Pembagian Ilmu Ekonomi dan Berbagai Cabang Penerapannya

Pembagian Ilmu Ekonomi dan Berbagai Cabang Penerapannya
Pembagian Ilmu Ekonomi dan Berbagai Cabang Penerapannya

Ekonomi menjadi hal yang tak akan bisa lepas dari kehidupan manusia. Prakteknya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari baik produksi, distribusi, maupun konsumsi. Semua orang melakukan kegiatan ekonomi namun tak banyak yang menguasai ilmu. 

Jangan salah, ilmu ekonomi bukan hanya untuk mahasiswa ekonomi saja lho. Kamu juga bisa mempelajarinya termasuk pembagian ilmu ekonomi itu sendiri. Bukan hanya pembagiannya tapi penerapannya sendiri sebenarnya ada banyak. Untuk menambah wawasanmu tak ada salahnya kamu menyimak artikel dari Ajaib berikut ini. Di bawah ini adalah beberapa pembagian ilmu ekonomi yang harus kamu ketahui.

Ekonomi deskriptif

Cabang ilmu ekonomi deskriptif berfokus pada mendeskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fakta dan fenomena kegiatan ekonomi yang berlaku di masyarakat. Ekonomi deksriptif, sesuai dengan namanya, menguraikan fakta ekonomi pada wilayah tertentu pada waktu tertentu berdasarkan data yang terekam. Contohnya adalah nilai mata uang rupiah dan kondisi pasar uang selama Reformasi 1998. 

Teori ekonomi

Teori ekonomi juga dibagi menjadi dua hal yakni ilmu ekonomi makro dan mikro. Pembagiannya ini diterapkan dengan melihat bagaimana hal tersebut bekerja dan ciri-cirinya. Selain itu, ditinjau pula dampaknya kepada kehidupan ekonomi masyarakat.

Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu ekonomi ini menggunakan pengukuran, metode analisis, statistik, dan sebagainya untuk mengukur dan menjelaskan fenomena ekonomi yang terjadi. Hasilnya kemudian dijadikan acuan untuk merumuskan kebijakan yang kemudian diterapkan. Penerapan ini dengan sebelumnya memanfaatkan data dari ekonomi deskriptif dan kajian ekonomi makro maupun mikro

Cabang ilmu ekonomi

Aspek lainnya yang juga penting adalah cabang ilmu ekonomi. Kalau pembagian ilmu ekonomifokus pada aspek dan hasilnya maka cabang ilmu ekonomi didasarkan pada bidangnya. Berbeda bidangnya biasanya membutuhkan pendekatan ekonomi yang berbeda pula. 

a. Ilmu ekonomi moneter

Cabang ekonomi yang mempelajari masalah uang, perbakan, dan lembaga keuangan dalam skala besar ini sering membagas mengenai investasi asing, inflasi, tingkat suku bunga, dan pajak investasi.

b. Ilmu ekonomi publik

Cabang ini khusus berfokus pada kebijakan ekonomi yang dilakukan pemerintah. Salah satu yang kerap diketahui adalah utang negara, retribusi, APBN, dan APBD. 

c. Ilmu ekonomi industri

Sesuai namanya, cabang ini fokus pada kegiatan perdagangan dan industri dalam suatu wilayah. Contohnya seperti fluktuasi nilai batu bara, persaingan usaha antar perusahaan, atau kecurangan yang terjadi dalam industri tersebut. 

d. Ilmu ekonomi internasional

Cabang ekonomi ini membahas kegiatan dan kebijakan ekonomi dalam skala dunia, antar negara. Salah satunya seperti perang dagang Cina-Amerika, investasi asing, dan dampak yang diberikan. 

e. Ilmu ekonomi regional

Sebaliknya, cabang ekonomi ini membahasa kegiatan dalam skala kecil seperti antar daerah atau provinsi dalam suatu negara. Misalnya kajian mengenai dampak ekonomi yang hadir dari wisata syariah di Lombok. 

f. Ilmu ekonomi SDA

Cabang ekonomi Sumber Daya Alam ini membahas soal masalah dan alokasinya dilihat dari berbagai aspek. Sumber daya yang terbatas ini bisa dengan mudah kamu jumapai ketika ingin membeli harga nikel dan sawit mentah produksi Indonesia dan bagaiaman pengelolaanya agar bisa dijual dengan harga tinggi. 

g. Ilmu ekonomi SDM

Cabang ilmu ekonomi ini fokus pada Sumber Daya Manusia, baik yang menguntungkan maupun merugikan. Faktor utamanya adalah tenaga kerja termasuk pula tingkat upah, pendidikan, kualitas, dan jumlah pengangguran suatu daerah atau negara. 

h. Ilmu ekonomi syariah

Pembagian ilmu ekonomi ini sedang naik daun dengan tren hijrah yang semakin meningkat. Fokusnya pada penerapan ekonomi sesuai muamalah Islam termasuk sistem ekonomi bagi hasil, zakat investasi, dan usaha bebas riba. 

Itulah beberapa pembagian ilmu ekonomi yang harus kamu ketahui. Dengan memahami ilmu tersebut, kamu bisa lebih mudah memahami masalah ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Indonesia. Ini juga penting bagi kamu yang berkecimpung di dunia ekonomi, misalnya investasi saham maupun reksa dana, obligasi, dan sebagainya.

Ajaib merupakan salah satu platform yang membantu kamu memulai investasi reksa dana secara online, kapan dan di mana saja. Dengan Ajaib, kamu hanya perlu menentukan tujuan investasimu dan memilih risiko yang kamu inginkan. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, cobalah pilih manejer investasi dengan portfolio yang bagus. Cobalah mulai dengan melihat laporan keuangannya dengan mudah melalui aplikasi Ajaib. Yuk mulai berinvestasi reksa dana sekarang di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Sirri, E. R., & Tufano, P. (1998). Costly search and mutual fund flows. Journal of finance, 1589-1622.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait