Peluang Bisnis 2020: Tahun Emasnya Bisnis E-Commerce

peluang bisnis 2020
peluang bisnis 2020

Tahun 2020 diyakini bakal jadi tahun emas bisnis berbasis e-commerce. Ada beberapa peluang bisnis 2020 yang menjanjikan penghasilan besar untuk dipilih, apa saja itu?

Tiap tahunnya tren peluang usaha terus berubah dan para pengusaha akan dituntut untuk bisa bertahan menghadapi perubahan tersebut. Faktor gaya hidup masyarakat punya peran penting dalam mempengaruhi situasi pasar dan perkembangan bisnis.

Kita harus bisa cermat melihat perubahan tren bisnis yang terjadi dan tentu hal itu bisa jadi peluang bisnis baru yang bakal menguntungkan. Peluang bisnis 2020 diprediksi bakal jadi tahun emasnya bisnis berbasis e-commerce yang memanfaatkan jaringan internet untuk menggapai target pasar yang lebih luas.

Tiga Jenis E-Commerce

Apapun bentuk bisnisnya, kamu bisa memasarkan secara online sehingga segmen yang ditargetkan bisa diraih dengan lebih mudah. Berdasarkan konsepnya, bisnis berbasis e-commerce dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • C2C (Customer to Customer), contohnya berupa marketplace seperti bukalapak, shopee, dan tokopedia.
  • B2B (Business to Business), bisnis yang dijalankan oleh dua pihak untuk sama-sama mendatangkan keuntungan dengan berbasis internet.
  • B2C (Business to Customer), pelaku bisnis menyediakan/menjual produk atau jasa langsung kepada konsumen.

Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini, khususnya di perkotaan tidak bisa dilepaskan dari yang namanya gadget. Dengan melihat tren tersebut bisa jadi awal yang bagus untuk melihat peluang bisnis yang ada. Buat kamu yang ingin mulai berbisnis tapi masih mencari-cari peluang bisnis 2020 yang menarik, e-commerce atau bisnis berbasis internet bisa kamu lirik.

Pembuatan Aplikasi atau Software

Bisnis yang satu ini masih diprediksi tetap eksis dalam beberapa tahun ke depan, karena perkembangan teknologi yang semakin canggih jadi faktor utama bisnis ini terus berjalan. Akan tetapi bisnis di bidang ini harus didukung dengan keahlian yang sesuai. Apabila kamu bisa membuat software, baik untuk smartphone ataupun yang lainnya, bidang ini sangat cocok dijadikan bisnis.

Menjadi Profesional Blogger

Bagi kamu yang suka menulis, peluang bisnis 2020 dengan menjadi blogger profesional merupakan pilihan tepat. Walaupun persaingan semakin ketat, bisnis ini akan terus berkembang. Jika ditekuni dengan baik, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Kuncinya adalah terus belajar mengasah kemampuan dan pemahaman menulis kamu.

Menjual Jasa Profesional

Jika kamu tak punya cukup modal untuk berbisnis tapi memiliki keahlian tertentu, kenapa tidak coba menjual jasa via online saja? Contohnya seperti jasa pembuatan website, desain grafis, penerjemah, penulis artikel profesional, dan lain-lain. Bisnis seperti ini juga bisa mendatangkan penghasilan jutaan rupiah lho.

Penjual Peralatan Kosmetik via Online

Bagi kaum hawa, kosmetik adalah item yang sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi wanita karir. Demi penampilan yang lebih cantik dan menambah kepercayaan seseorang, kosmetik selalu jadi andalan wanita setiap saat. Maka dari itu, berjualan kosmetik jadi peluang bisnis 2020 yang menggiurkan untuk dicoba. Kamu bisa menjualnya via online melalui marketplace atau blogmu sendiri.

Peluang Usaha di Bidang Lain

Mungkin tahun 2020 jadi tahun emasnya ­e-commerce, tapi bukan berarti bidang lain tak punya peluang untuk berkembang. Ada beberapa bisnis lain untuk kamu pilih sesuai dengan kecukupan modal yang kamu miliki. Setidaknya ada beberapa jenis usaha lain di luar bisnis berbasis e-commerce yang jadi peluang usaha 2020 nanti, apa saja itu?

Modal Kecil

Bisnis Franchise

Bisnis ini cocok untuk kamu yang tidak ingin dipusingkan dalam membuat sistem bisnis yang baru. Para pemilik bisnis waralaba (franchise) punya hak paten dan sistem bisnis sendiri, selanjutnya tinggal pemilik modal yang menjalankan.

Keuntungan yang didapat pastinya merek sudah dikenal banyak orang, manajemennya sudah ditentukan, bisnisnya pun aman. Kamu hanya perlu menyediakan lahan untuk memulai menjalankan bisnis ini.

Reseller Online

Buat pemula yang ingin belajar berbisnis bisa memilih menjadi reseller online. Nantinya kamu akan menjual kembali sejumlah barang yang sudah dibeli dari orang lain atau supplier.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini dimana pun karena waktunya yang fleksibel dan pengelolaannya yang mudah. Selain itu keuntungannya kamu tidak perlu mendirikan toko fisik untuk mengerjakannya. Cukup duduk manis dirumah dan memasarkan produknya secara online.

Modal Sedang

Bisnis Katering

Punya hobi memasak? Bisnis ini berarti cocok buat kamu. Bisnis katering juga merupakan peluang bisnis 2020 yang menjanjikan dan akan terus eksis. Peminat dari bisnis ini juga banyak, mulai dari acara perkawinan, syukuran, ataupun acara kantor. Namun, yang perlu kamu pastikan adalah kualitas dari makanan dan minumannya tetap terjaga.

Bisnis Jastip

Di tahun 2019 ini, bisnis jastip atau jasa titip ini sedang tren. Bisnis ini memungkinkan pelanggan kamu mendapatkan barang yang tidak dijual di sekitaran tempat tinggalnya. Biasanya jastip ini dimanfaatkan orang-orang yang sering bepergian ke luar negeri.

Modal Besar

Agent Travel

Tidak mudah memang merencanakan sebuah liburan dan perlu kemampuan yang khusus. Namun, justru banyak disewa orang untuk merencanakan liburan mereka supaya bisa berjalan dengan lancar.

Buat kamu yang suka merencanakan acara liburan, bisa banget membuat usaha agent travel atau travel trip planner.

Coffee Shop

Saat ini minum kopi sudah menjadi tren dan gaya hidup. Jika kamu punya modal kuat dan juga punya kecintaan terhadap kopi, bisnis coffee shop bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Selain menawarkan racikan kopi yang enak, bikin desain tempat kedai kopi yang unik akan membuat konsumen betah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait