Saham

Tempo Scan Pacific, Masih Berjaya di Tengah Corona

tempo scan pacific

Ajaib.co.id – PT Tempo Scan Pacific Tbk merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini merupakan produsen sejumlah produk suplemen maupun obat-obatan seperti Hemaviton, Oskadon sampai merk kosmetik terkemuka seperti Revlon. Korporasi ini juga menjadi pilihan emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) kalau kamu tertarik dengan industri kesehatan.

Hampir semua masyarakat Indonesia pasti mengenal Tempo sebagai salah satu penyedia produk farmasi kenamaan. Perusahaan ini sudah menghasilkan puluhan produk yang sudah menjadi pilihan masyarakat di kehidupan sehari-hari. Kalau selama ini hanya kenal dekat dengan produknya, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh soal perusahaan ini dan prospek mendapatkan cuan darinya.

Mereka merupakan sebuah perusahaan farmasi yang berdiri pada 3 November 1953 di Jakarta. Perseroan dibentuk melalui proses restrukturisasi pada tahun 1991 dan semula Perseroan bernama PT Scanchemie yang pada tahun 1970 memulai kegiatan produksi komersial produk farmasi dalam skala besar.

Seiring dengan perjalanan waktu, perseroan melalui entitas anaknya juga telah memproduksi produk kosmetik dan produk konsumen sejak tahun 1977.Mereka terdaftar sebagai perusahaan publik telah resmi tercatat publik di Bursa Efek Indonesia dengan kode IDX: TSPC yang tercatat pada tanggal 17 Juni 1994.

Tempo Scan Pacific dapat di sambangi di Tempo Scan Tower pada lantai 16. Lokasinya berada di Jalan. H.R. Rasuna Said Kavling 3-4, Jakarta Selatan. Untuk pabriknya sendiri berlokasi di terletak di Cikarang, Jawa Barat. Nah, yang namanya perusahaan farmasi, mereka memproduksi obat-obatan untuk membantu kesehatan masyarakat.

Perlu kamu ketahui, Tempo Scan Pacific memproduksi beberapa obat yang sudah santer terdengar di telinga masyarakat Indonesia, yakni bodrex, vidoran, hemaviton, Oskadon, NEO rheumacyl, NEO hormoviton, bodrexin, Contrexyn, Zevit Grow, Marina, My Baby, SOS, Natural Honey, dan Dione.

Namun, seiring berjalannya waktu, mereka tidak hanya fokus di farmasi saja. Mereka juga menjual perlengkapan kosmetik, yakni Ultima II dan Marina. Ultima II merupakan produk yang hadir sejak tahun 1959 yang menggunakan teknologi terbaik untuk menjadikan perempuan lebih percaya diri dan berani dalam penampilan.

Sedangkan Marina merupakan kosmetik unggulan dari Tempo Scan Pacific. Mereka menjual makeup, korean skin care, hingga body lotion. Produk yang satu ini menyasar para perempuan muda Indonesia agar terlihat lebih dewasa.

Tak hanya itu, Tempo Scan Pacific juga melakukan kegiatan distribusi. Mereka menyediakan layanan manajemen penjualan dan channel, manajemen persediaan dan logistik serta layanan distribusi dari produk-produk konsumen kesehatan, farmasi, konsumen dan kosmetik. Cakupan layanan mereka sudah besar, tersebar di seluruh penjuru Indonesia dengan memiliki 51 cabang penjualan, lebih dari 100 titik penjualan dan Distribution Center di 4 kota besar.

Mereka pun melayani kurang lebih 100.000 outlet atau konsumen off-line antara lain channel pharma trade, modern trade, dan general trade. Mereka juga melayani konsumen dari e-Commerce channel.

Divisi ini terus mengembangkan kapasitas dan kemampuan pada area antara lain sumber daya manusia, kapasitas pergudangan, armada pengiriman dan teknologi informasi. Antara lain pada tahun 2018, mereka berhasil menerapkan sistem Distribution Requirement Planning (DRP) yang berbasis Cloud di bawah platform sistem SAP Integrated Business Planning (IBP).

Lebih lanjut, divisi ini menyediakan manajemen tenaga penjualan dan melakukan penjualan pada semua segmen perdagangan, yaitu pharma trade channels meliputi apotek, toko obat, rumah sakit, lembaga pemerintah, dan non pemerintah. Sedangkan, modern trade channels meliputi hypermarket, supermarket, minimarket, national key accounts dan account lokal independen. Serta general trade channels yang meliputi gerai grosir dan ritel. Kelompok tenaga penjualan Tempo Scan Pacific didekasikan secara spesifik untuk setiap segmen, agar dapat memberikan layanan dan jangkauan yang optimal.

Masih dalam divisi yang sama, Tempo Scan Pacific memiliki manajemen layanan transportasi yang melayani ratusan rute pengiriman di seluruh Indonesia. Adapun manajemen layanan transportasi tersebut dikelompokkan kedalam tiga lini bisnis, yaitu jenis layanan transportasi line haul, retail, dan last mile. Layanan line haul mencakup pengiriman dari Pabrik ke/atau antar Distribution Center (DC), ke Fulfillment Center dan ke cabang.

Selanjutnya layanan retail meliputi pengiriman dari cabang ke outlet, paket kosmetik, ethical ONS dan regular, serta POS material. Layanan last mile meliputi pengiriman dari EFS atau Sorting Center (SC) ke konsumen. Semua jenis layanan transportasi tersebut dilakukan melalui moda transportasi darat, laut dan udara.

Dalam hal yang satu ini, mereka menyediakan transportasi yang memiliki fasilitas sangat lengkap, yakni Milkrun Service, manajemen Armada, Manajemen Vendor, pengawasan 24 jam untuk Penelusur Armada dan Menara kontrol yang mengawasi setiap pengiriman secara otomatis, real time, dan akurat. Selanjutnya, Tempo Scan Pacific juga mempunyai varian truk, antara lain wing box, full box, trailer, CDD, dan CDE. Mereka juga berkerja sama dengan banyak penyedia layanan transportasi eksternal.

Dengan berkembangnya bisnis online atau yang sekarang disebut dengan e-commerce, divisi ini telah mempersiapkan infrastruktur fisik (fasilitas fulfillment service) dan juga sistem teknologi yang terintegrasi untuk penyediaan layanan e-commerce logistics, yang dinamakan E-Commerce Fulfillment Service (EFS). Layanan yang disediakan oleh E-Commerce Fulfillment Service (EFS) antara lain: Fasilitas Fulfillment, merupakan sistem pergudangan yang memiliki kapabilitas dalam menangani transaksi online (e-Commerce) dan pengiriman langsung ke konsumen

Menakar Prospek Keuntunga Berinvestasi di Tempo Pacific

Masa pandemi Corona membuat sejumlah sektor industri mengalami penurunan kinerja. Meski demikian, ada pengecualian untuk sejumlah industri antara lain farmasi, konsumsi dan telekomunikasi. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk membeli saham Tempo Scan Pacific.

Wabah covid-19 yang melanda dunia, ditengarai menjadi peluang bagi sektor bisnis ini dimana permintaan akan alat kesehatan dan multivitamin mengalami peningkatan. Pasalnya, kebutuhan akan produk tersebut masih akan tinggi sampai beberapa waktu mendatang.

Hal ini juga berdampak pada kinerja emiten farmasi di pasar saham. Ketika saham sektor lainnya bertumbangan maka emiten farmasi tetap stabil bahkan cenderung meningkat. Bahkan perkembangan terbaru penanganan Corona bisa menjadi sentimen tersendiri.

Seperti yang terjadi di bursa modal ketika kabar akan vaksin Corona yang telah tiba di Indonesia. Sejumlah saham emiten sektor farmasi kompak menguat pada perdagangan Selasa 21 Juli 2020 lalu.

Hingga penutupan perdagangan sesi I hari ini, harga saham emiten farmasi pelat merah PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF) melejit hingga 24,90% ke harga Rp 1.505 per saham, kemudian PT Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC) naik 1,46% ke harga Rp 1.390. Tren positif ini diperkirakan masih akan terus bertahan sampao beberapa waktu mendatang.

Harga saham Tempo Pacific juga masih cenderung terjangkau untuk mulai berinvestasi. Selain itu, perusahaan ini juga punya tradisi pembagian dividen yang baik. Misalnya saja seperti yang diputuskan pada Rapat Umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Tempo Scan Pacific Tbk.

Perusahaan ini memutuskan untuk membagikan dividen tunai tahun buku 2019 sebesar Rp225 miliar. Dividen tersebut akan dipecah menjadi Rp50 per lembar saham.Dividen tersebut akan diberikan kepada para pemegang saham yang namanya terdata dalam daftar pemegang saham (recording date) pada 10 Juli 2020. Sementara itu, untuk pembayaran dividen akan dilakukan pada 30 Juli 2020.

Tentu saja ini menjadi prestasi tersendiri ketika perusahaan lain terpaksa menunda pembagian dividen karena kondisi dunia bisnis yang kurang mendukung. Rasanya bukan tindakan buruk untuk memasukkan saham Tempo ke portofolio investasimu.

Layanan Manufaktur

Tempo Scan Pacific tercatat juga mempunyai kelompok manufaktur yang sangat berpengalaman dan kuat dalam membuat merek-merek legendari dalam industri farmasi di Nusantara. Seperti yang kamu ketahui, produk unggulan mereka adalah kategori obat bebas dan obat bebas terbatas. Mereka memiliki tiga pabrik yang memproduksi bentuk sediaan yang berbeda-beda.

Mereka adalah grup manufaktur yang bertumbuh pesat, memproduksi produk-produk konsumen dan kosmetik andalan Tempo Scan Group yang menaklukkan berbagai tantangan di pasar Indonesia dan luar negeri. Tempo Scan Pacific menjadi pemain industri terkemuka yang berani menantang perusahaan kelas dunia dan merek-merek global mereka.

Memiliki empat pabrik yang memproduksi hasil yang berbeda-beda, mereka berkomitmen menjaga kualitas produk agar dapat terus bersaing dengan produk konsumen dan kosmetik multinasional untuk memuaskan konsumen di Indonesia.

Kelompok produsen minuman yang diciptkan oleh Tempo Scan Pacific, tumbuh berdampingan dengan produsen produk nutrisi yang dekat di hati para konsumen dalam dan luar negeri. Beberapa portofolio produk yang sudah diproduksi oleh dua pabrik kami antara lain; minuman berenergi, minuman bervitamin C, minuman berkarbonasi, susu UHT, susu pertumbuhan, dan lainnya.

Artikel Terkait