Tips Menjual Emas, Salah Satunya Cek Harga Emas Terkini

Tips Menjual Emas, Salah Satunya Cek Harga Emas Terkini
Tips Menjual Emas, Salah Satunya Cek Harga Emas Terkini

Emas merupakan logam mulia berwarna kuning dan tidak pernah berkarat sepanjang masa. Pada zama dahulu, sebelum adanya uang, emas digunakan sebagai alat tukar global. Namun, seiring berjalannya waktu, emas dianggap sulit dan fungsi tersebut digantikan oleh uang. Meski tergantikan dalam hal alat tukar, kini emas menjadi salah satu barang investasi yang bisa diperdagangkan. Semua orang boleh membeli emas, lalu menjualnya lagi. Namun, kamu perlu mengetahui cara jual emas agar tidak rugi. Berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan sebelum menjual emas.

Surat Pembelian Emas

Surat pembelian emas  ini biasanya itu berbentuk nota resmi dari toko emas di mana kamu membeli emas tersebut. Perlu diperhatikan juga, jangan sampai surat pembelian emas kamu hilang, karena ini salah satu bukti keaslian emas sehingga bisa menaikkan harga jualnya. Dengan adanya surat pembelian emas inilah kamu bisa menjual emas lebih mudah, di toko emas tempat kamu membelinya, maupun toko emas lainnya.

Kenali Kadar dan Harga Jual

Kadar emas yang dimaksud di sini adalah karat. Nilai jual emas biasanya tergantung besar karat dan beratnya. Misalnya, harga jual emas 24 karat akan berbeda dengan emas 18 karat, biasanya nilai jual emas 24 karat lebih mahal dibanding emas 18 karat. Pastikan nominal uang yang kamu terima sesuai dengan takaran emas. Selain itu, berat emas ikut menentukan harganya. Jadi, untuk mendapatkan keuntungan, pilih emas yang lebih dari 18 karat dan berkualitas.

Cek Harga Emas Terkini

Ini menjadi hal penting ketika kamu ingin menjual emas yang kamu miliki. Cek dengan teliti harga emas terkini dan pastikan kamu mendapat harga yang sesuai dengan harga pasaran saat ini. Dengan mengetahui harga emas inilah kamu bisa memiliki bahan pertimbangan sebelum kamu jual.

Jual di Tempat yang Tepat

Emas jangan dijual di sembarang tempat. Pasalnya, Jika ingin menjual emas jual-lah di tempat yang semestinya dan benar. Pegadaian merupakan salah satu lokasi yang tepat untuk menjual emas., khususnya emas batangan. Di mana, Pegadaian membeli emas dengan harga relatif mahal, sekitar 97% dari nilai jual di pasaran. Selain Pegadaian, kamu juga bisa menjual kembali emas antam yang kamu miliki di toko ANTAM

Jual di Tempat Beli Emas

Toko atau gerai tempat membeli emas, umumnya bersedia menerimanya emas yang kita beli. Namun, harganya lebih rendah dibandingkan saat melakukan pembelian. Hal ini untuk mensiasati di saat kamu belum menemukan tempat yang cocok menjual emas tersebut. Biasanya ini adalah salah satu alternatif tempat menjual emas perhiasan dan bisa memberikan harga terbaik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait