Memahami Pengertian Analisis SWOT dalam Dunia Bisnis

pengertian analisis swot
pengertian analisis swot

Ajaib.co.id – Apakah kamu familiar dengan analisis SWOT? Pengertian analisis SWOT adalah perencanaan atau strategi dalam suatu projek yang sedang berlangsung.

SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Analisis SWOT diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey pada 1960 silam. Saat itu, ia sedang mengerjakan riset di Stanford Research Institute dan menggunakan berbagai data perusahaan Fortune 500.

Analisis SWOT sendiri menjadi suatu perencanaan untuk mengevaluasi proyek baru atau sedang berlangsung, termasuk di dalam dunia bisnis.

Hasilnya pun bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk perusahaan atau pihak yang melakukan analisa terhadap pengembangan proyek atau bisnis.

Selain itu, analisis SWOT juga digunakan sebagai pedoman untuk melihat situasi atau kondisi yang sedang terjadi.

Pengertian Analisis SWOT dan Komponennya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, analisis SWOT adalah singkatan dari empat komponen untuk menyusun sebuah strategi atau perencanaan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai empat komponen yang terdapat di dalam analisis SWOT:

Strength

Strength merupakan kekuatan untuk melihat suatu kondisi yang dianggap bisa menjadi kekuatan perusahaan.

Pada tahap ini, kekuatan dianggap sebagai salah satu kelebihan yang dapat memberikan perbedaan dengan para pesaing bisnis lainnya.

Selain itu, kekuatan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan segmentasi pasar.

Weakness

Weakness merupakan analisis dalam suatu kondisi atau situasi yang dianggap menjadi kelemahan bagi perusahaan.

Misalnya, terdapat beberapa kendala yang menghalangi perusahaan untuk berkembang.

Opportunities

Perusahaan juga harus melakukan analisis kondisi yang dapat memberikan kemudahan untuk kemajuannya.

Misalnya, mencari berbagai inovasi yang bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan di masa mendatang.

Threats

Threats merupakan tujuan untuk menganalisis sebuah ancaman. Caranya adalah mengetahui berbagai hal yang bisa saja terjadi serta mengancam kehadiran perusahaan.

Komponen ini juga menjadi tantangan yang wajib dihadapi oleh setiap perusahaan saat menjalankan bisnisnya.

Maka dari itu, perusahaan juga bisa mengantisipasi, mencegah, dan mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Manfaat dari Analisis SWOT

Meskipun sudah dikenal lama, namun analisis SWOT masih dijadikan sebagai teknik strategi yang digunakan oleh para pebisnis.

Saat empat komponen di atas diterapkan, maka nantinya akan ada kemudahan dalam meraih tujuan perusahaan untuk berkembang secara optimal.

Namun, ada hal lain yang harus diperhatikan oleh para pebisnis, yaitu analisis SWOT dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Berikut ini adalah penjelasannya:

Faktor Internal

Faktor ini terdiri dari kekuatan dan kelemahan, di mana kedua komponen tersebut memiliki dampak yang lebih baik di dalam penelitian. Ada beberapa bagian yang terdapat di dalam faktor internal, yakni:

  • Sumber daya.
  • Keuangan.
  • Kelebihan atau kelemahan organisasi internal.
  • Pengalaman di organisasi sebelumnya.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal tidak terlibat langsung dalam perusahaan, namun berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan. Inilah beberapa poin yang termasuk ke dalam faktor eksternal:

  • Tren.
  • Sosial politik, ideologi, budaya, dan perekonomian.
  • Peraturan dari emerintah.
  • Perkembangan dari teknologi.
  • Peristiwa.
  • Lingkungan sekitar.

Cara Melakukan Analisis SWOT

Kamu harus mengumpulkan tim untuk melakukan analisa SWOT. Kemudian, kamu juga tidak perlu melakukan analisis setiap hari, karena hanya membutuhkan satu hingga dua jam saja.

Agar melakukan analisis SWOT, kamu harus mengumpulkan orang dari beberapa bagian perusahaan. Lalu, pastikan juga kamu memiliki perwakilan dari setiap bagian tersebut.

Analisis SWOT juga dapat mengetahui cara yang benar atau salah ketika menjalankan suatu aktivitas. Kamu juga disarankan meminta orang untuk mencatat dan memberikan idenya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan agar seluruh suara dapat didengar.

Setelah itu, kamu bisa meletakkan seluruh catatan dan menempelnya di dinding. Kamu juga bisa mengizinkan siapa pun untuk menambah catatan jika ada ide yang baru.

Setelah semua ide dikumpulkan, sudah saatnya kamu menentukan tingkatan ide. Gunakanlah sistem pemungutan suara di mana mereka memperoleh beberapa suara yang dibagikan.

Tujuan Analisis SWOT

Analisis SWOT bertujuan untuk mencari berbagai aspek penting dari keempat komponennya. Kemudian, analisis ini diharapkan bisa menghasilkan berbagai peluang di masa mendatang.

Kamu juga harus mengingat, bahwa analisis SWOT hanyalah alat yang berfungsi untuk menjelaskan situasi yang sedang dan akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi.

Strategi Analisis SWOT

Strategi analisis SWOT bisa kamu terapkan dengan cara analisis dan menentukan beberapa hal yang mempengaruhi keempat faktor di atas. Kemudian, kamu bisa menuangkannya di dalam gambar matriks SWOT.

Jika kamu sudah membuat daftarnya, berikut ini adalah strategi yang bisa kamu terapkan:

  • Bagaimana strength dapat menghasilkan keuntungan dari peluang yang ada.
  • Bagaimana kamu bisa mengatasi weakness yang akan menghambat perolehan keuntungan dari peluang yang ada saat itu.
  • Bagaimana strength bisa menghadapi berbagai rintangan atau hambatan yang ada nantinya.
  • Bagaimana mengatasi weakness yang bisa menimbulkan ancaman baru di masa mendatang.

Strategi Analisis SWOT untuk Perusahaan atau Usaha

Sesuai penilaian analisis SWOT, berikut ini adalah beberapa strategi yang potensial untuk perkembangan perusahaan atau usaha:

  • Menyelidiki investor. Perusahaan bisa menyelidiki investor untuk memperoleh modal.
  • Menyusun rencana perusahaan. Sebab, perusahaan ingin menerapkan strategi pemasaran. Kemudian, perusahaan juga harus mengembangkan rencananya di masa mendatang.
  • Membuat grand opening. Poin paling penting dalam pemasaran adalah membuka toko perdana dan promosi agar mendapatkan target pasar.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian analisis SWOT. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui pentingnya analisis SWOT untuk perusahaan atau bisnismu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait