Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya dalam Kehidupan

pengertian ekonomi mikro
pengertian ekonomi mikro

Benarkah pengertian ilmu ekonomi mikro sudah kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari? Benar guys! mungkin contoh ekonomi mikro berikut pernah kamu rasakan dan alami

Siapa bilang untuk mempelajari teori ekonomi mikro kamu harus belajar di sekolah pendidikan ekonomi? Padahal, tanpa disadari di kehidupan sehari-hari yang kita jalankan. Kamu sebenarnya sudah diajari mengenai ilmu-ilmu dasar dalam dunia ekonomi.

Seperti mengetahui seputar pentingnya untuk tidak hidup boros, yaitu pengeluaran tidak boleh lebih besar dari pemasukan bulanan kamu. Jika itu terjadi kemungkinan besar kamu akan banyak terlilit utang disana-sini dan lain sebagainya.

Itu hanyalah salah satu gambaran pengertian ekonomi mikro yang sudah kamu ketahui dan pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Melalui fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang kamu jalankan saat ini, ternyata kamu sudah mendapatkan ilmu-ilmu ekonomi yang tanpa disadari sudah kamu pelajari. Sebut saja contohnya, yaitu ekonomi mikro.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ruang Lingkup ekonomi mikro merupakan ilmu ekonomi yang sangat dekat dengan kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Masa iya sih? Karena, pada dasarnya kita sebagai masyarakat merupakan bagian kecil dari suatu ekonomi di sebuah negara. Sebut saja seperti konsumen, produsen, dan perusahaan.

Nah daripada nantinya kamu tambah bingung bahwa contoh ekonomi mikro ternyata sudah kamu lakukan dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini Ajaib sudah menyiapkan artikel menariknya untuk kamu baca.

Contoh Ekonomi Mikro dalam Kehidupan Sehari-hari

Permintaan dan Penawaran

Mungkin tanpa disadari, mahal atau murahnya suatu produk yang kamu ingin beli di pasar. Dikarenakan, adanya tingkat permintaan dan penawaran.

Contoh ekonomi mikronya, ketika kamu ingin membeli suatu barang dan barang tersebut sulit didapatkan, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya. Karena tingkat permintaan produk tersebut lebih tinggi daripada ketersediaan produk yang ada.

Hal sebaliknya juga terjadi, jika stok barang yang tersebut berlimpah dimana harga barang tersebut pasti murah karena tingkat permintaannya lebih rendah dibandingkan dengan jumlah produk yang beredar.

Harga Barang, Biaya, Kondisi Perekonomian

Kini, ketika kamu ingin memproduksi suatu produk dan menjual ke konsumen. Kamu perlu mempertimbangkan asepk-aspek seperti biaya bahan baku, biaya produksi, tingkat permintaan, dan kondisi perekonomian saat ini.

Karena harga barang yang kamu jual atau beli di pasaran ditentukan oleh aspek-aspek tersebut sehingga banyak sekali kita temui kenaikan harga suatu produk, dikarenakan upah pekerja naik, biaya bahan baku mahal, kondisi ekonomi negara, dll.

Karena saat ini produk yang ada di pasaran mengikuti apa yang diinginkan pelanggan. Berbeda halnya dengan zaman dahulu dimana kamu memproduksi produk terlebih dahulu baru kamu hitung berapa biaya yang dikeluarkan dan harga jual produk tersebut.

Cara tersebut sudah tidak lagi terjadi, saat ini pihak produsen sudah mengetahui anggaran dari pelanggan mereka untuk membeli suatu produk sehingga mereka membuat produk dengan harga yang diinginkan oleh pelanggan. Untuk mengetahui hal ini, biasanya perusahaan menggunakan segmentasi pasar.

Ini merupakan contoh ekonomi mikro yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kamu tentunya. Oleh karena itu, Ajaib mengatakan bahwa pelajaran ekonomi sebenarnya sudah kamu dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu contoh ekonomi mikro seperti pada poin-poin diatas. Suka atau tidak suka, sebenarnya kita adalah salah satu pelaku ekonomi.

Apakah contoh ekonomi mikro diatas pernah kamu alami?

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait