Jangan Diremehkan, Ini Fungsi Jurnal Umum Akuntansi

jurnal-umum-akutansi
jurnal umum akutansi

Jurnal umum akuntansi merupakan sebuah pencatatan yang digunakan untuk perusahaan untuk melihat laporan keuangan, serta laba dan rugi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.

Jurnal umum akuntansi digunakan untuk beberapa perusahaan seperti perusahaan dagang maupun perusahaan jasa. Sedangkan metode pencatatannya bersifat berurutan sesuai dengan waktu transaksi.

Dengan adanya jurnal umum akuntansi, semua transaksi yang terjadi di perusahaan akan dibukukan secara lengkap. Sehingga alur keuangan dan anggaran perusahaan dapat dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan arus kas.

Sistem pencatatan yang dilakukan pada jurnal umum akuntansi bersifat berurutan sesuai dengan waktu transaksi. Seluruh transaksi yang dilakukan oleh perusahaan akan dibukukan secara lengkap dan terperinci dalam proses jurnal ini.

Kondisi keuangan perusahaan dapat diketahui secara lebih rinci dengan jurnal umum akuntansi. Berikut 5 fungsi jurnal umum akuntansi dan penjelasannya:

Historis

Fungsi historis merupakan fungsi pencatatan yang dilakukan secara berurut dan dapat dilihat berdasarkan tanggal awal pencatatan tersebut. Ini kemudian menunjukkan bahwa jurnal umum akuntansi memiliki kronologis yang jelas dan berurutan.

Pencatatan

Fungsi pencatatan merupakan salah satu fungsi dari jurnal umum akuntasi, di mana dalam pencatatan terlihat secara detail alur keuangan atau anggaran perusahaan. Ini menjadi penting untuk memastikan kondisi keuangan terpantau dengan baik.

Analis

Fungsi analisis merupakan sebuah fungsi yang tak kalah pentinga dalam jurnal umum akuntasi. Analisis nantinya dijadikan patokan dalam menentukan debit dan kredit di buku besar. Selain itu, nominal dan besaran juga akan menentukan penjumlahan dalam buku besar.

Instuktif

Fungsi instuktif menunjukkan adanya pengkreditan dalam buku besar sesuai dengan jurnalnya. Jika tidak sesuai dalam jurnal umum, maka nantinya dalam penulisan di buku besar akan salah dan terus merembet dalam serangkaian pelaporannya.

 Informatif

Dalam setiap bukti transaksi yang dilakukan, akan disertai dengan keterangan-keterangan, di mana ini akan menunjukkan penggunaan secara gambling.

Nah, kamu mungkin sudah paham dengan fungsi jurnal umum akuntasi. Lalu bagaimana menuliskan atau mengaplikasikan jurnal umum dalam sebuah buku? Simak step by step ini :

Jurnal umum terdiri dari tanggal, nama akun, referensi, debit dan kredit. Cara mengisinya juga harus berturut dengan tanggal transaksi sehingga memiliki kronologis yang berurutan.

Jika kamu pengusaha bisnis, ada beberapa acra mudah untuk membuat jurnal akuntansi. Pembukuan akuntansi pada bisnis wajib dilakukan, tahapan awal dalam menjalankan pembukuan akuntansi ini adalah penjurnalan.

Membuat jurnal umum akuntansi yang layak bagi bisnis kecil adalah dengan mengetahui dua elemen dasar yang ada pada laporan keuangan, yakni neraca dan laba rugi. Terdapat tiga elemen yang mempengaruhi keduanya.

 Aktiva= hutang + modal

Aktiva merupakan kekayaan yang dimiliki dalam hal ini adalah usaha kamu. Sedangkan utang adalah kewajiban usaha jika memiliki hutang, dan modal adalah sumber yang digunakan untuk melakukan kegiatan usaha, baik berasal dana investasi ataupun dari laba usaha.

Dalam proses pembuatan jurnal akuntansi yang sesuai dengan bisnis kecil, kamu juga perlu memperhatikan perihal laba dan rugi. Laba dan rugi ini mempunyai dua elemen penting yakni pendapatan dan pengeluaran. kamu harus mencatat berapa banyak pendapatan yang diperoleh dan berapa pengeluaran yang terjadi dalam beberapa periode.

Itulah beberapa cara mudah dalam membuat jurnal akuntansi yang untuk emndukung pembukuan usaha kecil kamu. Namun, jika kamu merasa dengan membuat laporan keuangan berbentuk akuntansi sangat menyulitkan bagi kamu, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi Accurate dalam membuat penjurnalan usaha.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait