Banking

SWIFT Code BCA untuk Transfer Antar Negara yang Aman

SWIFT Code BCA untuk Transfer Antar Negara yang Aman

Ajaib.co.id – Keberadaan internet membuat dunia terasa lebih luas tanpa batasan negara lagi. Hal ini juga berlaku pada transaksi dunia perbankan. Jika dulu jarang orang yang harus melakukan transaksi transfer uang antar bank dan negara maka sekarang sudah banyak orang yang melakukannya. Salah satunya dengan teknologi Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau disingkat SWIFT code. Teknologi satu ini sudah dimiliki oleh bank BCA atau Bank Central Asia dengan teknologi Swift code BCA.

Kebanyakan orang menggunakan Western Union atau Paypal untuk kebutuhan transfer antar negara. Namun sebenarnya kamu juga bisa kok melakukan transfer seperti biasa, namun antar bank mancanegara. Untuk itu, maka dibutuhkan SWIFT code selain nomor rekening penerima dana. Kode ini biasanya diletakkan di depan nomor rekening penerima dalam data transaksi. 

Apa itu Swift Code?

SWIFT, singkatan dari Society for World-wide Interbank Financial Telecommunications, adalah kode unik bank yang berlaku secara internasional. Kode ini terdiri dari 8 atau 11 karakter berupa huruf dan angka yang merupakan identitas bank serta cabangnya. Kode yang juga dikenal dengan istilah codes BIC atau Bank Identifier Code ini menghubungkan sekitar 11.000 lembaga perbankan di banyak negara. 

Awalnya, kode SWIFT ini diciptakan untuk menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di seluruh dunia. SWIFT sendiri merupakan sebuah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekutitas dan juga nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia.

SWIFT menghubungkan dan membantu menyediakan berbagai informasi keuangan yang akan dibutuhkan berbagai transaksi yang dilakukan para anggotanya. Di mana, seluruh pertukaran informasi vital yang terjadi berada dalam lingkungan yang aman dan terjamin dari berbagai tindak penyalahgunaan atau kejahatan keuangan.

Di dalam prosesnya, SWIFT akan memberikan sejumlah kode yang kemudian menjadi identitas dari sebuah bank atau lembaga sekuritas yang menjadi anggotanya. Teknologi satu ini akan menjadi penghubungan antara dua atau lebih bank yang memiliki kepentingan transaksi keuangan, seperti kegiatan transfer antar negara.

SWIFT juga berfungsi sebagai pembawa pesan dan juga berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan dalam transaksi keuangan, di mana berbagai informasi dan data tersebut akan dijamin keamanan dan juga kerahasiaannya oleh SWIFT. Dengan teknologi ini, maka bisa mengurangi risiko operasional, menekan besaran biaya, serta mengoptimasi dan menstandarisasi transaksi keuangan yang terjadi. Hal ini tentu akan sangat membantu terjadinya sebuah kegiatan transaksi keuangan yang lebih efektif dan terjamin.

Fungsi SWIFT CODE

Kode SWIFT bank berguna untuk melakukan transaksi keuangan online secara internasional. Jika kamu ingin mengirim atau menerima uang dari luar negeri, baik melalui transfer bank maupun kartu kredit, maka kamu perlu kode ini untuk memverfikasinya.

Tanpa adanya kode SWIFT, maka proses transferan akan gagal.  Kamu bisa menemukan kode ini di depan nomor rekening bank [Kode SWIFT + nomor rekening bank tujuan transfer].  

Kode SWIFT menjadi identitas sebuah bank di dalam berbagai transaksi keuangan yang dilakukan secara internasional. Kode yang diterapkan dalam SWIFT akan berbeda antara satu dengan lainnya, sehingga bisa membantu melakukan identifikasi dengan lebih mudah dan praktis.

Kode ini juga akan sangat membantu dan membuat transaksi keuangan atau transfer dana ke luar negeri atau sebaliknya berjalan dengan aman dan efisien. Hampir semua kegiatan perbankan yang terjadi antara bank yang berbeda negara akan membutuhkan kode SWIFT, sehingga proses transaksi keuangan yang dilakukan berjalan lebih cepat dan aman.

Kode SWIFT BCA

Masyarakat banyak memilih Bank BCA karena aksesibilitasnya yang tinggi untuk berbagai kebutuhan termasuk trasfer luar negeri. Penting sekali untuk mengetahui code swift BCA agar transaksi yang akan dilakukan aman dan lancar. Sebab kode ini adalah syarat utama agar tranfer sukses dilakukan. 

Apalagi jika pekerjaanmu sering berhubungan dengan klien luar negeri seperti bisnis pakaian atau freelancer IT. Kemungkinan orang akan bertanya mengenai kode swift rekeningmu tentunya sangat tinggi untuk melakukan pembayaran. Kalau kamu adalah pengguna rekening BCA maka berikut adalah kode yang wajib kamu hapalkan di luar kepala. 

Kode SWIFT Bank BCA: CENAIDJA

Penggunaan kode ini sangat aman dan terjamin karena nasabah tidak akan merugi. Swift hanyalah jalur penghubung yang tidak memiliki akses atas informasi maupun uang yang kamu transfer. Kode ini hanyalah identitas bank di skala internasional yang memastikan transfer tersampaikan jauh lebih efisien. Darimana pun asal negara pengirim dana dipastikan akan sampai asalkan kode yang dipakai tepat sesuai dengan rekening bank milikmu.

Selain BCA, di bawah ini adalah SWIFT Code Bank di Indonesia yang perlu kamu ketahui

  1. Bank ABN AMRO : ABNAIDJA
  2. Bank Haga : HAGAIDJA
  3. Bank Artha Graha: ARTGIDJA
  4. Bank Bangkok: BKKBIDJA
  5. Bank Bumiputera Indonesia: BUMIIDJA
  6. Bank Bumi Arta Indonesia: BBAIIDJA
  7. Bank Buana Indonesia: BBIJIDJA
  8. Bank Bukopin: BBUKIDJA
  9. Bank BNP Paribas Indonesia: BNPAIDJA
  10. Bank Central Asia (BCA): CENAIDJA
  11. Bank Chinatrust Indonesia: CTCBIDJA
  12. Bank of China, Jakarta Branch: BKCHIDJA
  13. Bank Commonwealth: BICNIDJA
  14. Bank Danamon: BDINIDJA
  15. Bank Deutsche AG: DEUTIDJA
  16. Bank DBS Indonesia: DBSBIDJA
  17. Bank Ekspor Indonesia: BEXIIDJA
  18. Bank Ekonomi Raharja: EKONIDJA
  19. Bank Finconesia: FINBIDJA
  20. Bank HSBC : HSBCIDJA
  21. Bank Indonesia: INDOIDJA
  22. Bank Internasional Indonesia (BII): IBBKIDJA
  23. Bank Kesawan: AWANIDJA
  24. Bank Lippo : LIPBIDJA
  25. Bank Mandiri: BMRIIDJA
  26. Bank Maybank Indocorp: MBBEIDJA
  27. Bank Mega: MEGAIDJA
  28. Bank Mizuho Indonesia: MHCCIDJA
  29. Bank NISP: NISPIDJA
  30. Bank Niaga: BNIAIDJA
  31. Bank Negara Indonesia (BNI): BNINIDJA
  32. Bank OCBC Indonesia: OCBCIDJA
  33. Bank Permata: BBBAIDJA
  34. Bank Pan Indonesia: PINBIDJA
  35. Bank Rabobank International Indonesia: RABOIDJA
  36. Bank Resona Perdania: BPIAIDJA
  37. Bank Rakyat Indonesia (BRI): BRINIDJA
  38. Bank Sumitomo Mitsui Indonesia: SUNIIDJA
  39. Bank Swadesi: SWBAIDJA
  40. Bank Syariah Mandiri: BSMDIDJA
  41. Bank Tabungan Negara (BTN): BTANIDJA
  42. Bank UFJ Indonesia (formerly Bank Sanwa Indonesia): SAINIDJA
  43. Bank UOB Indonesia: UOBBIDJA
  44. Bank Woori Indonesia: HVBKIDJA 

Biaya transfer antar bank luar negeri BCA

Transfer antar bank dengan swift code menjadi salah satu opsi paling gampang dibandingkan menggunakan Paypal maupun WU. Apalagi kalau kamu tidak terlalu mengerti sistem internet banking atau memiliki kartu kredit, yang menjadi syarat kepemilikan Paypal. Hanya butuh kode SWIFT dan nomor rekening maka dana bisa diterima tanpa repot-repot.

Meski demikian, ada sejumlah biaya yang dikenakan oleh bank untuk setiap tranfer mancanegara yang dilakukan atau diterima. Besarannya berbeda tergantung bank dan negaranya. Penerapannya juga menggunakan kurs rekening asal sehingga jangan lupa mengkalkulasinya ya. Banyak kasus dana yang sampai akhirnya kurang dan tidak sesuai seharusnya karena pengirim tidak memperhitungkan biaya transfernya. 

Untuk setiap kiriman dana dari luar negeri maka Bank BCA akan mengenakan biaya administrasi sebesar $5 atau berkisar Rp70.000. Biaya tersebut kemungkinan masih bisa ditambah dengan biaya korespondensi tergantung bank pengirimanya. Besaran juga lebih besar dari biaya administrasi yakni $30 sampai $70 atau berkisar Rp400.000 sampai Rp1 juta. 

Artikel Terkait