Saham

Selain Saham PWON, Ini Saham Para Crazy Rich Surabaya

Selain Saham PWON, Ini Saham Para Crazy Rich Surabaya

Ajaib.co.id – Sebutan crazy rich ini didasari dari film asal Amerika yang berjudul Crazy Rich Asian yang begitu populer di tahun 2018 lalu. Setelahnya mulai banyak tersorot para crazy rich dari Surabaya. Banyak dari para pengusaha tersebut berhasil mendirikan perusahaan ternama dengan fundamental baik dan sudah melantai di bursa saham. Tak sedikit dari mereka yang kini masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Beberapa dari saham perusahaan para pengusaha ini dapat dipilih untuk jadi investasi, salah satunya adalah saham PWON dari PT Pakuwon Jati Tbk.

Meski para pengusaha ini punya perusahaan dengan fundamental yang terbilang baik, apakah saham-saham tersebut bisa dikoleksi? Jawabannya belum tentu, akan tetapi selama kamu punya keyakinan bahwa perusahaan akan terus berkembang di masa depan, kenapa tidak. Penasaran saham-saham perusahaan apa saja yang jadi milik para Crazy Rich Surabaya? Berikut ulasannya.

PT Pakuwon Jati Tbk – PWON

Perusahaan yang satu ini bergerak di sektor pengembangan properti. Pakuwon menerima keuntungan dari pendapatan pembangunan dan pendapatan secara berulang. Pendapatan dari pembangunannya didapat dari penjualan seperti apartemen, perkantoran, kondominium, tanah, serta lahan yang dikembangkan. Pakuwon Jati didirikan oleh seorang pengusaha bernama Alexander Tedja dari Surabaya. Akan tetapi pendirinya ternyata lahir di kota Medan. Sebutan crazy rich Surabaya karena dia merupakan raja properti di kota Pahlawan tersebut.

Sekarang ini, Alexander Tedja ada di peringkat ke-12 dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Total aset yang dimilikinya mencapai USD1,6 miliar (Rp 22 triliun). Saham PWON termasuk dalam saham syariah juga, di mana 67 persen sahamnya dipegang oleh PT Pakuwon Arthaniaga. Sedangkan sisanya 30,24 persen saham merupakan jatah untuk publik. Sementara harga penawaran untuk saham PWON ketika pertama kali IPO sebesar Rp 7.300 yang pernah catatkan 3 kali melakukan stock split. Lalu untuk harga per tanggal 3 Juli 2020 senilai Rp418 per lembar saham.

Dari kinerjanya pun saham PWON terbilang baik. Sahamnya sempat masuk masuk dalam Top Gainers pada awal April 2019 berada di level Rp755 per lembar saham. Namun, hingga kini saham PWON masih termasuk dalam emiten properti yang bagus untuk dibeli.

Sejak adanya pandemi virus corona, ada sekitar 60 mal lebih tutup dan kini di masa kenormalan baru, mall di ibu kota mulai buka. Meski telah dibuka, pembukaan sejumlah mall ini tetap menjalankan protokol kesehatan dan menerapkan konsep new normal.

Nah, di masa kenormalan baru ini, aasumsi mall akan mulai beroperasi membuat emiten yang akan terdampak positif adalah emiten properti seperti Pakuwon Jati, yang memiliki pendapatan berulang hingga 51%.

Di mana, emiten berkode saham PWON tersebut termasuk emiten dengan porsi pendapatan berulang (recurring income) tertinggi. Perusahaan tersebut memiliki sederet mall ternama, diantaranya Kota Kasablanka, Gandaria City, Blok M Plaza, Pakuwon Mall, dan Tunjungan City. 

Emiten ini juga akan menerapkan konsep superblock yaitu pembangunan mall yang diikuti dengan pembangunan hunian di sekitarnya.  Jika mall akan secara resmi beroperasi, hal ini akan menjadi harapan bagi pulihnya kinerja emiten properti untuk jangka panjang.

PT Sariguna Primartirta Tbk – CLEO

Selain saham PWON, adapula saham dari perusahaan air minum Cleo yang juga salah satu dari pemilik pengusaha dari Surabaya bernama Hermanto Tanoko. Perusahaan ini menaungi sejumlah consumer good seperti air mineral Cleo, Roller, Herbal & Healthy. Selain itu beliau juga memiliki hotel dengan nama Cleo. Sebanyak 51,64% saham Cleo dikuasai oleh PT Global Sentral Abadi, lalu publik mendapat jatah sebesar 20,45%.

PT HM Sampoerna Tbk – HMSP

Perusahaan ini mendapatkan keuntungannya dari penjualan rokok yang merupakan milik dari Liem Seeng Tee dengan produk unggulannya Dji Sam Soe. Pada tahun 2015 saham HMSP dijual ke Philip Morris seharga Rp48 triliun. Saat ini HMSP dipimpin oleh generasi kedua dari keluarga Liem bernama Putera Sampoerna. Yang pasti, 92,50% sahamnya dikuasai Philip Morris dan 7,50% dilepas untuk publik.

PT Media Nusantara Citra, Tbk (MNCN)

Perusahaan media raksasa yang didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo ini juga menjadi perusahaan ke-20 daftar orang terkaya di Indonesia. Di mana, perusahaan ini memiliki total aset senilai US$ 1,1 miliar atau setara Rp15 triliunan.

Di dalam MNC Group ini ada beberapa macam saham lagi, misalnya MNC Land (KPIG), Bank MNC (BABP), MNC Kapital (BCAP), dan MNC Investama (BHIT). Saham MNCN menjadi salah satu saham yang paling direkomendasikan. Di mana, saham ini dikuasai oleh Global Mediacom Tbk sebanyak 63,85 persen saham, dan 36,06 persen dipasarkan untuk publik.

Pertama kali IPO, saham ini ditawarkan dengan harga Rp900 lembar per saham dan per 3 Juli 2020, harga saham ini berada di level Rp915 per lembar saham.

PT Bank Mayapada International, TBK (MAYA)

Perusahaan ini didirikan dan dipimpin oleh keluarga Tahir yang kini menduduki posisi ke-4 deretan orang terkaya di Indonesia. Dato Sri Tahir adalah salah satu tokoh kuncinya. Dulunya, ia hanyalah seorang anak tukang becak yang kini menjadi pengusaha sukses. Berkat kerja kerasnya dia berhasil mendirikan Mayapada Group yang menggurita.

Di mana, sebanyak 40 persen Saham Maya dikuasai JPMCB-Cathay Life Insurance Co Ltd, 20,94 persennya dipegang PT. Mayapada Karunia, sementara 11,47 persennya diperuntukan ke publik. Harga saham perusahaan ini melakukan IPO adalah Rp800, dan kini pada 3 Juli 2020, harganya mencapai Rp6.500 per lembar.

Sebetulnya masih banyak saham-saham perusahaan dari para crazy rich Surabaya. Setidaknya beberapa perusahaan tersebut memiliki prospek bagus ke depannya untuk dimiliki sahamnya. Termasuk saham PWON, di mana properti akan terus berkembang seiring kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal.

Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti jejak crazy rich surabaya. Yuk mulai investasi saham sekarang. Kini, kamu bisa membuka rekening saham kapan dan di mana saja melalui aplikasi Ajaib. Jadi tunggu apalagi? Pilih emitennya dan buka rekeningnya di Ajaib sekarang juga!

Artikel Terkait