Tips Dekorasi Ruang Tamu untuk Budget Terbatas

tips dekorasi ruang tamu

Dekorasi ruang tamu, umumnya butuh biaya super besar agar ruang tamu terlihat nyaman. Berbagai furnitur dengan harga yang fantastis pun nyatanya harus dibeli agar dekorasi ruang tamu semakin memukau. Namun, sebenarnya ada tips dekorasi ruang tamu untuk kamu yang tidak berkantung tebal.

Saat ini dekorasi ruang tamu minimalis sangat digemari, terutama untuk para milenial. Selain harganya yang sesuai budget. Dekorasi ruang tamu minimalis juga menunjukkan sisi modern pemilik rumah. Lalu, bagaimana tips dekorasi ruang tamu untuk budget terbatas? Simak ulasan berikut ini.

Tentukan Budget

Menentukan budget untuk dekorasi ruang tamu kamu cukup penting, karena jika kamu tidak melakukan perhitungan secara pasti maka biaya yang kamu keluarkan akan semakin membengkak. Menentukan budget juga penting untuk membatasi belanja furnitur kamu agar tidak berlebihan. 

Persiapan dalam menentukan budget dekorasi dapat kamu lakukan dengan menakar kemampuan kamu terlebih dahulu, dan kemudian kamu dapat menyisihkan sebagian uang kamu untuk dialokasikan pendekoran ini.

Saat ini sudah banyak produk bank atau jasa interior desain yang menawarkan dekorasi rumah dengan biaya yang dapat dicicil. Sehingga kamu tidak perlu repot melakukan seluruhnya sendiri.

Tentukan Konsep

Dalam melakukan dekorasi ruang tamu hal yang tak kalah penting adalah menentukan konsep. Konsep dekorasi ruang tamu mencakup model yang ingin kamu ciptakan. Misalkan saja minimalis, retro, vintage, oriental, etnik dan lain sebagainya. 

Untuk model mininalis, kamu tidak perlu repot dalam menentukan interior yang kamu inginkan. Umumnya dekorasi minimalis menggunakan warna-warna gradasi dengan perpaduan barang yang multifungsi. Dinamakan model atau konsep minimalis karena kamu tidak perlu interior yang kompleks.

Bagi kamu yang berkeinginan mendekorasi ruang tamu kamu dengan interior vintage, maka nuansa yang kamu pilih haruslah memiliki nuansa hangat dan homey. Ciri khas nuansa vintage adalah dengan memasukkan unsur furniture tempo dulu dengan warna-warna pastel yang ringan. Beberapa material alami seperti kayu dan rotan juga identik dengan interior vintage.

Kalau untuk dekorasi ruang tamu retro, maka kamu dapat menggabungkan warna-warna yang kontras dengan bentuk dekorasi pop-art. Perabot yang digunakan dalam dekorasi retro adalah barang antik dengan warna kontras. Dekorasi ini akan memuculkan kesan eksentrik pemiliknya.

Bagi kamu penyuka dekorasi oriental, sudah pasti dilengkapi dengan ragam ornamen oriental seperti lukisan atau patung. Dengan pemilihan warna earthy tone, kamu bisa mendapatkan kesan oriental yang modern.

Sedangkan bagi kamu pecinta dekorasi ruang tamu etnik, penggunaan warna hangat seperti broken white atau krem sangat cocok menunjukkan ruang tamu yang homey. Dekorasi ruang tamu etnik juga tidak lengkap tanpa unsur furniture kayu jepara atau pintu tamu berbentuk gebyok.

Pemilihan Furnitur

Dengan budget terbatas, kamu tetap dapat mendekorasi ruang tamu kamu. Tentunya dengan memaksimalkan penggunan furnitur. Pemilihan furnitur yang simpel dan multifungsi secara tidak langsung dapat meminimalkan budget kamu. 

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan penawaran-penawaran menarik dari berbagai toko furnitur seperti diskon atau promo bundling. Namun jangan langsung kalap, kamu harus cermat dalam memilih furnitur apa yang akan pas untuk diaplikasikan kedalam ruang tamu kamu.

Misalkan saja, jika kamu memiliki ruang tamu kecil, pilihlah ukuran sofa yang susuai, mungkin sofa bed akan terlihat lebih cocok dan dipadukan dengan cermin yang agak besar untuk memberikan kesan luas. Namun jika kamu memiliki ruang yang sedikit lebih besar tambahlah unsur seperti single chair, karpet, meja atau lukisan.

Pemilihan Warna

Bandingkan jika kamu menggunakan warna dinding dengan cat dinding dan wallpaper. Jika kamu memiliki budget yang pas-pasan, menggunakan cat dinding akan dapat menghemat pengeluaran dekorasi. Namun jika kamu memiliki budget berlebih, penggunaan wallpaper akan lebih memudahkan karena tidak perlu takut akan mengotori perabot kamu.

Selain itu, untuk menciptakan kecerahan pemilihan lampu juga penting. Dari model yang standar hingga lampu gantung. Selain itu, lampu redup di sela-sela plafon juga akan memberikan kesan mewah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait