Analisis Saham

Bedah Saham IPO SOUL, Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan

Bedah Saham IPO SOUL, Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan

Kamu pasti sudah sangat sering minum air putih dengan menenggak langsung dari botol kemasan. Ya, semisal sedang di jalan, di sekolah atau di tempat kerja kita terbiasa meminum air dari kemasan dan memanfaatkan kemudahan untuk langsung dikonsumsi. Nah, tahukah kamu bahwa salah satu merek dagang yang ada di pasar adalah Hexsoul, yang dimiliki oleh emiten SOUL, PT Mitra Tirta Buwana Tbk.

Profil Singkat Emiten

PT Mitra Tirta Buwana Tbk (SOUL) berdiri sejak 2009, sebuah perusahaan pabrikasi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merek dagang Hexsoul ber TDS (Total Dissolved Solids) 0,02 ppm sehingga menghasilkan produk air minum berkualitas tinggi sekaligus mendistribusikan kepada para distributor, konsumen, dan pelanggan secara langsung.

Perseroan memiliki visi menjadi perusahaan yang dapat memayungi dan mengayomi masyarakat, berkarakteristik, innovative sebagai role model sekaligus menjadi pilar perekonomian nusantara yang kokoh, demi mewujudkan pemimpin yang kompeten dalam kancah perekonomian domestik maupun global.

Pabrik produksi Perseroan sekaligus kantor pusat berlokasi di Maguwoharjo, Depok, Sleman Yogyakarta – Indonesia.

Saat sebelum melaksanakan proses Penawaran Umum Saham Perdana (IPO), komposisi kepemilikan saham SOUL terdiri atas Ardianto Wibowo (30,00%), Dokter Putri Hertriastuti (30,00%), Sri Lestari (10,00%), Iriyanti (10,00%), Djoko Sriyono (8,75%), Nindya Ayu Oktavia Ardianti Wibowo (8,75%), dan Hery Gunawan Muhamad (2,50%).

Detail Rencana IPO Saham SOUL

Saham SOUL melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 270.000.000 lembar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama dengan nominal Rp20 per lembar saham, atau sama dengan 24,94% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga penawaran Rp110. Perseroan juga berencana menerbitkan Waran Seri I sebanyak-banyaknya 67.500.000 lembar.

Rasio Saham dengan Waran Seri I adalah 4 : 1, Artinya setiap pemegang 4 saham baru ketika penjatahan final IPO akan memperoleh 1 Waran Seri I.

Berikut merupakan struktur pemegang saham setelah aksi SOUL IPO, Ardianto Wibowo (22,52%), Dokter Putri Hertriastuti (22,52%), Sri Lestari (7,50%), Iriyanti (7,50%), Djoko Sriyono (6,57%), Nindya Ayu Oktavia Ardianti Wibowo (6,57%), Hery Gunawan Muhamad (1,88%), dan Masyarakat (24,94%).

Penjamin pelaksana emisi efek SOUL adalah PT Shinhan Sekuritas Indonesia, dan PT Wanteg Sekuritas. Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

Jadwal Penawaran Saham IPO SOUL

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Masa Penawaran Awal (Masa Book Building SOUL IPO) : 19 – 26 Desember 2022
  • Tanggal Efektif : 29 Desember 2022
  • Masa Penawaran Umum : 2 – 4 Januari 2023
  • Tanggal Penjatahan : 4 Januari 2023
  • Tanggal Distribusi Saham : 5 Januari 2023
  • Tanggal Pencatatan di BEI : 6 Januari 2023
  • Awal Pelaksanaan Waran Seri I : 5 Juli 2023
  • Akhir Perdagangan Waran Seri I di Pasar Reguler : 2 Juli 2024
  • Akhir Pelaksanaan Waran Seri I : 5 Juli 2024
  • Selesainya Masa Berlaku Efektif Waran Seri I : 5 Juli 2024

Rencana Penggunaan Dana IPO Saham SOUL

Berdasarkan prospektus saham IPO SOUL, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO setelah dikurangi biaya emisi akan difokuskan untuk modal kerja yang dengan rincian sebagai berikut:

1. Sebesar Rp5.000.000.000,- atau sebesar 16,83% akan digunakan untuk pembangunan fasilitas pabrik baru Pengolahan Air Mineral yang terletak di Palagan, Gondanglutung, Donoharjo, Ngaglik Sleman, dari tahap persiapan hingga penyelesaian (Finishing) dengan total keseluruhan luas bangunan pabrik seluas 1.200 meter persegi.

2. Sebesar Rp3.500.000.000,- atau sebesar 11,78% akan digunakan untuk pembelian mesin dan fasilitas produksi serta kendaraan dalam rangka distribusi produk-produk Perseroan.

3. Dan sisanya akan digunakan untuk Modal Kerja Perseroan, dengan digunakan oleh Perseroan untuk meningkatkan kapasitas produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berupa penambahan produksi air mineral yakni untuk pembelian bahan baku langsung dan bahan pendukung.

Sedangkan penggunaan Waran Seri I akan digunakan untuk Modal Kerja Perseroan yakni untuk pembelian bahan baku langsung dan bahan pendukung, biaya overhead pabrik, pembayaran upah tenaga kerja, pembayaran keperluan administrasi, biaya distribusi, biaya pemasaran, biaya promosi, biaya iklan serta biaya penjualan Perseroan.

Kinerja Laporan Keuangan SOUL

Prospektus saham SOUL menunjukkan kinerja keuangan yang baik, tercermin pada Laporan Laba Rugi, pada kinerja 30 Juni 2022 mencatatkan kenaikan Pendapatan 35% YoY menjadi Rp2,5 miliar, dari sebelumnya dengan kinerja pada periode 30 Juni 2021 yang mencatatkan Pendapatan sebesar Rp1,9 miliar. Alhasil Laba Usaha berhasil mengalami pertumbuhan sebesar 2,5% YoY menjadi Rp394 juta.

Rasio Keuangan PT Mitra Tirta Buwana Tbk

Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham IPO SOUL selama bulan Desember 2021 hingga kinerja Juni 2022:

Rasio Keuangan Saham IPO SOUL

Data di atas menunjukkan SOUL secara fundamental memiliki performa kinerja baik, pada kinerja yang berakhir 30 Juni 2022 rasio profitabilitas mengalami pertumbuhan positif, termasuk Return on Asset (ROA) senilai 1,30%, dan Return on Equity (ROE) senilai 1,45%. Bersamaan dengan rasio solvabilitas yang wajar dan sehat, terlihat pada Debt to Equity Ratio (DER) hanya sebesar 0,12 x. Mencerminkan SOUL memiliki kinerja yang semakin sehat dari tahun ke tahun dan mempunyai strategi untuk meningkatkan performa rasio pertumbuhan laba usaha.

Kebijakan Dividen Saham SOUL

Prospektus saham IPO PT Mitra Tirta Buwana Tbk menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen saham SOUL, sesuai dengan kebijakan dividen Perseroan, maka manajemen Perseroan merencanakan pembayaran dividen kas sebanyak-banyaknya 50% dari Laba Bersih setelah pajak Perseroan tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 yang akan dibagikan pada tahun 2023.

Prospek Bisnis SOUL

Perseroan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan, minuman dan air mineral khususnya dalam produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sejak tahun 2009.

Perseroan memiliki tujuan untuk menjadikan Perseroan sebagai perusahaan lokal dengan kualitas standar internasional melalui penerapan strategi yang berkomitmen pada keberhasilan peningkatan kualitas produk, melalui inovasi secara berkelanjutan serta senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal pelayanan.

Industri AMDK tergolong sebagai industri yang menunjukkan pertumbuhan yang stabil dengan prospek usaha yang meningkat di masa mendatang, karena kesadaran gaya hidup masyarakat untuk memilih minuman yang aman, sehat dan praktis serta mudah dikonsumsi. 

Dalam hal ini Perseroan merupakan salah satu produsen AMDK di Indonesia menawarkan produk kepada masyarakat dengan merek Hexsoul.

Perseroan memiliki dan mengoperasikan 1 fasilitas pabrik yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta untuk memproduksi produknya. 

Setiap fasilitas produksi mendapatkan pasokan air bahan baku dari sumber mata air yang alami di mana selalu teruji kemurniannya dan sehingga kualitas air yang dihasilkan cenderung murni dan hasil produksi telah melalui pengawasan mutu yang ketat.

Perseroan sudah memiliki perizinan yang lengkap dimana seluruh fasilitas produksi yang dimiliki sudah memenuhi kriteria dan standard yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikasi SNI dan LS-Pro Surabaya.

Perseroan memasarkan produknya ke-enam provinsi yang ada, yaitu bertepatan di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Melalui system direct selling dan juga Kerjasama kedistributoran.

Perseroan memiliki beberapa keunggulan kompetitif untuk keberlangsungan usahanya. Keunggulan kompetitif yang dimiliki Perseroan diantaranya adalah:

1. Kualitas Air

Proses air minum Hexsoul melalui proses filterisasi dengan kapasitas 3 ribu hingga 4 ribu ton air per jam dengan menggunakan 4 line filterisasi. Untuk meningkatkan kualitas produk AMDK, Perseroan melakukan regenerasi setiap 1 jam sekali.

Proses selanjutnya pada tingkat Total Dissolved Solid (TDS) yang rendah di level 0,02 (Demineralisasi), dengan proses filterisasi juga terdapat laboratorium untuk mengecek kualitas air.

2. Proses Distribusi

Keberhasilan proses distribusi Perseroan terlihat dari sebagian besar konsumen Perseroan yang mencakup lapisan masyarakat dari kelas menengah ke bawah. Dengan nilai konsumen ini memiliki loyalitas yang tinggi terhadap produk Perseroan sebagai dasar untuk selanjutnya melakukan penetrasi di kelas menengah ke atas. Seperti melakukan pemasaran melalui modern trade (Local and National Account).

3. Perseroan terus berupaya meningkatkan Brand Awareness produknya dan terus berupaya memperkenalkan kepada masyarakat di Indonesia upaya pemasaran yang dilakukan oleh Perseroan antara lain; memasuki komunitas hobi, komunitas mikro lingkungan maupun komunitas-komunitas yang ada baik di Yogyakarta dan sekitarnya, sponsor pada acara-acara, dan edukasi pasar.

4. Hingga prospektus ini diterbitkan, Perseroan telah mendapatkan sertifikasi dari berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri, serta anggota dari beberapa organisasi produsen AMDK.

Kesimpulan

Berdasarkan laporan prospektus IPO saham SOUL, 2 tahun terakhir memiliki kinerja yang positif dengan berhasil mencatatkan laba bersih dan membukukan kinerja keuangan yang sehat. Perseroan juga memiliki strategi usaha untuk ekspansi pasar dengan distribusi produk yang lebih luas.

Dengan prospek kinerja bisnis Perseroan, bersamaan dengan memiliki keunggulan kompetitif, mengindikasikan IPO saham SOUL ini menarik untuk dimasukan ke dalam watchlist teman-teman.

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait