Milenial, Perencanaan Keuangan

Urutan Prosesi Pernikahan Adat Jawa Modern, Berapa Biayanya?

Ajaib.co.id – Sebelum melangsungkan pesta pernikahan di hari H, tentu setiap calon pasangan suami istri perlu mempersiapkan sejumlah hal terlebih dahulu agar acara pernikahan nanti bisa berjalan lancar, salah satunya adalah memilih tema persepsi pernikahan yang akan dilangsungkan, apakah tema pernikahan itu adat Jawa, Sunda, Bali, atau tema pernikahan lainnya. 

Proses pemilihan tema pernikahan ini terkadang butuh waktu yang cukup lama untuk diputuskan. Lantaran, kedua keluarga besar dari masing-masing pasangan harus berdiskusi terlebih dahulu untuk memutuskan tema pernikahan apa yang nantinya akan dipilih. 

Jika kamu dan pasangan sudah memutuskan ingin memilih tema pernikahan adat Jawa modern. Tentu, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan agar biaya pernikahan kamu nanti tidak membengkak. 

Biaya Pernikahan Adat Jawa Modern

Membengkaknya biaya pernikahan seringkali disebabkan karena kamu dan pasangan tidak punya perencanaan yang baik saat ingin melangsungkan pernikahan dengan pasangan. Hal ini bisa dimaklumi, lantaran banyak pasangan di luar sana yang ingin membuat acara pernikahan semeriah mungkin.

Setidaknya, ada sejumlah penyebab yang membuat biaya pernikahan kamu menjadi over budget. Ini dia penyebabnya.

  • Tidak melakukan riset harga
  • Tuntutan lingkungan
  • Perencanaan yang kurang baik
  • Terlalu banyak tamu
  • Terlalu banyak memesan makanan

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat biaya pernikahan kamu jadi over budget. Persiapan yang matang adalah hal yang mutlak bagi suatu pasangan ketika ingin melangsungkan sebuah pesta pernikahan. 

Waktu ideal untuk mempersiapkan pernikahan adat Jawa modern adalah sekitar 3-6 bulan atau 12 bulan. Karena dalam kurun waktu tersebut, kamu masih punya banyak waktu untuk melakukan riset biaya pernikahan terlebih dahulu dari sejumlah wedding organizer. Sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan wedding organizer atau mengurus pesta pernikahan itu sendiri.

Estimasi biaya pernikahan adat Jawa modern bisa mencapai Rp100 juta. Besaran biaya ini sudah termasuk sejumlah biaya lainnya, seperti sewa gedung, riasan, mahar, seserahan, dokumentasi, pemusik, dan konsumsi.

Ritual Pernikahan Adat Jawa yang Perlu Dilakukan

Sebelum kamu dan pasangan melangsungkan persepsi pernikahan di hari H. Setiap pasangan yang melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa modern, setidaknya perlu menjalankan sejumlah upacara perkawinan adat Jawa terlebih dahulu. Ini dia prosesi yang perlu kamu lalui.

1. Siraman Pengantin Wanita dan Pria

Proses upacara siraman ini akan dilangsungkan satu hari sebelum acara akad nikah. Orang yang menyiram mempelai wanita adalah kedua orang tuanya. 

Saat proses penyiraman berlangsung, pengantin wanita menggunakan busana kain dengan motif grompol dan kain mori. Kemudian, calon pengantin wanita akan berganti busana untuk melanjutkan proses upacara adat Jawa selanjutnya yakni prosesi kerik. 

Prosesi kerik adalah proses menghilangkan rambut calon pengantin wanita pada bagian depan secara merata dengan menggunakan alat khusus. Prosesi siraman ini bisa memakan biaya sebesar Rp6,5 juta.

2. Upacara Malam Midodareni

Prosesi selanjutnya setelah siraman adalah midodareni. Pada prosesi pernikahan adat Jawa modern ini, calon pengantin wanita akan menggunakan busana polos dan tidak diperbolehkan untuk memakai perhiasan kecuali diperbolehkan menggunakan cincin pertunangan.

Untuk pernikahan adat Jawa di Solo, pengantin pria akan datang ke rumah pengantin wanita dengan menggunakan busana jas beskap, keris, dan kalung karset. Waktu prosesi midodareni ini biasanya dimulai pada jam 6 sore hingga jam 12 malam.

Biaya melangsungkan prosesi midodareni ini bisa memakan budget hingga Rp1,5 juta.

3. Akad Nikah

Setelahnya prosesi pernikahan adat Jawa dilanjutkan dengan acara akad nikah. Jika pasangan memeluk agama islam, kamu bisa melaksanakan akad nikah di masjid bersama penghulu. Sedangkan, bagi pasangan yang memeluk agama Kristen bisa melaksanakan akad nikah di gereja.

4. Penyerahan Pengantin Pria ke Wanita

Acara selanjutnya adalah penyerahan pengantin pria kepada kedua orang tua mempelai wanita. Dalam acara ini, nantinya pengantin pria akan diwakilkan oleh anggota keluarga yang ditunjuk sebagai wakil yang akan menyerahkan pengantin pria kepada orang tua pengantin wanita.

5. Upacara Panggih

Upacara pernikahan Jawa modern berikutnya adalah panggih. Dalam prosesi ini, baik mempelai wanita dan pria akan dipertemukan secara adat setelah mereka melangsungkan akad nikah di masjid.

Saat proses pertemuan antar kedua mempelai ini, kedua orang tua mempelai pria tidak diperbolehkan ikut dalam rombongan. Hanya pendamping dan pengiring mempelai pria saja yang diperbolehkan ikut.

Dalam rombongan, posisi mempelai pria berada di tengah-tengah, dan untuk pendamping mempelai pria harus berusia lebih tua dibanding mempelai pria dan tidak boleh mereka yang berstatus duda. Upacara panggih ini bisa memakan biaya hingga Rp3,6 juta.

6. Resepsi Pernikahan Adat Jawa Modern

Sampailah pada hari H pernikahan, di mana urutan acara persepsi pernikahan ini umumnya sama dengan pesta pernikahan yang pada umumnya sering dilangsungkan banyak pengantin di luar sana.

Untuk busana pengantin, kamu bisa menggunakan busana kanigaran, surjan, dan basahan. Sedangkan, bagi anggota keluarga kedua mempelai bisa menggunakan batik dan kebaya.

Cara Menyiapkan Biaya Pernikahan Adat Jawa Modern

Biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan acara pesta pernikahan tidaklah murah. Untuk itu, setiap pasangan sebaiknya menyiapkan dana pernikahan tersebut dari jauh-jauh hari. 

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan dana untuk pesta pernikahanmu nanti. Salah satu caranya dengan berinvestasi di instrumen investasi yang tepat agar uang yang kamu tabung bukan hanya mengendap saja melainkan bisa bertumbuh.

Investasi yang tepat untuk menyiapkan dana tabungan pernikahan adalah lewat reksa dana atau saham. Di aplikasi Ajaib, kamu bisa investasi reksa dana dan saham secara bersamaan dalam satu aplikasi.

Bila kamu punya rencana menikah dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, kamu bisa investasi di reksa dana pasar uang. Namun, jika kamu punya rencana menikah setidaknya 1-3 tahun dari sekarang. Kamu bisa investasi di reksa dana campuran dan reksa dana saham, atau investasi di saham.

Setiap pasangan di luar sana bisa menyiapkan tabungan pernikahan dengan berinvestasi pada reksa dana atau saham di aplikasi Ajaib berdasarkan tujuan keuangan masing-masing. 

Selain mulai investasi untuk tabungan pernikahan sejak dini Kamu juga bisa menghemat biaya pernikahanmu nanti dengan beberapa cara di antaranya; mencetak undangan online, mengurangi jumlah undangan, pilih dekorasi pelaminan minimalis, hingga pilih waktu pernikahan di hari kerja.

Artikel Terkait