Ini Bahasa Tubuh yang Tepat untuk Menjadi Orang Sukses

bahasa tubuh
bahasa tubuh

Pasti kamu pernah mendengar bahwa untuk menjadi orang sukses, tirulah orang yang sudah sukses terlebih dahulu. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari mereka. Kita bisa mempelajari sifat dan karakteristik, prinsip berbisnis, pengalaman-pengalaman hingga bahasa tubuh orang-orang yang telah sukses tersebut.

Dalam pergaulan sehari-hari, bahasa tubuh seseorang juga menggambarkan bagaimana kamu memandang diri kamu dan juga pandangan kamu terhadap kehidupan.

Misalnya, langkah kaki tegap dan mantap, diidentikkan dengan seseorang yang percaya diri, optimis dan antusias dengan apa yang dilakukannya. Sementara seseorang yang cenderung selalu menunduk atau kerap melirik gelisah ke kiri dan kanan, identik dengan orang dengan kepercayaan diri rendah, pembohong atau tidak nyaman dengan keadaan.

Nah, berikut ini adalah beberapa gestur yang biasanya didapati dari orang sukses yang bisa kamu contoh. Dengan pembawaan diri yang baik, kamu akan lebih mudah diterima dan mempengaruhi orang lain. Tentunya hal itu bisa membuat kesuksesan jadi lebih mudah menghampiri kamu. Untuk lebih jelasnya, simak paparan redaksi Ajaib berikut ini mengenai gestur yang bisa dicontoh.

Cara Tepat Melakukan Kontak Mata

Bisa dikatakan kontak mata merupakan bahasa tubuh yang bisa memberikan kesan mendalam bagi lawan bicara. Kontak mata wajib dilakukan pada saat kamu berinteraksi dengan orang lain. Tapi, lakukan kontak mata dengan tepat. Cara melakukan kontak mata yang salah, kamu malah akan memberikan kesan yang tidak kamu harapkan.

Jangan Berikan Tatapan Mata Terlalu Intens

Tatapan mata yang terlalu intens dapat memberikan kesan mengintimidasi. Berikan tatapan hangat disertai gestur lain untuk mengafirmasi sikap kamu. Misalnya anggukan ringan dan senyum tipis sebagai tanda persetujuan. Atur juga jeda kapan kamu mengalihkan pandangan sesekali sebelum kembali memberikan kontak mata.

Jangan Berikan Tatapan Mata Kosong

Dengan memberikan tatapan mata kosong tanpa reaksi berarti, jelas akan dianggap merendahkan lawan bicara. Dengan mudah lawan bicara bisa mengetahui bahwa pikiran kamu sedang tidak berada di tempat. Tentunya hal ini dapat menyebabkan lawan bicara jadi tersinggung dan merasa tidak dihargai.

Edarkan Pandangan Saat Bicara Di Depan Banyak Orang

Jika kamu sedang berbicara di hadapan banyak orang, sebaiknya edarkan pandangan secara merata ke seluruh ruangan. Jangan hanya mengajak bicara satu atau sebagian orang saja, karena akan membuat audiens lain merasa terabaikan. Jangan juga terlalu cepat mengalihkan pandangan dari satu peserta pada peserta lain. Idealnya, tatap bergantian setiap hadirin selama tiga detik, sebelum kemudian beralih kepada peserta lainnya.

Berjabat Tangan Dengan Mantap Untuk Memberikan Kesan Terbaik

Berjabat tangan merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan saat baru bertemu dengan seseorang. Sebuah penelitian menyebutkan, hanya perlu waktu 30 menit saja kesan seseorang akan terbentuk saat baru bertemu. Itu artinya, penting bagi kamu untuk menunjukkan sikap dan bahasa tubuh yang tepat saat baru bertemu seseorang. Khususnya jika orang tersebut berkaitan dengan bisnis kamu.

Orang sukses selalu melakukan jabat tangan dengan mantap. Jangan pernah memberikan jabatan tangan yang lemah dan terburu-buru, karena ini bisa menghilangkan kepercayaan orang lain. Tapi bukan berarti harus menggenggam terlalu kuat atau keras. Cukup berikan genggaman tangan tegas sekitar 1-2 detik diiringi dengan senyuman penuh percaya diri. Maka kamu akan berhasil memberikan kesan terbaik pada orang lain.

Tersenyum Dengan Tenang Untuk Menguasai Keadaan

Senyum merupakan salah satu bahasa tubuh yang sering menjadi senjata pada suasana tidak nyaman. Senyuman dapat memberikan tanda kepada orang lain bahwa kamu baik-baik saja. Oleh karena itu, jangan pernah lupa tersenyum untuk menandakan bahwa kamu menguasai keadaan, stabil dan tenang.

Tentunya senyum yang baik bukan senyum cengengesan, senyum terlalu lebar hingga semua gigi terlihat atau senyum penuh keraguan. Sering-seringlah melatih senyum terbaik kamu di depan cermin. Jika perlu, ambil beberapa pose kamu saat tersenyum dengan kamera. Latih cara kamu tersenyum penuh percaya diri, hingga akhirnya menjadi kebiasaan.

Posisi Lengan Yang Tepat Saat Berkomunikasi

Cara orang menggerakkan tangannya bisa menjadi salah satu ciri paling mudah dikenali saat seseorang merasa gusar, gelisah atau tidak percaya diri. Oleh karena, perhatikan bahasa tubuh lengan kamu saat sedang berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Jangan Menyilangkan Tangan Di Depan Dada

Ini adalah gestur negatif yang bisa menimbulkan kesan mengintimidasi, tertutup dari informasi yang disampaikan dan kaku. Hal ini bisa membuat lawan bicara merasa bahwa kamu tidak mempercayai apa yang dia katakan.

Jangan Memainkan Rambut Atau Pakaian

Banyak orang yang seringkali menyentuh rambutnya pada saat sedang berbicara. Jika dilakukan berulang-ulang, apalagi dengan cukup intens, bahasa tubuh ini bisa membuat orang lain tidak nyaman. Kamu juga akan terkesan tidak perhatian jika melakukannya saat orang lain sedang bicara.

Demikian juga jika kamu meremas atau menarik-narik pakaian yang sedang kamu kenakan. Dengan mudah orang lain akan menangkap kegelisahan kamu. Bahayanya, seringkali apa yang kerap dilakukan tangan saat sedang berkomunikasi, malah mengalihkan perhatian lawan bicara dari apa yang sedang kamu katakan.

Untuk memberikan kesan terbaik, pergunakan gestur tangan dengan tepat. Yakni untuk memperkuat perkataan kamu. Misalnya saat bicara, lakukan gestur tangan terbuka sebagai tanda menerima orang di hadapan kamu, angkat lengan untuk menggambarkan tinggi suatu benda yang sedang dibicarakan, tapi jangan terlalu berlebihan.

Jika sedang menyimak, ada baiknya kamu menangkupkan satu tangan di atas telapak tangan lainnya, sebagai tanda bahwa kamu menyimak dengan serius perkataan lawan bicara.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait