Banking

SWIFT Code BCA untuk Transfer Antar Negara yang Aman

SWIFT Code BCA untuk Transfer Antar Negara yang Aman

Keberadaan internet membuat dunia terasa lebih luas tanpa batasan negara lagi. Hal ini juga berlaku pada transaksi dunia perbankan. Jika dulu jarang orang yang harus melakukan transaksi transfer uang antar bank dan negara maka sekarang sudah banyak orang yang melakukannya. 

Kebanyakan orang menggunakan Western Union atau Paypal untuk kebutuhan transfer antar negara. Namun sebenarnya kamu juga bisa kok melakukan transfer seperti biasa, namun antar bank mancanegara. Untuk itu, maka dibutuhkan SWIFT code selain nomor rekening penerima dana. Kode ini biasanya diletakkan di depan nomor rekening penerima dalam data transaksi. 

SWIFT, singkatan dari Society for World-wide Interbank Financial Telecommunications, adalah kode unik bank yang berlaku secara internasional. Kode ini terdiri dari 8 sampai 11 huruf kapital yang merupakan identitas bank serta cabangnya. Kode yang juga dikenal dengan istilah codes BIC atau Bank Identifier Code ini menghubungkan sekitar 11.000 lembaga perbankan di banyak negara. 

SWIFT Code BCA

Masyarakat banyak memilih Bank BCA karena aksesibilitasnya yang tinggi untuk berbagai kebutuhan termasuk trasfer luar negeri. Penting sekali untuk mengetahui code swift BCA agar transaksi yang akan dilakukan aman dan lancar. Sebab kode ini adalah syarat utama agar tranfer sukses dilakukan. 

Apalagi jika pekerjaanmu sering berhubungan dengan klien luar negeri seperti bisnis pakaian atau freelancer IT. Kemungkinan orang akan bertanya mengenai kode swift rekeningmu tentunya sangat tinggi untuk melakukan pembayaran. Kalau kamu adalah pengguna rekening BCA maka berikut adalah kode yang wajib kamu hapalkan di luar kepala. 

SWIFT Code BCA: CENAIDJA

Penggunaan kode ini sangat aman dan terjamin karena nasabah tidak akan merugi. Swift hanyalah jalur penghubung yang tidak memiliki akses atas informasi maupun uang yang kamu transfer. Kode ini hanyalah identitas bank di skala internasional yang memastikan transfer tersampaikan jauh lebih efisien. Darimana pun asal negara pengirim dana dipastikan akan sampai asalkan kode yang dipakai tepat sesuai dengan rekening bank milikmu.

Biaya transfer antar bank luar negeri BCA

Transfer antar bank dengan swift code menjadi salah satu opsi paling gampang dibandingkan menggunakan Paypal maupun WU. Apalagi kalau kamu tidak terlalu mengerti sistem internet banking atau memiliki kartu kredit, yang menjadi syarat kepemilikan Paypal. Hanya butuh kode SWIFT dan nomor rekening maka dana bisa diterima tanpa repot-repot.

Meski demikian, ada sejumlah biaya yang dikenakan oleh bank untuk setiap tranfer mancanegara yang dilakukan atau diterima. Besarannya berbeda tergantung bank dan negaranya. Penerapannya juga menggunakan kurs rekening asal sehingga jangan lupa mengkalkulasinya ya. Banyak kasus dana yang sampai akhirnya kurang dan tidak sesuai seharusnya karena pengirim tidak memperhitungkan biaya transfernya. 

Untuk setiap kiriman dana dari luar negeri maka Bank BCA akan mengenakan biaya administrasi sebesar $5 atau berkisar Rp70.000. Biaya tersebut kemungkinan masih bisa ditambah dengan biaya korespondensi tergantung bank pengirimanya. Besaran juga lebih besar dari biaya administrasi yakni $30 sampai $70 atau berkisar Rp400.000 sampai Rp1 juta. 

Bacaan menarik lainnya:

Darmawi, H. (2012). Manajemen Perbankan.Jakarta: PT Bumi Aksara
Bank Sumsel Babel Syariah. (2014). Buku Pedoman Bank Sumsel Babel Cabang syariah. Bank Sumsel Babel Syariah: Palembang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait