Sebelum Investasi Reksa Dana, Kenali Dulu Tipe Investor Apakah Kamu?

Sebelum Investasi Reksa dana, Kenali Dulu Tipe investor Apakah Kamu? - Ajaib

Pada dasarnya, kesiapan seseorang dalam berinvestasi reksa dana erat kaitannya dengan kesiapan mental. Dalam investasi, ada sebuah hukum terkenal yang berbunyi : “High risk, high return. Low risk, low return.”

Dengan kata lain, tingkat resiko yang berani untuk diambil akan berbanding lurus dengan tingkat keuntungan yang mungkin didapatkan. Maka sebelum kamu memutuskan berinvestasi, sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu, tipe investor seperti apakah kamu.

Ada tiga jenis investor berdasarkan resiko investasi. Yakni tipe konservatif, moderat dan agresif. Tiga jenis investor ini memiliki pertimbangan berbeda mengenai kemana dana diinvestasikan.

Agar bisa lebih mengenal karaktermu, kami akan memaparkan beberapa tipe investor. Mungkin setelah membacanya, kamu bisa memperkirakan tipe mana yang lebih sesuai denganmu.

Tipe Konservatif atau Risk Averse

Investor yang termasuk dalam tiper konservatif biasanya lebih memilih untuk menghindari resiko (risk averse). Atau bisa dikatakan juga takut menanggung resiko. Favorit tipe konservatif adalah memilih instrumen investasi yang aman dan menjaga modal awal (pokok investasi) agar tidak berkurang.

Tipe konservatif tidak mengharapkan keuntungan sangat besar. Tipe ini sudah senang dengan nilai investasi yang bergerak stabil. Tipe konservatif juga umumnya tidak memusatkan perhatian pada portofolio investasi.

Untuk investasi low risk mungkin akan membutuhkan jangka waktu lebih lama untuk mendapatkan keuntungan. Maka pilihan investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan. Sepertti misalnya deposito, reksa dana pendapatan tetap, pasar uang dan obligasi.

Kecenderungan investor konservatif adalah mengutamakan keamanan dalam berinvestasi. Ketimbang perolehan keuntungan besar namun dengan resiko besar. Maka biasanya tipe investor ini berinvestasi untuk persiapan dana pendidikan atau dana pensiun.

Tipe Moderat (Sedang)

Tipe moderat bisa dikatakan sebagai seorang medium risk taker, atau pengambil resiko menengah. Tipe ini akan mempertimbangkan dengan cermat resiko-resiko yang mungkin muncul dalam investasi yang ditanamkannya.

Tipe moderat siap menerima naik turun (fluktuasi) nilai investasi jangka pendek. Namun, mereka tidak siap kehilangan semua modal investasi dan juga mengharapkan keuntungan dalam jangka panjang.

Maka investasi yang paling sesuai untuk tipe ini adalah reksa dana campuran. Kecenderungan yang diambil tipe moderat adalah membagi dananya pada beberapa instrumen investasi. Mulai dari investasi high risk, medium risk dan juga low risk. Investasi campuran memiliki resiko relatif lebih rendah dari investasi saham tapi memiliki potensi keuntungan lebih tinggi dari jenis investasi low risk.

Tipe Agresif

Tipe investor yang ketiga inilah penganut sejati moto “High risk, high return. Low risk, low return” dan termasuk dalam pengambil resiko tinggi (high risk taker). Sehingga investor agresif siap untuk menjadi kaya, tapi juga siap jatuh miskin.

Umumnya investor agresif merupakan orang-orang yang fokus dalam dunia investasi. Sikap mental ini membuat tipe agresif siap menginvestasikan uangnya pada berbagai instrumen keuangan. Namun mereka akan menganalisis portofolio investasi dengan sangat teliti. Jenis investasi dengan pergerakan cepat dan resiko tinggi seperti saham dan valas biasanya menjadi pilihan utama.

Setelah mengetahui ketiga profil tipe investor tersebut, apakah kamu sudah tahu tipe seperti apa yang sesuai dengan karaktermu? Jika belum, kamu akan mengetahuinya, setelah mengikuti tes yang disediakan oleh Ajaib bagi semua calon investor. Sehingga kamu bisa berinvestasi reksa dana sesuai dengan kepribadianmu.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , , ,
Artikel Terkait