Cara Sukses di Usia Muda yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

cara sukses di usia muda
cara sukses di usia muda

Sukses di usia muda membuat siapapun kagum melihat, dan kamu pun pasti menginginkan hal yang sama bukan? Lalu bagaimana cara sukses di usia muda? Semua orang pasti ingin sukses, namun seringkali kurang paham caranya. Butuh proses, kerja keras, konsistensi, dan ketekunan yang diiringi dengan doa. Banyak dari mereka yang sukses harus merasakan jatuh bangun lebih dulu untuk bisa benar-benar berhasil.

Dari beberapa pengakuan anak-anak muda yang sukses, ternyata cara sukses di usia muda cukup sederhana. Pada dasarnya, sukses itu dimulai dari mindset seseorang yang kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, meski caranya sederhana tak semua orang bisa melakukannya secara konsisten.

Berikut ini beberapa cara sukses di usia muda yang bisa kamu lakukan secara sederhana. Simak baik-baik di bawah ini.

Membiasakan Bangun Lebih Pagi

Mulailah dari hal yang simpel seperti bangun lebih pagi beberapa jam sebelum bekerja. Hal itu akan memberikan kamu waktu untuk mempersiapkannya dengan tenang dan matang. Setidaknya bangun 3 jam lebih awal supaya rencana di hari itu tidak ada yang terlewatkan.

Bahkan menurut penelitian, sebanyak 44 persen orang yang sukses punya kedisiplinan kuat dengan bangun 3 jam lebih awal di pagi hari sebelum waktu kerja. Dengan begitu, kamu akan bisa mereview kembali apa yang sudah dikerjakan kemarin, mandi dengan nyaman, sarapan pagi, dan mempersiapkan segala sesuatunya tanpa tergesa-gesa.

Keinginan Untuk Terus Belajar

Belajar tidak hanya dilakukan di bangku sekolah ataupun kuliah dan tidak hanya sebatas tentang buku. Seringkali orang mengatakan, mau sampai kapan terus belajar? Jika kamu ingin menjadikanmu sukses, maka jangan pernah berhenti belajar.

Ya, belajar bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun, termasuk dalam bekerja ataupun berbisnis. Selain itu, kamu juga perlu belajar memahami hidup yang tidak ditemukan di bangku sekolah dulu, salah satunya mengerti dirimu sendiri. Orang sukses mampu memahami dirinya sendiri, apa yang ia mau, serta mau mengerti orang lain juga.

Jadi perlu diingat bahwa orang yang sukses tidak pernah berhenti belajar. Karena belajar bisa mendorong mereka untuk bisa lebih kreatif dan inovatif. Jangan takut untuk belajar hal baru, sebab kesuksesan atau kegagalan karir seseorang tergantung dari potensi yang dimiliki.

Bikin Agenda dan Tujuan dengan Jelas

Orang bisa sukses karena mereka punya tujuan yang jelas dan tahu apa yang diinginkan. Oleh karena itu, bikin agenda yang lebih spesifik tentang apa yang kamu capai. Tujuan yang jelas akan memudahkan kamu untuk memantau bagaimana kamu ingin meraih target itu. Lakukan rencana tersebut dengan seimbang, kalau perlu buat rencana jangka pendek, menengah, dan panjang.

Mampu Menyelesaikan Permasalahan dengan Baik

Akan ada masalah-masalah yang ditemui dalam perjalanan menuju kesuksesan. Kamu tinggal memilih, menghadapi masalah itu atau membiarkan begitu aja. Jika masalah itu dibiarkan begitu saja, berarti kamu sudah membuat dirimu sendiri tak bisa melangkah maju.

Umpama kamu bermain game, tentu agar bisa naik ke level berikutnya harus bisa menuntaskan misi dengan baik. Ketika kamu naik ke level selanjutnya, maka kamu pengalamanmu pastinya akan bertambah. Maka dari itu, jangan menyerah untuk menghadapi sebesar apapun masalahmu. Temukan caranya dan selesaikan permasalahan tersebut tanpa menundanya.

Belajar Berkomunikasi dengan Baik dan Memperbanyak Teman

Memiliki komunikasi dan relasi akan sangat membantu dalam langkah suksesmu. Supaya bisa berkomunikasi dengan baik dibutuhkan beberapa skill, yang pertama adalah kemauan untuk mendengarkan. Kenapa? Seorang pendengar yang baik akan bisa memaksimalkan perannya sesuai kapasitasnya secara sosial.

Skill berikutnya yaitu rasa simpati atau kepekaan. Kamu perlu mengerti dan memahami bagaimana situasi yang sedang dihadapi temanmu saat ini. Kemudian adalah kemampuan menyampaikan sesuatu sesuai porsinya, jangan sampai apa yang disampaikan malah membuat temanmu risih dan membingungkan. Selanjutnya ciptakan keramahan dan keakraban dengan teman-temanmu untuk mempererat jalinan pertemananmu.

Sikap respect dan empati juga harus kamu miliki. Jika kamu punya rasa hormat, temanmu pun akan menghormati dan menghargaimu juga.

Manajemen Waktu dan Energi yang Baik

Kamu tidak bisa memaksakan diri untuk melakukan segala sesuatunya terus-menerus. Maka dari itu, perlu manajemen waktu yang baik supaya hidup lebih seimbang. Sangat sulit memang mengatur semua kegiatanmu, tapi lakukan semua itu secara konsisten. Buatlah agenda kegiatanmu harianmu, mulai dari bangun, bekerja, mandi, ibadah, hingga waktu tidur.

Kemampuan Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan jadi salah satu cara sukses di usia muda yang tidak boleh dilewatkan. Kamu harus mengatur jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Jika keuanganmu dikelola dengan baik, tujuanmu akan bisa tercapai seiring berjalannya waktu. Kamu bisa merencanakan sebagian pemasukan untuk tabungan maupun investasi untuk masa depan sebesar 10% hingga 20%, serta membiasakan diri hidup sehat.

Fokus dan Integritas

Cara sukses di usia muda untuk menunjang kesuksesan kamu adalah fokus dan punya integritas. Mereka yang ingin sukses tentu tidak main-main dalam proses kerja keras dan konsisten dalam menjalankan bisnis dan pekerjaannya.

Ternyata cara sukses di usia muda cukup sederhana kan. Jika kiat-kiat di atas bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan pada bisnis yang kamu jalankan, maka kesuksesan bisa terwujud. Jangan lupa untuk selalu berdoa.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait