Saham Bull Diakuisisi hingga 22%, Apa Alasannya?

Saham Bull Diakuisisi Danatama Perkasa hingga 22%, Apa Alasannya?
Saham Bull Diakuisisi Danatama Perkasa hingga 22%, Apa Alasannya?

Saham Bull milik PT Buana Lintas Lautan TBK pada Juli 2019 lalu resmi diakuisisi sebesar 22% oleh Danatama Perkasa, yang juga menjadi salah satu pemegang saham mayoritas di perusahaan ini.

Akuisisi yang terjadi kepada saham bull sendiri adalah hal yang lumrah terjadi dalam dunia investasi. Banyak perusahaan, terutama yang belum terjun ke bursa efek, memilih mengakuisisi saham yang sudah ada, karena berbagai alasan. Bisa atas sugesti manajer investasi atau bisa juga karena saham perusahaan yang ingin diakuisisi cenderung stabil dalam periode waktu tertentu. Lalu sebenarnya apa itu akuisisi dan kenapa sebuah perusahaan memutuskan untuk mengakuisisi saham tertentu? Berikut penjelasannya.

Definisi akuisisi

Akuisisi terjadi ketika satu perusahaan membeli sebagian atau seluruh saham perusahaan untuk mendapatkan kontrol terhadap perusaahaan tersebut. Membeli lebih dari 50% saham perusahaan dan aset lainnya memungkinkan pihak yang mengakuisisi untuk membuat keputusan tentang aset yang baru didapatkan tanpa persetujuan pemegang saham lainnya. Akuisisi, yang sangat umum terjadi di bisnis, bisa terjadi dengan persetujuan perusahaan target, atau bisa juga tanpa persetujuannya.

Kita terkadang mendengar akuisisi sebuah perusahaan besar karena kesepakatan sebesar ini biasanya mendominasi berita. Pada realitanya, merger dan akuisisi sering terjadi secara reguler di antara perusahaan kecil hingga menengah daripada perusahaan besar.

Kenapa melakukan akuisisi?

Perusahaan mengambil alih perusahaan lain karena berbagai alasan. Mereka mungkin melihat skala ekonomi, diversifikasi, pasar saham yang lebih baik, sinergi yang meningkat, pengurangan biaya atau penawaran ceruk baru. Alasan lainnya adalah:

Cara untuk memasuki pasar asing

Jika perusahaan ingi mengembangkan pengoperasiannya di negara lain, membeli perusahaan yang sudah ada di negara tersebut adalah cara tercepat untuk masuk pasar asing. Bisnis yang telah dibeli sudah akan memiliki personilnya sendiri, nama merek, dan aset nyata lainnya, yang akan membantuk untuk memastikan perusahaan yang diakuisi memulai dari tempat yang tepat.

Strategi pertumbuhan

Mungkin sebuah perusahaan memiliki kendala logistik aau fisik atau kehabisan sumber daya. Jika perusahaan mengalami hal ini, maka akan lebih logis jika mengambil alih perusahaan lain daripada bersikeras mengembangkannya sendiri. Perusahaan yang mengalami ini mungkin akan melihat perusahaan baru yang menjanjikan untuk diakuisisi dan memaksimalkannya untuk menjadi sumber pendapatan yang baru.

Mengurangi kapasitas lebih dan kompetisi

Jika terlalu banyak kompetisi atau persediaan, perusahaan mungkin memilih mengakuisisi untuk mengurangi kapasitas, menghilangkan kompetisi dan lebih memilih fokus kepada hal yang paling produktif. Saham bull yang diakuisis hingga 22% oleh Danatama Perkasa mungkin meliputi alasan-alasan di atas, atau bisa juga tidak. Terlepas dari hal tersebut, akuisisi adalah hal yang sangat wajar sehingga jika suatu hari saham yang Anda miliki perusahaannya diakuisi, Anda tidak perlu khawatir berlebihan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait