milenial

Layanan COD Tersedia di 5 E-Commerce Terpopuler Ini

Ajaib.co.id – Layanan COD (Cash On Delivery) merupakan fitur yang dihadirkan untuk memastikan keamaman pada transaksi jual beli online. Kehadirannya diharapkan bisa menekan risiko ketika berbelanja lewat online shop. Tak mau kalah, kini berbagai e-commerce juga menyediakan metode pembayaran COD untuk meningkatkan popularitasnya.

Belanja online memang menawarkan kemudahan dan praktis. Tinggal swipe, klik sana sini, transfer dan barang diantar sampai alamat. Tidak perlu keluar tenaga untuk belanja, berpanas-panas di jalanan, atau bayar parkir. Kamu bisa mendapatkan barang yang diingingkan hanya dengan berbekal keyword yang tepat.

Namun ada risiko penipuan yang mengancam di balik kesukaan berbelanja online. Umumnya, penjual meminta pembayaran dilakukan lebih dulu baru barang dikirim sesuai alamat. Hanya saja, pada praktiknya pada pedagang nakal yanng menghilang setela pembayaran dilakukan. Karena hanya berbekal komunikasi secara online maka pembeli pun tak berdaya setelah kehilangan uangnya.

Hal inilah yang coba dipecahkan dengan sistem pengiriman COD. Sesuai dengan makna istilahnya,, pembayaran baru akan dilakukan setelah barang dalam proses pengiriman. Dengan hadirnya layanan COD, pembeli tak perlu lagi khawatir akan jadi korban penipuan belanja online.

Belanja Semakin Aman Lewat E-Commerce dengan Layanan COD

Layanan COD awalnya berkembang di negara barat sebagai alternatif bisnis kecil-kecilan yang menyasar konsumen tanpa kartu kredit. Pembayaran tunai juga dinilai lebih menguntungkan karena tidak ada biaya proses kartu kredit yang harus ditanggung.

Biasanya ini dilakukan dengan kerja sama penyedia jasa logistik dengan batasan minimal jumlah barang atau transaksi. Karena itu, ketika pembayaran tidak dilakukan oleh pembeli maka kemudian barang bisa dikembalikan.

Hal ini kemudian diadopsi di berbagai negara lainnya, khususnya daerah di mana kepemilikan kartu kredit bukan hal yang lazim. Terbukti, mayoritas transaksi e-shopping di Timur Tengah adalah COD. Sebanyak 60% transaksi online di UEA dan Timur Tengah dilakukan secara tunai pada pengiriman atau lewat layanan COD.

Sedangkan di Indonesia, hal yang membuat layanan ini sangat digandrungi adalah belum semua lapisan masyarakat memiliki rekening bank, kartu kredit, atau e-wallet untuk transaksi pembayaran. Selain itu, cara ini juga dinilai lebih mudah dan memastikan kepuasaan ketika bertransaksi.

Berkembangnya berbagai aplikasi belanja online tentu saja menangkap hal ini dan juga menyediakan layanan COD sebagai salah satu metode pembayarannya. Jika sebelumnya pembayaran hanya bisa dilakukan dengan cara transfer rekening kini ada banyak opsi lainnya. Mulai dari COD, e-wallet, virtual account, sampai pembayaran melalui minimarket.

Apa itu COD? COD alias Cash On Delivery adalah sistem pembayaran yang dilakukan setelah barang diterima oleh pembeli. COD cocok untuk orang yang tidak mempunyai rekening, jauh dari akses ATM atau masih meragukan kecocokan dan kualitas barang yang ingin dibeli. Awalnya COD hanya bisa dilakukan oleh penjual dan pembeli online yang berada dalam lokasi yang dekat..

Jika barangnya terbukti sesuai dengan promosi online yang diberikan maka kesepakatan harga terjadi dan pembayaran dilakukan. Itulah kenapa cara ini disebut dengan sistem bayar di tempat karena transaksi yang dilakukan di lokasi tempat pertemuan. Namun kini COD tak terbatas dengan wilayah dengan inovasi dari berbagai e-commerce.

Sistem bayar di tempat oleh marketplace ini muncul sebagai buah dari persaingan ketat mendapatkan pelanggan. Beberapa e-commerce juga bersedia menanggung biaya pengembaliannya. Beberapa aplikasi jual beli menyediakan kurir khusus untuk transaksi bayar di tempat ini. Namun kini banyak jasa logistik yang sudah mendukung sistem ini seperti SiCepat, J&T dan Tiki.

Kita sebagai konsumen diuntungkan karena pembayaran baru dilakukan setelah barang diterima dan dianggap sesuai. Jika tidak sesuai atau tidak sampai maka kita tidak perlu membayar belanja tersebut. Dengan demikian, kita juga bisa terbebas dari seller nakal dengan sistem COD ini.

Ada sejumlah e-commerce di Indonesia yang bisa kita manfaatkan fitur COD-nya antara lain:

1.      Shopee

Aplikasi favorit cewek dan para ibu ini menyediakan pembayaran COD pada akhir 2018 lalu. Sistem ini diwujudkan dengan kerja sama jasa pengiriman dari J&T dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Kamu bisa memilih sistem COD dengan belanja minimal Rp50.000 sampai Rp3 juta dan akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1,5% dari total belanja.

2.      JD.ID

JD.ID menjadi salah satu marketplace yang paling dikenal dengan fitur bayar di tempatnya. Disediakan kurir khusus untuk pengantaran ini, dan tersebar di 700 kota seluruh Indonesia.

Tidak ada nominal tertentu yang disyaratkan untuk mendapatkan layanan COD dari aplikasi berlogo merah ini. Pembayaran yang dilakukan bahkan bisa dilakukan dengan tunai maupun debet. Pembayaran debet melalui mesin EDC maksimal senilai Rp200 juta.

3.      Tokopedia

Tokopedia termasuk e-commerce besar yang telat meluncurkan sistem bayar di tempat ini. Layanan COD baru diluncurkan pada Juli 2019 dengan kerja sama jasa kirim SiCepat. Fitur Bayar di Tempat ini baru bisa dilakukan di 24 provinsi dan 63 kota dengan maksimal transaksi tiap barang Rp1 juta. Sistem ini juga terbatas pada pengguna baru yang belum pernh bertransaksi di marketplace dan official store di Tokopedia.

4.      Lazada

Salah satu marketplace terbesar dan terlengkap di Indonesia ini sudah cukup lama menyediakan fitur COD. Tidak ada batas minimal namun maksimal nilai transaksinya hanya Rp5 juta. Kamu bahkan bisa mengunakannya tanpa tambahan biaya apapun karena Lazada menyediakan kurir sendiri. Hanya saja tidak semua produk dan daerah bisa dijangkau sistem ini.

5. Bukalapak

Startup lokal ini juga tak kalah menyediakan layanan COD meskipun tidak diberlakukan sejak awal pendiriannya. Cara ini kerap dipilih oleh user Bukalapak yang tidak memiliki akses transfer dana atau uang elektronik lainnya. Kamu cukup belanja seperti biasa di aplikasi Mitra Bukalapak.

Nanti saat masuk ke pembayaran, kamu pilih metode pengiriman sebagai “Bayar Tunai”, lalu klik“Bayar”. Nanti barang yang kamu pesan akan langsung diantarkan ke tempatmu dan kamu bisa langsung bayar ke kurirnya dengan uang cash.

Lima e-commerce di atas bisa jadi pilihanmu jika ingin bertransaksi dengan layanan COD. Nama besar aplikasi belanja online itu sendiri sebenarnya sudah bisa jadi jaminan keamanan belanja online yang kamu lakukan. Hanya saja tak ada salahnya memanfaatkan layanan COD yang tersedia untuk memastikan kualitas barang yang kamu terima kan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait