Saham

Perbedaan Antara Analisis Teknikal dan Fundamental Saham

analisis teknikal dan fundamental saham

Ajaib.co.id – Kamu yang ingin terjun ke dunia saham, akan sering mendengar tentang analisis teknikal dan fundamental saham. Kedua analisis ini digunakan oleh para investor dalam menyusun strategi agar mereka sukses berinvestasi di dunia pasar modal.

Untuk terjun menjadi investor di pasar modal, tidak cukup hanya sekadar modal uang dan modal nekat saja. Kamu juga harus tahu bagaimana cara mainnya dan memikirkan strategi untuk memuluskan pilihanmu selanjutnya.

Berinvestasi di dunia saham memang mempunyai resiko tinggi dibanding instrumen investasi lainnya. Saham merupakan salah satu instrumen yang volatilitasnya cukup tinggi artinya harga saham bisa mengalami kenaikan dan penurunan yang tiba-tiba. Meskipun demikian, kondisi seperti ini dapat diprediksi asalkan kamu paham tentang analisis teknikal dan fundamental saham.

Analisis teknikal dan analisis fundamental saham adalah dua analisis yang paling umum digunakan oleh seorang investor dan trader dalam menjalankan investasi sahamnya. Kedua analisis ini memiliki keunikannya masing-masing. Mari kita membahas analisis teknikal dan fundamental saham satu per satu.

Analisis Fundamental

Ketika kamu ingin berinvestasi saham, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengenali saham tersebut. Ketika kamu akan membeli sesuatu, apakah kamu pernah melakukannya secara spontan? Pastinya kamu akan mencari informasi tentang produk yang akan kamu beli itu, bukan? Inilah prinsip yang diterapkan dalam analisis fundamental dalam memilih saham yang tepat.

Untuk mengenali apakah saham emiten tersebut bagus atau tidak maka pelajarilah rasio keuangan perusahaan yang mengeluarkan saham yang ingin kamu beli.

Selain itu ada hal-hal lain yang harus kamu perhatikan, seperti kinerja keuangan perusahaan, persaingan usahanya apakah banyak pesaingnya atau tidak, lalu kamu juga harus memahami potensi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Potensi ini akan menentukan apakah perusahaan bisa bertahan sampai waktu yang lama atau tidak. Tentunya akan sangat bagus apabila emiten yang kamu pilih adalah perusahaan yang stabil dan menjanjikan. Selain itu, analisis fundamental juga mengharuskanmu untuk melakukan analisis pasar.

Mungkin awalnya kamu tidak paham apa yang kamu lakukan dianalisis ini, karena itu mari kita membahasnya secara sederhana satu per satu. Misalnya, kamu belum mengetahui saham mana yang menjadi saham incaranmu, kamu pun bisa melakukan dua pendekatan untuk mengetahui saham yang layak dipilih.

Pendekatan itu ada dua macam, yaitu Top-Down Approach (Pendekatan dari Atas ke Bawah) dan Bottom-Up Approach (Pendekatan dari Bawah ke Atas).

Mengenal Analisis Fundamental yang Menggunakan Pendekatan dari Atas ke Bawah (Top-Down Approach)

Pendekatan ini memiliki prinsip ketika semua berjalan dengan baik, maka hasilnya pun akan ikut baik atau naik. Menurut Fundsupermart, hal-hal yang perlu diperhatikan di pendekatan atas ke bawah ini adalah kondisi makro dunia, kondisi makro di dalam negeri, persentase pertumbuhan sektor, dan yang terakhir adalah nilai fundamental perusahaan emiten.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa langsung mengetahui sektor mana yang prospeknya lebih bagus. Setelah tahu prospek sektor apa yang paling bagus, kamu akan lebih mudah memilih perusahaan emiten yang ada di prospek tersebut. Namun, kamu harus tetap melakukan analisis yang kuat juga terhadap beberapa perusahaan yang sudah masuk daftar pilihan.

Mengenal Analisis Fundamental yang Menggunakan Pendekatan dari Bawah Ke Atas (Bottom-Up Approach)

Pendekatan ini lebih difokuskan pada sahamnya langsung. Mungkin terlihat lebih sederhana karena kamu tidak perlu harus menganalisis pasar secara menyeluruh, tapi tetap saja analisis ini harus dilakukan secara teliti. Patokannya adalah kamu memilih emiten yang memiliki performa bagus, walaupun emiten lain di sektor yang sama mengalami penurunan performa. Di sini kamu harus sangat mengenali emiten yang kamu pilih.

Mengenal Analisis Teknikal Saham

Analisis teknikal lebih mengedepankan pada melihat data historis saham pada pasar, lalu memberikan penilaian dengan teori dasar saham. Data historis ini biasanya berupa grafik pergerakan harga saham yang kini bisa kamu lihat di website-website saham yang ada di internet.

Grafik-grafik tersebut waktunya bermacam-macam. Ada yang bisa kamu lihat pergerakannya dalam 24 jam terakhir, ada yang pergerakannya dalam waktu seminggu, ada juga yang pergerakannya dalam waktu sebulan.

Analisis teknikal dikatakan cukup efektif untuk menilai sebuah saham dan digunakan untuk periode waktu tertentu. Analisis ini memang terlihat lebih sederhana dibandingkan analisis fundamental karena yang kamu lakukan adalah melihat data grafik.

Analisis teknikal bukanlah analisis yang bisa membuatmu memprediksi harga saham di masa yang akan datang, tapi dengan analisis ini kamu bisa mengambil keputusan yang cepat ketika melihat tren harga saham ini sedang ada dalam posisi yang mana.

Ada tiga grafik yang bisa kamu gunakan, yaitu grafik garis, grafik batang, dan juga grafik lilin. Kamu bisa memilih grafik mana yang lebih nyaman untuk digunakan, tentu hal ini melihat dari fungsi masing-masing grafik.

Lalu, yang kamu lakukan selanjutnya adalah melihat tren harga saham dari ketiga grafik tersebut. Apakah tren harga sahamnya terus bergerak naik bergerak turun, atau trennya bergerak ke samping. Dari sanalah kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa harga sebuah saham akan terus ada pada titik ini.

Seperti itulah penjelasan singkat analisis teknikal dan fundamental saham. Umumnya mereka yang ingin berinvestasi jangka panjang akan lebih banyak menggunakan analisa fundamental. Sedangkan analisa teknikal lebih banyak digunakan oleh trader. Kamu bisa memulainya dengan analisis yang lebih kamu pahami. Selamat mencoba.

Tapi jika kamu adalah pemula di dunia investasi, sambil belajar apa itu analisis funda mental dan teknikal pada saham ada baiknya kamu mencoba investasi reksa dana di Ajaib. Kami menyediakan produk-produk reksa dana menarik yang bisa kamu pilih. Jangan ragu untuk menghubungi kami.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait