Saham

Tertarik Saham Blue Chip? Yuk, Cek Harga 1 Lot Sahamnya!

Ajaib.co.id – Di dalam dunia investasi saham, seorang yang ingin berinvestasi saham harus memahami beberapa istilah pada instrumen investasi ini, salah satunya adalah lot saham.

Istilah lot saham merupakan satuan yang dipakai untuk menunjukan jumlah saham yang akan dibeli. 1 lot saham ini sama dengan 100 lembar saham.

Misalkan saja, jika kamu ingin membeli saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP) yang harga per lembarnya sebesar Rp6.250, maka harga 1 lot sahamnya ICBP adalah Rp6.250 dikali 100 lembar saham. Hal ini berarti harga 1 lot-nya saham Indofood sebesar Rp625.000.

Istilah lot saham ini sudah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia, selaku badan yang mengawasi dan mengelola perdagangan pasar modal. Peraturan sebelumnya, 1 lot saham ini setara dengan 500 lembar saham.

Lalu, peraturan yang diubah dan diresmikan pada 6 Januari 2014, membuat nilai 1 lot saham menjadi 100 lembar saham. Hal ini dilakukan agar investasi saham dapat dijangkau oleh berbagai kalangan yang ingin mencoba berinvestasi saham.

Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan swasta, wiraswasta, hingga mahasiswa, dapat berinvestasi saham secara mudah. Akan tetapi, walaupun nilai 1 lot saham ini sudah menjadi 100 lembar saham yang biasanya saham suatu perusahaan bisa dibeli dengan minimal pembelian 1 lot saham, hal ini tetap saja dirasa cukup berat.

Apalagi jika per lembar saham nilainya di atas Rp10.000, maka minimal dana yang harus kamu investasikan sebesar Rp1.000.000. Lalu, apakah ada jenis saham dengan nilai 1 lot saham di bawah Rp1.000.000?

Jenis saham seperti apa yang dapat dibeli dengan harga murah, namun memiliki prospek baik di masa mendatang? Nah, berikut ini penjelasan mengenai saham apa yang bisa dibeli dengan harga murah.

Saham Consumer Goods dengan Harga 1 Lot Saham di Bawah Rp1 Juta

Dalam memilih jenis saham untuk investasi, tidak hanya yang dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu tertentu saja. Perhatikan ketahanan suatu jenis saham dalam menghadapi berbagai kondisi keuangan suatu negara. Salah satu jenis saham yang dapat menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi adalah saham consumer goods.

Di Indonesia, jenis saham consumer goods ini banyak pilihannya. Bahkan beberapa saham perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods ini masuk ke dalam kategori saham blue chip.

Lalu, apakah jenis saham consumer goods tersebut bisa dibeli 1 lot sahamnya dengan harga di bawah Rp1.000.000? Jawabannya jelas ya.

Berikut ini beberapa perusahaan yang bergerak di sektor consumer goods dengan harga saham di bawah atau sebesar Rp1 juta:

Saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

PT Indofood merupakan salah satu perusahaan dengan saham consumer goods yang bisa menjadi rekomendasi. Produsen penghasil barang-barang kebutuhan seperti mie instan, minyak goreng, sabun cair, shampo, dan masih banyak lainnya ini memiliki harga saham per lembarnya sebesar Rp6.250.

Hal ini berarti harga 1 lot saham Indofood dapat dibeli sebesar Rp625.000. Dengan 1 lot saham Indofood ini kamu bisa menghasilkan keuntungan dari berinvestasi saham di PT Indofood sebagai salah satu saham consumer goods.

Saham PT Unilever Indonesia Tbk

Selain harga 1 lot saham Indofood yang bisa dibeli dengan harga di bawah Rp1 juta, PT Unilever Indonesia dengan kode saham UNVR dapat dibeli dengan harga Rp6.875 per lembar sahamnya. Hal ini berarti 1 lot saham UNVR senilai Rp687.500.

Unilever merupakan perusahaan besar yang sudah berekspansi ke beberapa negara di Asia, salah satunya Indonesia. Dengan sektor consumer goods yang memproduksi berbagai barang kebutuhan sehari-hari seperti shampo, sabun mandi, deterjen, pasta gigi, dan masih banyak lainnya.

Saham PT Mayora Indah Tbk

Perusahaan dengan saham consumer goods selanjutnya yang bisa kamu beli 1 lot sahamnya adalah PT Mayora. Saham Mayora ini per lembarnya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp2.040. Dengan harga ini kamu bisa mendapatkan 1 lot saham Mayora dengan angka Rp204.000.

Harga ini jelas jauh di bawah angka Rp1.000.000. Bahkan dengan dana sebesar satu juta rupiah, jumlah lot saham Mayora yang bisa kamu beli sebanyak lima lot.

PT Mayora Indah Tbk merupakan perusahaan yang berada di sektor consumer goods dengan produksi seperti makanan ringan atau camilan, kopi instan, mie instan, sereal, minuman, dan masih banyak lainnya.

Cara Membeli Saham Consumer Goods

Setelah mengetahui jenis saham consumer goods yang dapat dibeli 1 lot sahamnya dengan harga di bawah satu juta rupiah, kamu bisa mulai untuk berinvestasi saham. Pastinya dengan harga 1 lot saham Indofood, Mayora, atau Unilever yang paling murah atau sesuai dana investasi kamu.

Lalu, bagaimana cara untuk memulai investasi saham? Nah, berikut penjelasan yang bisa kamu pahami:

Membuat Akun Saham secara Online

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi perusahaan sekuritas secara online atau mengunjungi kantor resminya. Lalu, kamu membuat akun saham yang biasanya berupa pembuatan rekening saham, identitas akun, dan lain sebagainya.

Kamu bisa melakukan proses pendaftaran dengan mengunjungi aplikasi atau website resmi perusahaan sekuritas.

Membeli Saham dengan Menggunakan Kode Saham

Setelah kamu mendapatkan akses akun dan rekening saham yang sudah diisi dana untuk transaksi saham, kamu bisa langsung memilih saham suatu perusahaan dengan memasukkan kode sahamnya.

Di sana akan tertera harga per lembar saham dan harga per lot saham, kamu bisa memilih sesuai dengan dana yang ingin diinvestasikan.

Menganalisa Pergerakan Saham Berdasarkan Grafik

Hal terpenting sebelum membeli atau menjual saham adalah memperhatikan pergerakan saham di bursa saham. Di mana, hal ini yang mempengaruhi keuntungan atau risiko rugi yang dapat terjadi di masa mendatang.

Setelah dirasa saham yang ingin kamu beli akan mengalami pergerakan baik berdasarkan analisa teknikal dan fundamental, kamu bisa untuk membeli atau menjual saham demi mendapatkan keuntungan.

Harga 1 lot saham Indofood, Mayora, atau Unilever di bawah Rp1 juta ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk berinvestasi saham. Apalagi anggapan kebanyakan orang bahwa berinvestasi saham itu hanya untuk yang memiliki banyak uang.

Hal ini jelas salah karena kamu bisa berinvestasi saham dengan modal awal di bawah satu juta rupiah.

Selain investasi saham, kamu juga bisa berinvestasi di instrumen lain dengan modal yang sedikit. Salah satunya adalah investasi reksa dana.

Ditambah kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone yang dimiliki yaitu dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi khususnya reksa dana.

Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa mulai berinvestasi dengan keuntungan besar dan risiko yang rendah. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait