Mau Buka Gerai Alfamart? Ini Biaya dan Cara lengkapnya

gerai alfamart
gerai alfamart

Kamu pasti sudah sering melihat gerai-gerai Alfamart. Salah satu minimarket yang ada di Indonesia ini sudah tersebar di berbagai pelosok, baik di perkotaan maupun perkampungan. Hadirnya Alfamart di tengah masyarakat Indonesia memberikan kemudahan dalam berbelanja produk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, Alfamart juga menawarkan promo yang menarik untuk para pelanggannya. Sejauh ini, Alfamart merupakan peluang usaha yang menguntungkan dan bisa kamu coba. Namun, untuk membuka gerai Alfamart, kamu harus menyiapkan modal yang cukup besar.

Tidak hanya itu saja, kamu harus menyiapkan lokasi yang ramai dilewati orang untuk membuka Alfamart. Pastikan lokasi yang kamu pilih sudah strategis karena bakal mempengaruhi keuangan bisnis Alfamart milik kamu. Lalu, bagaimana caranya membuka gerai Alfamart? Tak perlu berlama lagi, kami redaksi Ajaib bakal memaparkan persyaratannya.

Persyaratan Waralaba Alfamart yang Perlu Diketahui

Alfamart mempunya slogan: ‘Belanja Puas Harga Pas’. Mereka menjual berbagai macam produk yang dibutuhkan masyarakat setiap harinya, seperti snack, softdrink, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, gerai Alfamart sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Apabila kamu berniat untuk membuka bisnis waralaba Alfamart maka perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang telah ditentukan, seperti yang kami sebutkan di bawah ini:

  • Harus memiliki Badan Usaha (Koperasi, PT, CV atau lainnya).
  • Kamu Berkewarganegaraan Indonesia (WNI).
  • Menyiapkan Lokasi Usaha sesuai ketentuan
  • Harus memenuhi perizinan seperti Izin tetangga, SIUP, NPWP, TDP, domisili dan sebagainya.
  • Kamu harus mengikuti sistem dan prosedur yang sudah ditetapkan Alfamart.

Selain lima unsur tersebut, kamu harus punya lokasi minimal seluar 800 meter persegi (diluar gudang ruang administrasi), dan total keseluruhan lahan kurang lebih 150 hingga 250 meter persegi. Bidang sebanyak itu akan menjadi gerai Alfamart milik kamu.

Tempat boleh milik sendiri (beli), atau menyewa milik orang lain dan pastikan menyewa dalam waktu 5-10 tahun. Berapa Modalnya? Bagi kamu yang ingin menjalin mitra dengan Alfamart maka harus menyiapkan modal dana sebesar Rp300 juta hingga Rp500 juta, dana tersebut belum termasuk sewa lahan untuk dijadikan gerai alfamart.

Jika kamu sudah memiliki tempat sendiri, tanpa harus sewa maka akan dapat lebih menghemat budget. Solihin, selaku Corporate Affairs Director Alfamart menyebutkan bahwa “Nilai inverstasi yang disebutkan diatas untuk renovasi peralatan, barang yang akan dijual. Biaya Rp300 juta hingga Rp500 juta belum biaya tempat.” Biaya yang disebutkan sudah termasuk untuk :

  • Biaya waralaba Rp45 juta selama 5 tahun,
  • Biaya instalasi listrik,
  • Biaya peralatan gerai,
  • Biaya pemasangan AC,
  • Biaya pengadaan komputer kasir,
  • Shop Sign dan Sign Pole,
  • Biaya pembuatan perizinan gerai,
  • Biaya software (sistem informasi ritel)
  • Biaya promosi dan persiapan pembukaan gerai.

Dalam kerja sama ini, Alfamart akan memberikan sistem royalti yang harus diberikan gerai tersebut kepada Alfamart. Royalti dihitung secara progresif tergantung dari jumlah penjualan bersih bulanan dan belum termasuk pajak. Hitungan Royalti Alfamart :

  • Omzet Rp0 hinga Rp150 juta sebesar 0 persen
  • Omzet hingga Rp175 juta sebesar 1 persen
  • Omzet dari Rp175 juta hingga Rp200 juta sebesar 2 persen
  • Omzet dari Rp200 juta hingga Rp250 juta sebesar 3 persen
  • Omzet lebih dari Rp250 juta sebesar 4 persen

Kerjasama dengan Alfamart Alfamart menawarkan tiga tipe kerjasama yang masing-masing menyesuaikan kondisi dan keinginan anda. Alfamart sendiri menawarkan beberapa kerja sama untuk kamu, yakni:

Gerai Baru

Pada tipe ini, kamu bisa membuka gerai Alfamart dengan tipe yang bisa disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki. Tercatat, ada dua tipe gerai yang ditawarkan Alfamart, yakni 36 rak dan 45 rak. Adapun untuk penjelasannya sebagai berikut:

Tipe 36 rak, luas area minimal 80 meter persegi dengan nilai investasi sebesar Rp397 juta.

Tipe 45 rak, luas area minimal 100 meter persegi dengan nilai investasi sebesar Rp417 juta.

Apa saja yang akan didapatkan? Mungkin itulah pertanyaan besar yang ada dibenak kamu. Berikut ini adalah fasilitas yang akan kamu peroleh:

  • Franchise Fee sebesar Rp45 juta untuk durasi kerja sama selama 5 tahun
  • Instalasi Listrik
  • Peralatan Gerai dan AC
  • Sistem informasi Ritel
  • Shop sign dan sign pole
  • Perizinan Gerai

Promosi dan persiapan launching Nilai investasi diluar property dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kodisi saat proses pembukaan gerai.

Untuk kamu yang berniat membuka Alfamart yang berada di kawasan perkantoran, rumah sakit, SPBU, stasiun, bandara, atau tempat lainnya, kamu cukup menyediakan tempat minimal 80 meter persegi.

Gerai Baru – Konversi

Andai kamu sudah punya toko seperti minimarket atau toko kelontong dan berniat memajukan usaha di bawah label Alfamart, kamu bisa kerja sama dengan cara ini. Nantinya, pemilik minimarket bisa menggunakan barang yang sudah disediakan pihak Alfamart.

Sementara rak yang sudah dimiliki bisa tetap kamu gunakan untuk mengurangi biaya investasi. Namun, rak yang digunakan harus sesuai dengan standar yang ditetapkan pihak Alfamart.

Gerai Alfamart Take Over

Alfamart menawarkan tipe kerjasama Take Over yang berarti kamu bisa mengambil alih gerai Alfamart yang telah beroperasi dan berjalan dengan baik. Sehingga kamu tidak perlu khawatir atau takut gerai Alfamart kamu sepi.

Untuk tipe kerjasama ini memiliki nilai investasi yang lebih tinggi tentunya (karena membeli paket usaha yang sudah berjalan), dan biaya investasi sudah termasuk biaya sewa bangunan selama 5 tahun, franchise fee sebesar Rp45 juta untuk 5 tahun dan peralata-peralatan yang dibutuhkan gerai plus goodwill.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait