Cincin Emas Wanita Jadi Perhiasan Tertepat untuk Investasi

cincin emas wanita
cincin emas wanita

Perhiasan emas tidak saja berfungsi memperindah bagian tubuh. Perhiasan juga acapkali diidentikkan dengan kekayaan atau kemakmuran finansial seseorang. Lihat saja bagaimana gambaran seseorang yang kaya senantiasa direpresentasikan secara visual dengan banyaknya koleksi emas yang dimilikinya. Mulai dari yang berbentuk koin, hingga perhiasan cincin emas wanita.

Bisa jadi hal tersebut benar adanya. Karena perhiasan emas asli setidaknya berharga ratusan ribu bahkan bisa mencapai hingga miliaran rupiah jika dipadukan dengan permata berharga.

Apalagi, harga perhiasan emas kerap menanjak setiap tahun. Maka dari itu, perhiasan emas juga menjadi salah satu bentuk investasi yang sudah dikenal sejak lama. 

Khususnya bagi kaum hawa, ada banyak sekali variasi perhiasan emas. Jika kamu bingung perhiasan apa yang sebaiknya kamu pilih sebagai investasi, maka cincin adalah jawabannya.

Berikut ini adalah berbagai kelebihan yang dimiliki perhiasan cincin emas wanita sehingga cocok untuk dijadikan investasi.

Daya Tahan Lebih Lama

Jika dibandingkan jenis perhiasan emas lainnya seperti gelang, kalung dan anting, cincin bisa dikatakan lebih awet dan tahan lama. Hal tersebut berkaitan dengan model cincin yang lebih kokoh. Bandingkan dengan kalung atau gelang yang rawan putus, khususnya jika berbentuk tipis. Demikian juga dengan cincin yang sering patah atau jatuh saat sedang dikenakan.

Cincin yang melingkar di jari cenderung lebih tahan lama dalam pemakaian karena tidak ada resiko tertarik atau tersangkut pada benda lain. Maka tidaklah mengherankan jika seseorang bisa mengenakan sebuah cincin bahkan hingga puluhan tahun, seperti halnya cincin perkawinan.

Tren Model Lebih Awet

Masih banyak milenial yang lebih memilih koleksi emas koin atau batangan untuk berinvestasi. Tentu saja itu hal yang tepat. Tapi kelebihan dari perhiasan emas, adalah kemampuannya mempercantik penampilan dan juga sifat sentimentil yang melekat pada beberapa jenis hiasan emas. Misalnya, cincin kawin dari pasangan, atau kalung yang diwariskan turun temurun dari nenek ke cucunya.

Salah satu kelebihan dari perhiasan cincin emas wanita adalah modelnya yang cenderung lebih awet. Patut diakui bahwa tren model cincin klasik tidak pernah kalah atau tergeser meskipun ada model baru yang datang. Lain halnya dengan model kalung atau anting yang kerap terkesan ‘ketinggalan jaman’ saat ada model baru yang muncul.

Misalnya saja, salah satu cincin legendraris milik mendiang Lady Diana, yang sekarang dikenakan Kate Middleton, isteri dari Pangeran William. Cincin bertahtakan safir biru tersebut tetap bertahan keindahannya, bahkan bisa dianggap sangat bernilai karena nilai historis yang dimilikinya.

Tentunya model cincin yang lebih awet dan tahan lama, juga menjadi kelebihan dalam investasi. Pasalnya, model yang kelewat jadul dan tidak diminati, kerap menjadi penyebab harga perhiasan emas yang dikoleksi menjadi turun semakin rendah.

Lebih Mudah Dibersihkan

Ada kalanya, perhiasan emas yang berusia lama sinarnya mulai redup. Demikian juga jika sering dipakai, perhiasan emas menjadi kusam karena tertutupi debu dan kotoran. Perhiasan cincin emas wanita, termasuk jenis perhiasan yang cenderung lebih mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan model cincin yang cenderung tidak rumit dan bentuknya yang kokoh.

Lain halnya jika membersihkan beberapa model gelang, anting atau kalung. Selain sering banyak celah kecil yang sulit dibersihkan, resiko putus atau rusak juga bisa terjadi pada saat perhiasan sedang dibersihkan.

Agar perhiasan yang sudah kusam bisa bersinar lagi, berikut ini adalah cara membersihkan perhiasan emas dengan tepat dan aman:

  • Siapkan larutan cairan pencuci piring dan air hangat.
  • Rendam perhiasan selama lima menit di dalam larutan, agar kotoran yang menempel di bagian-bagian yang sulit akan lebih mudah terlepas.
  • Gunakan sikat gigi yang sangat halus untuk menggosok perhiasan secara perlahan.
  • Bilas perhiasan dengan air hangat bersih.
  • Setelah selesai dibilas, segera keringkan dengan cara ditiriskan menggunakan kain lembut.

Itulah cara membersihkan perhiasan emas agar bisa kembali berkilau seperti semula. Sebaiknya, perhiasan dibersihkan secara rutin setelah selesai beraktivitas seharian.

Selain dengan air sabun hangat, bisa juga dibersihkan dengan alkohol, amonia dan cuka. Hanya saja, pada saat perendaman jangan terlalu lama. Amonia dan alkohol juga bisa jadi mempengaruhi bagian lain pada perhiasan yang bukan terbuat dari emas. Oleh karena itu, bisa dibilang dengan air sabun hangat lebih direkomendasikan.

Kalau kamu ingin hasil yang maksimal, kamu bisa membawanya ke toko emas untuk dilakukan cuci ulang perhiasan. Jangan khawatir nilai investasi emas akan menurun karena tampilannya yang kusam, karena kadar emas tidak akan menurun karena hal tersebut. Namun demikian, agar tetap terlihat indah dan menarik, tentu sebaiknya perhiasan emas senantiasa dirawat dan dibersihkan secara rutin.

Lebih Aman

Salah satu kekhawatiran pengguna perhiasan emas adalah rawan menjadi korban jambret. Kelebihan lain dari perhiasan cincin emas adalah keamanannya lebih terjaga. Bukan rahasia lagi bahwa jambret kerap menyasar perhiasan kalung atau gelang yang sedang dipakai. Bahkan tidak jarang anting juga menjadi sasaran jambret, khususnya pada anak-anak.

Beda dengan jenis perhiasan lain, cincin emas wanita yang kerap melekat kuat pada jari tangan saat dikenakan, cenderung lebih aman dari sasaran jambret. Kelebihan ini juga jadi alasan kenapa cincin emas lebih baik menjadi investasi dibandingkan jenis perhiasan lain.

Tentunya pemakaian perhiasan emas memang sebaiknya tidak berlebihan. Apalagi kalau kamu sering menggunakan transportasi umum atau berada di luar ruangan. Karena perhiasan emas rawan mengundang kejahatan. Jika kamu hendak menggunakannya, sesuaikan dengan kondisi dan suasana sekitar, sehingga perhiasan emas kamu bisa lebih aman, dan keinginan kamu berinvestasi emas pun tidak berakhir dengan menjadi korban kejahatan.

Bacaan menarik lainnya:

Gerbino, K. (2012). Investing in Gold Producers as a Safeguard of Value. The Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait