reksa dana yang siap kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

Kamu juga tidak perlu khawatir, karena Ajaib diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, tentu uangmu akan aman. Yuk, mulai berinvestasi.

Artikel Terkait