Perencanaan Keuangan

Laporan Keuangan Perusahaan dan 5 Ciri Laporan yang Sehat

laporan keuangan perusahaan

Ajaib.co.id – Teruntuk kamu investor ataupun pengusaha, mendengar laporan keuangan perusahaan pasti sudah tidak asing lagi. Di sini, redaksi Ajaib akan membahas lebih dalam mengenai ciri-ciri laporan yang sehat, yuk simak.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode yang berfungsi menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

Laporan keuangan perusahaan sendiri memiliki komponen yang sama. Walau perusahaan tersebut memiliki produk atau bisnis yang berbeda-beda, komponen laporan keuangan yang ada pastinya sama. Komponen tersebut antara lain:

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan laporan untuk memperhitungkan profit atau rugi dalam suatu periode. Dari laporan laba rugi ini, kamu dapat mengetahui pos beban mana yang menghabiskan banyak dana.

Harga Pokok Penjualan

Bagi perusahaan manufaktur dalam memperhitungkan harga pokok penjualan melibatkan berbagai persediaan sehingga perhitungannya lebih rumit. Tak heran jika biasanya perhitungan harga pokok penjualannya dibuatkan laporan tersendiri atau dipisah dengan laporan laba rugi.

Neraca

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan yang mencatat aset perusahaan, hutang dan ekuitas yang dimiliki perusahaan tersebut.

Arus Kas

Arus kas merupakan komponen laporan keuangan yang menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan dalam periode tertentu.

Manfaat Laporan Keuangan

Seperti yang kita tahu, laporan keuangan perusahaan memiliki beragam manfaat baik bagi pihak internal maupun eksternal. Berikut beberapa manfaat laporan keuangan yang wajib kamu ketahui :

Bagi Investor

Bagi investor laporan keuangan perusahaan berguna untuk meninjau kinerja perusahaan dan dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk membeli, menjual maupun menahan investasi yang dimiliki pemegang saham dalam perusahaan tersebut.

Bagi Pelanggan

Kini banyak perusahaan yang menggaet pelanggannya sendiri sebagai agen pemasaran. Bagi pelanggan yang biasanya melakukan kerjasama bisnis lebih dari satu tahun, perlu mengetahui kinerja perusahaan yang akan dijajakinya.

Bagi Pemerintah

Pemerintah juga memerlukan laporan keuangan untuk memungut kewajiban pajak perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk mendata pertumbuhan ekonomi atau kapasitas produksi secara makro dalam suatu negara. Hal ini digunakan untuk dasar pengambilan kebijakan ekonomi bagi negara itu.

Karyawan dan Manajemen Perusahaan

Pihak internal seperti karyawan dan manajemen perusahaan juga membutuhkan laporan keuangan untuk meninjau kinerja perusahaan tersebut apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Karyawan memerlukan laporan keuangan perusahaan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar gaji mereka.

Supplier dan Kreditur

Sebagai pemilik modal, laporan keuangan untuk kreditur laporan berfungsi sebagai bahan referensi untuk memberikan pinjaman atau tidak. Sedangkan untuk supplier, laporan keuangan dapat memberikan gambaran untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar tagihannya.

Akademisi

Laporan keuangan juga digunakan oleh akademisi untuk menunjang penelitian mereka di bidang keilmuan khususnya ekonomi. Dengan begitu para akademisi ini juga bisa mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan yang berkaitan dengan akuntansi dan lainnya.

Setelah kamu mengetahui pihak-pihak yang membutuhkan laporan keuangan serta komponen-komponen wajib di dalamnya. Berikutnya ada beberapa poin yang dapat kamu pertimbangkan untuk laporan keuangan yang sehat. Beberapa ciri dari laporan keuangan yang sehat antara lain:

Tingkat Pengeluaran Tidak Melebihi Pemasukan

Idealnya, bisnis yang sehat memiliki keuntungan yang stabil setiap bulannya. Hal tersebut dapat tercapai apabila jumlah pemasukan melebihi pengeluaran. Terkadang, jika bisnis perusahaan mengalami pemasukan tinggi, kemungkinan besar pengeluaran akan ikut meningkat.

Pada poin ini kamu harus jeli melihat strategi perusahaan tersebut dalam mengatur peningkatan dan pengeluaran tersebut.

Mempunyai Dana Cadangan

Terkadang hal sering dilupakan ketika memiliki penjualan yang sangat bagus adalah memiliki dana cadangan. Hal ini mempengaruhi masa depan perusahaan dalam menghadapi hal-hal yang tidak dapat diperkirakan.

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan dana cadangan perusahaan melalui laporan keuangannya. Sehingga kamu dapat memperkirakan sekuat apa perusahaan menghadapi hal-hal yang dapat merugikan di masa depan.

Dapat dibandingkan

Sebagai pemilik modal ataupun berbagai kepentingan dengan perusahaan, laporan keuangan harus dapat dibandingkan antar periode. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan. Membandingkan laporan keuangan akan memberikan gambaran bagaimana perusahaan menghadapi tren dan potensi gagal tiap periodenya.

Tingkat Rasio Utang Cenderung Rendah

Dalam laporan keuangan, ada dua jenis rasio utang yang perlu kamu perhatikan, yaitu rasio utang dengan aset dan rasio utang dengan ekuitas. Rasio utang dengan aset diperlukanuntuk mengukur jumlah aktiva perusahaan yang dibiayai dengan total uang.

Sedangkan, sebagai pemilik modal kamu dapat fokus pada rasio utang dengan ekuitas. Fungsinya untuk melihat seberapa besar utang perusahaan jika dibandingkan ekuitas perusahaan atau para pemegang saham. Idealnya, bisnis yang sehat memiliki tingkat rasio utang rendah.

Telah Terverifikasi

Untuk ciri terakhirnya, laporan tersebut telah terverifikasi dengan baik oleh berbagai pihak. Jika perusahaan tersebut berada di pasar bebas, maka pastinya laporan keuangannya telah memiliki standar yang baik.

Selain itu juga kamu dapat lebih percaya terhadap sebuah laporan keuangan yang telah diperiksa serta diaudit oleh lembaga audit independen. Dengan hal tersebut dapat meyakinkan kamu bahwa laporan keuangan tersebut benar adanya.

Apabila kondisi laporan keuangan yang kamu baca telah memiliki ciri-ciri tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Jika masih ada keraguan, kamu bisa mulai mempercayakan hal ini ke penasihat keuangan yang kamu kenal.

Dengan begitu, kamu dapat lebih percaya dan yakin sehingga kamu tidak salah investasi. Investasi yang baik adalah investasi yang dikelola dengan baik, salah satunya oleh manajer investasi.

Contohnya seperti Ajaib, sebuah aplikasi investasi reksa dana online yang memiliki manajer investasi yang handal dan terpercaya. Dengan memiliki manajer investasi, kamu tidak perlu pusing untuk membaca laporan keuangan karena semua sudah dilakukan oleh ahlinya!

Artikel Terkait