Pengertian Jurnal Akuntansi Keuangan yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian Jurnal Akuntansi Keuangan yang Harus Kamu Ketahui
Pengertian Jurnal Akuntansi Keuangan yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian jurnal akuntansi merupakan catatan yang berisi data transaksi, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran dari suatu perusahaan. Dalam ilmu akuntansi, jurnal bukanlah istilah yang asing bagi sebagian orang. Setiap badan usaha atau organisasi pastinya memiliki jurnal akuntansi. Dengan adanya jurnal akuntansi, kamu akan tahu betapa pentingnya jurnal ini di dalam akuntansi.

Jurnal juga disebut dengan “Books of Original Entry“, di mana seluruh transaksi beserta pemasukan dan pengeluaran dicatat dalam jurnal. Dalam suatu organisasi, jurnal akuntansi memiliki peran yang sangat penting. Seluruh transaksi keuangan bakal dicatat di dalam jurnal secara rinci, sehingga proses pendataannya lebih mudah.

Setelah mengetahui pengertian jurnal akuntansi, kamu juga harus memahami jenis jurnal yang ada di dalam jurnal akuntansi, yaitu.

Jurnal Umum

Jurnal umum merupakan jurnal akuntansi yang berfungsi untuk mencatat setiap transaksi dalam perusahaan yang tidak dicatat di dalam jurnal khusus. Jika perusahaan memiliki catatan transaksi yang tidak terlalu banyak, maka jurnal umum biasanya memiliki kolom dalam jumlah yang cukup sedikit. Jurnal umum dengan penggunaan kolom debit dan kredit sudah cukup untuk mencatat akuntansi pertama. Terdapat beberapa kolom yang harus kamu cantumkan di dalam jurnal umum, yaitu:

a. Kolom Tanggal

Kolom tanggal diisi untuk mencatat kapan suatu transaksi telah dilakukan. Pencatatan di kolom tanggal harus dilakukan secara lengkap sesuai urutan terjadinya suatu transaksi.

b. Kolom Keterangan

Dalam kolom keterangan, kamu bisa memasukkan data ke buku jurnal dengan keterangan lengkap yang berkaitan dengan suatu transaksi yang dilakukan. Misalnya, kamu mencantumkan nama rekening transaksi dan menjelaskan transaksinya secara ringkas.

c. Kolom Nomor Bukti

Kolom nomor bukti harus diisi dengan catatan nomor formulir yang berasal dari sumber yang digunakan sebagai dasar pencatatan transaksi di jurnal.

d. Kolom Nomor Rekening

Kolom nomor rekening berisi data nomor rekening untuk transaksi yang masuk dan nomor rekening untuk transaksi yang keluar.

e. Kolom Debit dan Kredit

Kolom debit dan kredit digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang masuk dan transaksi yang keluar dalam jumlah rupiah.

Jurnal Khusus

Saat perusahaan makin berkembang, maka transaksi yang dilakukan juga semakin banyak. Sehingga, penggunaan jurnal umum sudah tidak memadai lagi untuk mencatat jumlah transaksi yang masuk dan keluar. Untuk memudahkan pencatatan, dibuatlah jurnal khusus yang luas. Selain itu, kolomnya juga lebih banyak.

Jurnal khusus dengan kolom yang banyak akan membantu kamu untuk menghemat waktu pencatatan dari setiap transaksi yang masuk. Ketelitian pencatatan di buku pembantu juga akan lebih mudah dilakukan. Dalam membuat jurnal khusus, ada beberapa prinsip dasar yang menjadi landasan dari perancangan jurnal. Berikut ini adalah prinsip-prinsipnya:

a. Jumlah Jurnal yang Memadai

Jurnal akuntansi dari suatu perusahaan harus tersedia dalam jumlah yang memadai, sehingga karyawannya dapat mencatat transaksi keuangan dengan cepat.

b. Memisahkan Suatu Transaksi

Jurnal akuntansi juga digunakan untuk memisahkan suatu transaksi ke dalam penggolongan atau kategori tertentu. Misalnya, penerimaan kas, pembelian, hingga penjualan.

c. Mengurangi Pembukuan

Untuk memudahkan proses pendataan, jurnal akuntansi dibuat dengan menggunakan kolom-kolom khusus dalam jurnal.  Kolom-kolom tersebut akan membuat pembukuan jumlah per kolomnya ke dalam rekening yang ada di buku besar.

d. Nama Kolom Harus Sesuai dengan Rekening

Dalam pencatatan di jurnal akuntansi, nama kolom jurnal akuntansi harus disesuaikan dengan nama rekening di buku besar. Sehingga, proses penerimaan jumlah yang akan dimasukkan ke buku besar jadi lebih mudah dilakukan.

e. Meringkas Angka ke Buku Besar

Seluruh kolom yang dibuat dalam jurnal ditujukan untuk memudahkan proses pemindahan ke buku besar menjadi lebih mudah.

Itulah pengertian jurnal akuntansi keuangan yang perlu kamu ketahui. Kamu harus memahami jurnal akuntansi keuangan jika bergerak di ruang lingkup akuntansi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait