Saham

Saham INDR: Fakta Penting Perusahaan Indo-Rama Syntetics Tbk

Saham INDR: Fakta Penting Perusahaan Indo-Rama Syntetics Tbk

Industri tekstil menjadi salah satu bidang usaha yang mengalami peningkatan pada kuartal 1 2019 ini. Di mana menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan industri tekstil dan pakaian menjadi paling tinggi mencapai 18,98%. Persentase tersebut naik dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang hanya meraih 7,46% dan juga lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan selama 2018 sebesar 8,73%. 

Keberhasilan atau peningkatan pertumbuhan industri tekstil dan pakaian ini biasanya juga berpengaruh terhadap kinerja saham di perusahaan terkait. Kali ini, Ajaib ingin memberikan informasi mengenai saham salah satu perusahaan besar yang bergerak di produksi tekstil, Indo-Rama Synthetics Tbk atau saham INDR.

Perusahaan ini memiliki kode saham INDR yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan saat ini menduduki peringkat teratas dari segi harga saham yang dimiliki untuk perusahaan tekstil dan garmen. Saham ini bernilai pada kisaran harian Rp3.720 – Rp4.100 per saham. Harga saham INDR melampaui beberapa kompetitor-kompetitor perusahaan sejenis lainnya.

Daripada tambah penasaran mengapa harga saham INDR begitu tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan tekstil dan garmen lainnya. Kamu bisa simak artikel berikut ini yang akan membahas fakta-fakta menarik dari sepak terjang saham INDR hingga kini.

Sejarah Singkat PT Indo-Rama Synthetics Tbk

Secara komersial perusahaan yang memiliki kode saham ini beroperasi pada tahun 1976. Yang mana, INDR bergerak industri tekstil dalam pembuatan benang pintal, pet resin, serat stapel polyester, dan lain sebagainya. Hingga kini, perusahaan ini memiliki anak perusahaan antara lain:

  • Costal International Pte. Ltd
  • Indorama Industry Pte. Ltd
  • Indorama IPLIK Sanayi ve Ticaret
  • Indorama Kokand Textile LLC
  • dan masih banyak lagi.

Pemegang Saham

Berdasarkan data, kepemilikan saham di perusahaan ini dengan komposisi sebagai berikut:

  • Publik (asing) 35,78%
  • HBV 34,03%
  • PTII 25%
  • Publik (lokal) 5,19%

Kapan IPO Saham Terjadi?

PT Indo-Rama Synthetics (INDR) terjun ke bursa saham pada 3 Agustus 1990, persentase saham yang ditawarkan ke publik sebesar 21,63% dan harga saham penawaran Rp12.500 per saham. Dengan jumlah saham penawaran 7.000.000 saham. Dana yang terkumpul dari aktivitas perdagangan IPO ini mencapai Rp87.500.000.000.

Harga Saham INDR saat ini berada di rentang harga Rp3.720-Rp4.100 dengan market cap  mencapai Rp2,43 triliun. Saat ini, market cap saham INDR masuk empat besar perusahaan tekstil terbesar di Indonesia. Pada kuartal 2 2019, INDR meraih keuntungan bersih pada tahun 2018 mencapai $61,8 juta.

Pembagian Dividen Saham INDR

Tercatat pembagian dividen saham ini pernah dilakukan pada 2005, 2006, 2007, 2011, dan 2018. Pada tahun 2018 dividen saham yang dibagikan sebesar Rp340 per saham kepada investor. Pada akhir tahun 2018, INDR mendapatkan laba bersih Rp890 miliar naik begitu tinggi dari pencapaian laba bersih tahun 2017 sebesar Rp27,5 miliar 

Pembelajaan Modal Indorama Tahun 2019

Pada Mei 2019 lalu, Presiden Direktur Indo-Rama Synthetics Vishnu Swaroop Baldwa mengatakan bahwa Indorama telah mengalokasikan anggaran belanja modal sebesar US$44 juta yang bersumber dari kas internal. Hingga kuartal I/2019, PT Indorama Petrochemicals Indonesia telah membelanjakan modalnya sebesar US$12 juta. lalu,

Belanja modal tersebut dikeluarkan untuk ekspansi produk poliester dan benang pintal dengan kapasitas produksi sebesar 410.000 ton per tahun. Selain itu, pada tahun ini, Indorama akan meningkatkan kapasitas produksi 5%-7% dari kapasitas exsisting.

Itulah sepak terjang yang bisa Ajaib rangkum untuk kamu sebagai bahan pertimbangan ketika kamu memutuskan akan berinvestasi pada saham INDR nantinya. Selain mengetahui tentang fakta di atas, kamu juga harus melihat update terbaru mengenai performa saham tersebut melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Cek juga seluruh performa saham dengan mudah semua perusahaan di Ajaib. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih yakin sebelum memulai investasi saham! Jadi, segera cek performanya dan investasi sekarang juga di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait