Selain Saham PWON, Ini Saham Para Crazy Rich Surabaya

Selain Saham PWON, Ini Saham Para Crazy Rich Surabaya
Selain Saham PWON, Ini Saham Para Crazy Rich Surabaya

Sebutan crazy rich ini didasari dari film Thailand yang berjudul Crazy Rich Asian yang begitu populer di tahun 2018 lalu. Setelahnya mulai banyak tersorot para crazy rich dari Surabaya. Banyak dari para pengusaha tersebut berhasil mendirikan perusahaan ternama dengan fundamental baik dan sudah melantai di bursa saham. Tak sedikit dari mereka yang kini masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Beberapa dari saham perusahaan para pengusaha ini dapat dipilih untuk jadi investasi, salah satunya adalah saham PWON dari PT Pakuwon Jati Tbk.

Meski para pengusaha ini punya perusahaan dengan fundamental yang terbilang baik, apakah saham-saham tersebut bisa dikoleksi? Jawabannya belum tentu, akan tetapi selama Anda punya keyakinan perusahaan akan terus berkembang di masa depan, kenapa tidak. Penasaran saham-saham perusahaan apa saja yang jadi milik para Crazy Rich Surabaya? Berikut ulasannya.

PT Pakuwon Jati Tbk – PWON

Perusahaan yang satu ini bergerak di sektor pengembangan properti. Pakuwon menerima keuntungan dari pendapatan pembangunan dan pendapatan secara berulang. Pendapatan dari pembangunannya didapat dari penjualan seperti apartemen, perkantoran, kondominium, tanah, serta lahan yang dikembangkan. Pakuwon Jati didirikan oleh seorang pengusaha bernama Alexander Tedja dari Surabaya. Akan tetapi pendirinya ternyata lahir di kota Medan. Sebutan crazy rich Surabaya karena dia merupakan raja properti di kota Pahlawan tersebut.

Sekarang ini, Alexander Tedja ada di peringkat ke-12 dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Total aset yang dimilikinya mencapai USD1,6 miliar (Rp 22 triliun). Saham PWON termasuk dalam saham syariah juga, dimana 67 persen sahamnya dipegang oleh PT Pakuwon Arthaniaga. Sedangkan sisanya 30,24 persen saham merupakan jatah untuk publik. Sementara harga penawaran untuk saham PWON ketika pertama kali IPO sebesar Rp 7.300 yang pernah catatkan 3 kali melakukan stock split. Lalu untuk harga per tanggal 30 September 2019 senilai Rp665.

Dari kinerjanya pun saham PWON terbilang baik. Sahamnya sempat masuk masuk dalam Top Gainers pada awal April 2019 berada di level Rp755 per lembar saham. Namun, hingga kini saham PWON masih termasuk dalam emiten properti yang bagus untuk dibeli.

PT Sariguna Primartirta Tbk – CLEO

Selain saham PWON, adapula saham dari perusahaan air minum Cleo yang juga salah satu dari pemilik pengusaha dari Surabaya bernama Hermanto Tanoko. Perusahaan ini menaungi sejumlah consumer good seperti air mineral Cleo, Roller, Herbal & Healthy. Selain itu beliau juga memiliki hotel dengan nama Cleo. Sebanyak 51,64% saham Cleo dikuasai oleh PT Global Sentral Abadi, lalu publik mendapat jatah sebesar 20,45%.

PT HM Sampoerna Tbk – HMSP

Perusahaan ini mendapatkan keuntungannya dari penjualan rokok yang merupakan milik dari Liem Seeng Tee dengan produk unggulannya Dji Sam Soe. Pada tahun 2015 saham HMSP dijual ke Philip Morris seharga Rp48 triliun. Saat ini HMSP dipimpin oleh generasi kedua dari keluarga Liem bernama Putera Sampoerna. Yang pasti, 92,50% sahamnya dikuasai Philip Morris dan 7,50% dilepas untuk publik.

Sebetulnya masih banyak saham-saham perusahaan dari para crazy rich Surabaya. Setidaknya ketiga perusahaan tersebut memiliki prospek bagus ke depannya untuk dimiliki sahamnya. Termasuk saham PWON, dimana properti akan terus berkembang seiring kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait