Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik, Cocok untuk Bisnis

Akuntansi
Akuntansi

Usaha kecil biasanya dirintis oleh sekelompok teman hanya bermodalkan ide dan niatan untuk terjun ke dunia bisnis. Kebanyakan pengusaha muda seringkali tak punya latar belakang ilmu ekonomi yang memadai. Hal ini terasa bukan masalah di awal ketika angka penjualan terasa menjanjikan.

Namun, ketika usaha berjalan, mereka keteteran mengatur keuangan usaha patungan itu. Kebanyakan usaha gagal di tahun kedua karena tata kelola akuntansi yang buruk sehingga modal tak berputar. Banyak pula kongsi usaha kecil yang bubar karena masalah soal keuangan yang akhirnya merembet ke mana-mana.

Untuk itulah maka dibutuhkan sistem akuntasi yang tepat untuk usahamu bisa terjalan baik dan menguntungkan. Sistem akuntansi adalah kunci untuk menentukan strategi keuangan dengan laporan detail soal modal, biaya lain dan keuntungan per bulan. Bagi pengusaha muda yang mengalami hal ini, bisa mencoba menggunakan software akuntansi.

Kemajuan teknologi menyediakan kita banyak fasilitas termasuk bantuan pembukuan keuangan dalam bentuk aplikasi. Software akuntansi banyak tersedia baik yang gratis maupun berbayar. Fitur yang diberikan sudah sangat cukup untuk usaha skala kecil yang kita jalankan.

Rekomendasi Software Akuntansi yang Cocok untuk Usaha Kecil

1.      QuickBooks Online

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat laporan keuangan termasuk penjualan, pembelian, utang piutang, inventory, laba rugi, dan neraca keuangan. Harga berlangganannya juga cukup terjangkau untuk pemilik usaha kecil yaitu Rp200.000 sampai Rp400.000 per bulan.

Kelebihan dari program ini adalah transaksi pendapatannya bisa dikelompokkan berdasarkan proyek dan lokasinya. Kemudahan ini membuat penyusunan laporan bisa dilakukan baik lewat komputer, laptop, tablet dan smartphone dari mana saja lewat koneksi internet. Keamanannya juga sangat terjamin dan tersedia backup data keuangan.

2.      SQL Ledger

Program ini tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar. Pemilik usaha kecil atau UKM rasanya sudah cukup dengan veri gratis yang memuat sistem entry ganda. Fiturnya juga lengkap termasuk point of sales, packing list, purchase order, dll.

Software berbasis sistem ERP web ini bisa dipakai di Linuc, MAC, Windows dan dilengkapi dengan sistem remote. Versi berbayarnya memiliki fitur tambahan seperti barcode, label printing, dan invoice consolidation. Selain itu, program ini juga hanya memiliki pilihan Bahasa Inggris.

3.      Zahir Accounting

Software ini menjadi salah satu program akuntansi paling populer diantara pemilik usaha kecil. Aplikasi online ini bisa dimiliki dengan berbagai fiturnya dengan harga Rp2,2 juta. Kelebihan dari program ini adalah sistem real time melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. Beberapa pembukuan yang bisa dilakukan antara lain utang piutang, laporan kas, tabungan, pembelian, dan penjualan barang.

4.      Akuntansi Jurnal

Keunggulan program ini adalah sistem keamanannya yang berbasis enkripsi. Ada berbagai tipe dengan fitur dan harga yang berbeda untuk memilikinya, kisaran Rp149.000 sampai Rp399.000.

Harganya sangat terjangkau bagi wirausahawan pemula dengan kemudahan yang diberikan. Berbagai fitur utamanya antara lain pembuatan invoice, faktur penjualan, surat jalan profesional, aktivitas bisnis real time, dan online chat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait