Emas, Investasi, Investor Pemula

Investasi Emas: Lebih Baik Emas Putih Atau Jenis Lainnya?

investasi emas

Emas putih merupakan salah satu bentuk emas yang tersebar di pasaran. Tren emas putih bisa menyaingi emas berwarna kuning dalam investasi emas. Tidak jarang emas putih dijadikan perhiasan yang terlihat mewah dan menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan emas berwarna kuning. Banyak yang mengincar emas putih karena keindahan warnanya.

Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning

Lalu, apa perbedaan emas putih dengan emas berwarna kuning selain dilihat dari warnanya? Dari komponen pembentuknya saja, emas putih dan emas kuning sudah berbeda. Kalau emas kuning, memang seluruh tubuhnya dibentuk dari emas berwarna kuning, emas putih merupakan campuran dari berbagai macam zat.

Emas putih tampilannya memang berbeda dengan emas berwarna kuning yang sering kita lihat, tapi sebenarnya emas putih yang sering kamu lihat di sekitarmu itu adalah emas berwarna kuning yang dicampur dengan emas putih atau palladium. Palladium yang membuat warna emas kuning bisa menjadi warna perak.

Namun, tidak berhenti  sampai di situ, emas perak tersebut lalu dilapisi lagu dengan zat bernama rhodium. Zat tersebut yang membuat emas putih terlihat terang sekali dan berkilau dengan indah. Kenapa dilapisi lagi dengan zat rhodium?

Ini bukan semata-mata agar harga emas perak itu jadi mahal, tapi ketika emas kuning dicampur dengan dengan palladium hasilnya malah terlihat biasa saja, dan cenderung kusam. Karena itu dengan bantuan rhodium emas kuning yang sudah ditempa menjadi emas putih pun akan terlihat berkilau.

 Harga zat rhodium ini sangat mahal, hal itulah yang membuat emas putih harganya lebih mahal dibandingkan emas berwarna kuning. Namun, zat ini lama-kelamaan ternyata bisa memudar dan membuat emas kembali berwarna kekuningan.

Apabila jika emas putih tersebut sering bergesekan dengan benda-benda lain juga akan menghilangkan warna peraknya, dan membuatnya kembali menjadi berwarna kuning. Karena itu untuk menjaga warnanya agar tetap berwarna perak dalam kurun waktu dua tahun kemudian, sebaiknya kamu memoles emas putih kamu itu dengan rhodium. Dan tentu saja ada biaya tambahan yang perlu kamu keluarkan.

Emas putih ini seringkali disalaartikan sebagai platinum karena warnanya yang nyaris mirip, tapi sebenarnya emas putih dan platinum itu berbeda. Platinum atau disebut juga dengan platina sendiri dibuat dari platina yang tidak memerlukan dicampur dengan zat apapun untuk membuatnya menjadi berkilau karena warna aslinya memang sudah berkilau. Jadi, wajar saja jika platina ini jauh lebih mahal ketimbang emas putih dan emas berwarna kuning.

Dan juga platina ini lebih berat dibandingkan emas putih dan emas kuning. Kamu yang menggunakannya sebagai anting atau kalung biasanya akan merasa perhiasan platina itu agak berat. Namun, platina juga banyak disukai orang sebagai perhiasan dan banyak juga dikoleksi untuk mempercantik penampilan karena memang warnanya yang bagus.

Investasi Emas Kuning, Emas Putih, dan Platina

Lalu, apakah emas putih, emas kuning, dan platina bisa dijadikan sebagai instrumen investasi? Memang pada dasarnya emas kuning saat ini menjadi investasi yang cukup menggiurkan dan bisa dijadikan sebagai asset. Namun, yang perlu diketahui adalah emas kuning yang dijadikan sebagai investasi adalah emas batangan.

Emas yang bentuknya berupa perhiasan bisa kamu jadikan sebagai harta yang tidak bergerak juga, tapi hal tersebut hanya bisa digunakan sebagai investasi jangka pendek. Perhiasan itu mungkin akan naik harganya dalam beberapa tahun, tapi karena terpengaruh inflasi, pastinya akan sesuai juga dengan keadaan ekonomi di tahun tersebut.

Dan biasanya harga emas perhiasan yang dijual kembali itu tidak pernah lebih tinggi dibandingkan harga awalnya. Biasanya mengalami penurunan walaupun tidak terlalu signifikan, tapi sama saja kamu mengalami kerugian. Dan di sini kamu pastinya ingin mengambil keuntungan.

Dan emas putih juga jika kamu jadikan investasi sebenarnya bukan pilihan yang tepat karena harga emas putih akan jatuh beberapa tahun kemudian karena kualitas rhodiumnya yang menurun. Malah, untuk menjaga kualitasnya agar tetap berkilau, kamu disarankan untuk memolesnya dengan rhoium kembali, dan hal itu menghabiskan uang kembali.

Jadi, bukannya untung, kamu malah mengalami kerugian jika menjualnya kembali. Emas putih juga bisa saja dijadikan investasi, tapi investasi jangka pendek 1-2 tahun. Kecuali kamu menjadikan emas putih tersebut sebagai koleksi, hal itu tidak masalah jika kamu ingin memolesnya kembali.

Sampai sekarang emas yang dijadikan sebagai investasi dan menghasil return yang setimpal adalah emas batangan. Saat ini sudah banyak lembaga pengelola investasi yang menyediakan investasi emas batangan karena menghasilkan return yang cukup besar.

Emas kuning batangan yang saat ini cukup banyak diminati orang sebagai instrument investasi. Emas batangan bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan beberapa bank juga menyediakan investasi dan tempat untuk menyimpan emas batangan ini karena tentu akan lebih aman jika kamu menyimpannya di tempat yang tidak akan mudah dijamah oleh seseorang. Memiliki emas batangan itu rawan mengalami pencurian, jadi sebaiknya tidak disimpan di rumah.

Jika kamu ingin investasi emas yang cukup besar dan yang paling aman adalah kamu sebaiknya memiliki platinum batangan. Harga platinum dikatakan setiap tahunnya mengalami peningkatan, karena itu platinum batangan yang paling bagus dijadikan sebagai investasi.

Pilihannya tetap ada di kamu, apakah ingin investasi dengan emas kuning, emas putih, atau platina. Sudah disebutkan di atas yang mana yang bisa dijadikan investasi dan bagus untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Untuk memperlancar kegiatan investasi emas milikmu, kamu bisa berkonsultasi dengan Ajaib untuk memilih investasi yang tepat.

Bacaan menarik lainnya:

Benepe, R. And Deshpande, A. (2010). Investing In Gold. Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait