Saham

Strategi Scalping Saham Agar Cuan Maksimal

scalping saham

Ajaib.co.id – Pada aktivitas trading saham dikenal banyak sekali istilah, salah satunya ialah Scalping saham. Scalping saham inilah yang membantu trader mendapat keuntungan dengan cepat.

Nah, apa sih sebenarnya arti dari scalping saham itu? Dan bagaimana juru jitu seorang trader menggunakan scalping saham ini agar menuai cuan?

Apa Itu Scalping Saham?

Secara pengertian, scalping dalam trading saham yakni merupakan suatu strategi untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang cepat, baik berupa harian ataupun dalam hitungan detik. Seorang trader yang menerapkan strategi scalping saham ini biasa disebut juga dengan istilah scalper.

Scalper melakukan transaksi pembelian saham kemudian menjual saham Kembali dengan memasang target kenaikan yang tidak terlalu tinggi dalam pergerakan harga harian sahamnya. Oleh karena itu, seorang scalper memiliki frekuensi trading yang tinggi karena dapat membeli kemudian akan menjual sahamnya dalam periode hari atau dalam suatu sesi perdagangan.

Para scalper hendaknya memonitor pergerakan pasar sepanjang sesi perdagangan, biasanya scalper memiliki waktu yang cukup untuk trading saham dan dilakukan oleh seseorang yang memang sudah mahir atau cukup berpengalaman dalam trading saham.

Yang mana para scalper biasanya mampu membaca pergerakan berdasarkan Analisa teknikal dengan memanfaatkan posisi di level terendah untuk membeli saham dan melihat ada potensi ataupun sinyal untuk bisa naik ke level tertinggi saham yang diincarnya.

Tips-tips Melakukan Scalping Saham

Jika Anda memiliki waktu untuk dapat memonitor pergerakan pasar saham, dan memang merupakan individu yang memiliki profile risk yang agresif sehingga berminat untuk menerapkan strategi scalping saham ini, maka berikut tips nya:

1. Memiliki kemampuan Analisa teknikal

Sebelum memulai untuk menerapkan strategi scalping saham, sebaiknya Anda memastikan bahwa kemampuan Analisa teknikal yang Anda miliki sudah mumpuni. Anda juga harus paham mengenai strategi entry yang baik maupun strategi keluar suatu saham yang baik.

2. Mencoba dengan swing trading

Scalping saham merupakan strategi yang lebih cepat dibanding melakukan swing trading, sehingga ada baiknya Anda menerapkan strategi swing trading terlebih dahulu dengan ritme yang sedikit lebih lamban, bisa dalam periode mingguan atau bulanan dibandingkan dengan scalping saham yang memiliki ritme trading cukup pendek.

Strategi swing trading tersebut biasanya dilakukan dalam periode mingguan atau secara bulanan, sehingga Anda dapat membiasakan diri terlebih dahulu untuk memahami karakter atau pola suatu saham yang terbentuk.

3. Perhatikan frekuensi trading dan modal trading

Scalper biasanya memiliki frekuensi trading yang sangat cepat sehingga harus memperhatikan modal yang dimilikinya sebelum melakukan scalping saham.

4. Fokus dan disiplin dengan trading plan

Tips terakhir cobalah untuk fokus dan disiplin dengan trading plan yang dimiliki, para scalper biasanya memiliki waktu trading yang cepat sehingga harus fokus terhadap potensi pergerakan suatu saham nya untuk mengejar keuntungan tersebut. Disiplin terhadap trading plan yang dimiliki agar dapat meminimalisir kemungkinan risiko loss terburuk untuk terjadi.

Indikator Teknikal Saham untuk Scalping

Scalper biasanya menggunakan beberapa indikator teknikal seperti berikut, diantaranya :

1. Moving Average (MA)

Scalper menggunakan indikator teknikal moving average ini karena cukup sederhana cara kerjanya. Cara kerja indikator ini juga dapat menentukan suatu time frame dan Batasan support ataupun resistance dalam trading saham.

2. Stochastic

Biasanya scalper juga melihat momentum saham tersebut bullish atau bearish dengan memanfaatkan indikator stochastic.

3. Bollinger bands

Indikator terakhir yang biasanya digunakan scalper adalah Bollinger bands. Ketika harga suatu saham terpantau menyentuh lower band, maka bisa dimanfaatkan untuk mengambil posisi buy. Jika sebaliknya, dimana harga suatu saham sudah menyentuh garis atas atau upper band nya, maka scalper biasanya akan bersiap untuk sell.

Itulah tadi penjelasan mengenai strategi scalping saham yang perlu diketahui.

Artikel Terkait