Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah
Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah

Bank BRI merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang punya banyak nasabah di Indonesia. Bank ini memiliki banyak mesin ATM yang tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Tentunya, transfer uang juga bisa kamu lakukan melalui ATM BRI. Transfer uang merupakan transaksi yang sering dilakukan oleh beberapa orang, termasuk nasabah Bank BRI yaitu mengirim uang lewat ATM ke rekening orang lain. Kamu bisa mengirim uang ke sesama rekening Bank BRI atau ke rekening berbeda seperti BCA, Mandiri, BNI, dan lainnya. Di bawah ini, Ajaib akan memberikan sedikit panduan cara transfer uang lewat ATM BRI.

Panduan Lengkap Transfer uang lewat ATM BRI

Bagi nasabah baru, tentu mereka bakal kebingungan untuk melakukan transfer uang di ATM BRI. Berikut ini panduan lengkapnya.

  1. Masukan Kartu ATM
  2. Pilih “Bahasa Indonesia”
  3. Pilih Lanjutkan
  4. Masukan PIN ATM
  5. Pilih Transaksi Lain
  6. Pilih Transfer

Sampai di langkah keenam, kamu akan diminta untuk memilih transfer uang ke sesama Bank BRI atau bank lain. Jika pilihan kamu bukan transfer ke Bank BRI, kamu harus tekan pilihan Bank Lain.

Jika Transfer Uang ke sesama BRI:

  • Setelah Pilih Transfer
  • Selanjutnya Pilih Bank BRI
  • Masukan Nomor Rekening Tujuan -> BENAR
  • Masukan Jumlah Transfer -> BENAR
  • Konfirmasi Transfer -> YA
  • Transaksi Selesai

Jika Transfer Uang ke Bank Lain:

Saat memasukan nomor rekening tujuan kamu perlu memasukan kode bank terlebih dahulu. Jika kamu transfer uang ke BNI maka kode banknya 009. Sedangkan transfer ke BCA maka kode banknya 008.

  • Setelah Pilih Transfer
  • Selanjutnya Pilih Bank Lain
  • Masukan Kode Bank
  • Rekening Tujuan -> BENAR
  • Masukan Jumlah Transfer -> BENAR
  • Konfirmasi Transfer -> YA
  • Transaksi Selesai

Kode Bank

Penggunaan Kode Bank pasti kamu butuhkan ketika ingin melakukan transaksi transfer antar bank via ATM., baik lewat ATM BRI ke bank BNI, BCA, BRI, dan sebagainya. Dengan menggunakan Kode Bank Indonesia yang telah disepakati, maka proses tranfer antar bank akan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kode Bank ini kamuutuhkan ketika ingin melakukan transfer ke Bank yang sama. Misalnya kamu menggunakan rekening BCA dan ingin melakukan transfer ke rekening BCA, maka tidak perlu memakai Kode Bank tersebut. Tapi jika kamu memiliki rekening lain, misalnya BNI, dan ingin mentransfer ke rekening BCA, maka kamu harus menggunakan Kode Bank BCA agar bisa melakukan transfer antar bank.

Untuk mempermudah, berikut adalah daftar kode bank nasional yang paling banyak digunakan dalam transaksi di ATM.

  1. Bank BCA 014
  2. Bank Mandiri 008
  3. Bank BRI 002
  4. Bank BNI 009
  5. Bank Mega 426
  6. Bank CIMB Niaga 022
  7. Jenius 213
  8. Bank BRI Syariah 422
  9. Bank CIMB Niaga Syariah 022
  10. Bank BNI Syariah 427
  11. Bank Muamalat 147
  12. Bank BTN 200
  13. Bank Sinarmas 153
  14. Bank Danamon 011
  15. Bank OCBC NISP 028
  16. Bank Bukopin 441
  17. Bank Pertama 013
  18. Citibank 031
  19. Bank BII Maybank 016
  20. Bank BTPN 213

Itulah beberapa cara transfer uang lewat ATM BRI yang bisa kamu ikuti. Saat menggunakan mesin ATM jangan pernah kamu memasukkan PIN dengan terbuka, usahakan tutupi tangan kamu saat ingin memasukkan kartu ATM dan PIN saat ingin melakukan transfer.

Bacaan menarik lainnya:

Ascarya. (2007). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait