Panduan Lengkap untuk Pemula! Ini Cara Menjadi Seller JD.ID

seller jd.id
seller jd.id

Ajaib.co.id – JD.ID merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang beroperasi di Jakarta. Perusahaan ini menggunakan sistem B2C atau Bisnis to Customer. Lalu, bagaimana caranya menjadi seller JD.ID?

Bagi kamu yang ingin menjadi seller JD.ID bisa mendaftar di perusahaan e-commerce tersebut. Berjualan online saat ini bisa dilakukan dengan mudah, kamu tidak perlu lagi membuat website sendiri.

Agar menjadi seller JD.ID kamu diharuskan untuk memiliki NPWP. JD.ID sendiri membuka peluang untuk UKM di Indonesia agar dapat bergabung di dalam perusahaan.

Berikuti ini adalah panduan atau cara menjadi seller JD.ID:

Cara Menjadi Seller JD.ID

  1. Cara pertama, kamu bisa membuka website JD.ID dan login menggunakan akun sebagai pembeli.
  2. Selanjutnya, pilihlah “daftar sebagai seller” pada bagian pojok kanan atas.
  3. Kemudian, pilih “daftar sebagai penjual lokal” jika ingin berjualan di seluruh wilayah Indonesia. Jika ingin berjualan ke seluruh dunia, kamu bisa memilih “register as crossborder seller”.
  4. Nantinya, kamu diharuskan mengisi form pendaftaran di seller.jd.id/register.do.
  5. Masukkan nama, nomor telepon aktif, e-mail, nama toko di JD.ID, kategori toko, jenis toko (perorangan atau perusahaan), nomor KTP, scan KTP, NPWP, dan scan NPWP.
  6. Jika sudah terisi dengan benar, kamu bisa klik “daftar” untuk menuju ke proses verifikasi.

Cara Berjualan di JD.ID

Setelah mendaftar menjadi seller JD.ID, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Memilih Produk yang Dijual

Memilih produk yang akan kamu jual adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Dengan begitu, kamu dapat menentukan target pasar yang ingin dijangkau dan mengetahui spesifikasi produknya.

Jika ingin menjual gadget dan targetmu adalah anak muda, maka produk yang kamu jual harus memiliki teknologi yang canggih.

Cek Ketersediaan Produk

Setelah itu, kamu harus memastikan ketersediaan produk yang ingin dijual. Meskipun produk yang kamu jual unik, namun harus tetap memperhatikan kebutuhan konsumen.

Jadi, selalu cek ketersediaan produk secara rutin. Jika ada produk yang diminati oleh konsumen, maka kamu harus memprioritaskan ketersediaan produk tersebut.

Menjaga Kualitas Produk

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh penjual adalah menjaga kualitas produk. Jika produkmu cepat rusak, maka akan mendapatkan penilaian negatif dari para konsumen.

Sebaiknya, kamu menjual produk dengan harga yang cukup mahal, namun memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, produkmu bisa digunakan selama bertahun-tahun dan konsumen merasa puas.

Menjual Produk Orisinil

JD.ID juga selalu mengutamakan keaslian produk yang dijual. Seluruh produk akan diseleksi terlebih dahulu oleh tim JD.ID, kemudian baru dinyatakan layak untuk dijual.

Tambahkan Deskripsi Produk

Berhubung produk yang dijual melalui online, maka konsumen tidak bisa melihat langsung. Maka dari itu, kamu harus menambahkan deskripsi atau foto produk yang dijual.

Pastikan juga fotonya sesuai dengan produk yang dijual. Hal itu dilakukan agar konsumen tidak kecewa saat membeli produknya. Kamu juga bisa menggunakan foto dengan resolusi tinggi.

Tips Agar Produk Cepat Tampil di JD.ID

Produk yang akan kamu jual di JD.ID, nantinya harus melewati proses audit terlebih dahulu. Jadi, ada beberapa poin yang harus kamu pastikan agar kontennya memenuhi standar, yaitu:

SKU Name (Nama Produk)

SKU Name atau nama produk merupakan hal paling penting yang diperhatikan oleh tim Quality Control (QC) JD.ID. Hal ini dilakukan agar produknya bisa ditemukan dengan mudah.

Berikut ini adalah poin yang harus kamu perhatikan:

  • Memastikan nama produknya benar dan jelas.
  • Nama produk dan gambar harus sesuai.
  • Nama produk tidak boleh menggunakan nama seller.
  • Nama produk harus ditulis dalam format Title Case.
  • Nama produk dibuat secara spesifik atau detail, seperti menyertakan ukuran dan warna.

Gambar Produk

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa gambar produk menjadi aset paling penting di dalam toko online. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan oleh seller:

  • Gambar yang disertakan harus jelas dan tidak boleh blur.
  • Produknya harus terlihat jelas sekitar 80 persen dari keseluruhan gambar.
  • Gambar harus fokus pada produk yang akan dijual.
  • Foto utamanya harus berbentuk portrait.
  • Gambar dan deskripsi produk harus sesuai dengan aslinya.
  • Gambar tidak boleh terhalang oleh watermark dari seller.

Deskripsi Produk

Deskripsi produk merupakan bagian paling penting, karena kamu dapat memberikan informasi yang lengkap. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu tambahkan di deskripsi:

  • Penjelasan mengenai produk.
  • Jelaskan warna, ukuran, dan material produknya.
  • Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh konsumen.
  • Menyisipkan informasi mengenai pengiriman dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Menyertakan jaminan produk.
  • Tidak menyertakan nomor telepon atau alamat kamu sebagai seller.

Kategori atau Jenis Produk

Kategori produk juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, produk yang kamu dijual akan mudah dicari oleh para konsumen.

Kamu harus menjadi Qualified Seller agar produknya dapat diberikan kategori. Qualified Seller juga bisa memilih sendiri kategori produknya, namun kamu harus memilih kategori atau jenis yang sesuai.

Keunggulan dari JD.ID

JD.ID juga berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman berbelanja, yaitu menyediakan produk asli dan premium, harga kompetitif, dan pengiriman yang cepat. Keunggulan yang dimiliki oleh JD.ID adalah:

Perlindungan Konsumen

JD.ID akan mengembalikan uang secara penuh, jika produk yang dibeli konsumen tidak sesuai deskripsi.

Jaminan Pengiriman Barang

JD.ID juga akan mengembalikan uang secara penuh, jika barangnya tidak terkirim.

Sistem Pembayaran yang Aman

JD.ID menyediakan metode pembayaran yang aman bagi para konsumennya.

Respon yang Cepat

Pertanyaan para konsumen akan ditanggapi dengan cepat selama 24 jam.

Jaminan Keaslian Produk

JD.ID juga menjamin keaslian produknya yang 100% orisinil.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menjadi seller JD.ID. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuat website atau akun media sosial untuk berjualan. Kamu hanya cukup mendaftar di laman resmi JD.ID.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait