Tips Pembukuan untuk Usaha Kecil-Kecilan ala Mahasiswa

Tips Pembukuan untuk Usaha Kecil-Kecilan ala Mahasiswa
Tips Pembukuan untuk Usaha Kecil-Kecilan ala Mahasiswa

Tren entrepreneur di kalangan mahasiswa belakangan ini semakin berkembang. Banyak mahasiswa yang semakin berani merintis bisnis dengan berjualan makanan, minuman, hingga karyanya. Produk yang ditawarkan mahasiswa biasanya dikemas dengan menarik dan ide yang tak biasa. 

Kelebihan ini sayangnya tidak dibarengi dengan sistem pembukuan bisnis yang matang. Karena itu banyak bisnis mahasiswa yang kemudian mati di tengah jalan karena hal ini. Banyak yang hanya fokus pada modal dan pemasukan saja tanpa memahami aspek lainnya. Padahal sangat penting untuk memahami omzet dan biaya yang dikeluarkan selama menjalankan bisnis.

Bisnis kecil-kecilan tetap saja perlu pembukuan keuangan yang akurat apalagi ketika jumlah transaksi semakin besar. Pencatatan cash flow yang akurat juga membantu mengetahui profit untuk pertimbangan mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Kalau kamu saat ini sedang merintis usaha kecil-kecilan maka hal ini wajib dipahami dan dipraktikkan. 

Pembukuan keuangan memang terkesan rumit dan membingungkan sehingga banyak wirasaha menghindarinya sampai akhirnya terlambat. Pembukuan wajib dilakukan sejak awal pertama kali bisnis dilakukan. Kalau belum memiliki pengetahuan yang memadai, paling tidak ada pembukuan sederhana yang harus sudah kamu susun sejak awal. Berikut adalah tips membuat pembukuan sederhana bagi usaha kecil-kecilan termasuk bisnis mahasiswa sepertimu.

Buku kas pengeluaran

Salah satu aspek utama yang wajib ada dalam pembukuan keuanganmu adalah buku kas pengeluaran atau belanja. Berbagai pengeluaran seperti belanja bahan baku, operasional, upah karyawan, pajak, dll harus dicatat detail dan tanpa terkecuali. Kelompokkan dalam satu tabel atau catatan terpisah agar kamu paham berapa modal yang dikeluarkan untuk bisnis yang dijalani.

Buku kas pemasukan

Aspek wajib berikutnya adalah buku kas pemasukan untuk mencatat hasil penjualan dan pemasukan dalam usaha yang dijalankan. Catat dalam tabel terpisah berbagai pemasukan seperti hasil penjualan produk atau piutang yang sudah dibayar. Pastikan catatan pemasukan ini rutin dilakukan setiap hari agar bisa diketahui jumlah keuntungan yang didapat. Pencatatan pemasukan rutin juga bisa membaca tren penjualan produkmu untuk mengambil strategi penjualan berikutnya. 

Buku kas utama

Buku kas utama adalah gabungan dari tabel kas pemasukan dan pengeluaran yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan demikian, kamu akan bisa mengetahui detail keuntungan dan kerugian bisnis milikmu. Kalau misalnya rugi, bisa dilihat apakah ada pengeluaran yang bisa dipangkas. Jika pemasukannya kurang maksimal, bisa dicarikan alternatif strategi marketing menggejot penjualnnya. Buku kas utama juga membantumu melihat apabila ada kebocoran dana atau biaya tak terduga yang harus ditanggulangi. 

Paling tidak buatlah pembukuan sederhana dengan tiga tips di atas untuk bisnismu. Di mana, dengan adanya pembukuan, meski pembukuan simpel, seluruh transaksi yang tercatat bisa menjadi acuan cash flow dan membantu pengembangan usaha yang kamu jalankan. Untuk memuilainya, kamu bisa mulai dengan pencatatan pengeluaran dan pemasukan untuk mengetahui berapa banyak uang keluar dan uang masuk dalam satu periode, misalnya bulanan.

Nah, bagi kamu yang sudah tidak bisa melakukan secara manual, karena banyaknya transaksi, kamu bisa menggunakan software akuntansi yang bisa membantu menyusun pembukuan yang rutin dan detail. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak membuat pembukuan keuangan ya!

Bacaan menarik lainnya:

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015).Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta: Salemba Empa


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait