Saham BTPS Masuk Indeks LQ45, Apa Itu Indeks Saham?

Saham BTPS Masuk Indeks LQ45, Apa Itu Indeks Saham?
Saham BTPS Masuk Indeks LQ45, Apa Itu Indeks Saham?

Saham BTPS pada Agustus 2019 resmi masuk Indeks LQ45. Pada tanggal 1 Agustus 2019, Saham BTPS langsung melonjak tinggi dengan peningkatan sebesar 9,15%, membuat harganya pada saat itu Rp3.460 per lembar saham.

Keberadaan indeks dalam dunia investasi saham secara keseluruhan tentunya berdampak signifikan. Bagi kamu investor pemula, sebelum terjun lebih dalam apa saja indeks saham unggulan yang ada di Indonesia, ada baiknya kamu mempelajari apa itu indeks saham secara keseluruhan.

Apa itu indeks?

Indeks adalah indikator atau ukuran dari suatu hal, dan dalam dunia finansial, biasanya mengacu kepada ukuran statistik dari perubahaan pasar sekuritas. Dalam kasus pasar finansial, saham dan pasar obligasi, indeks terdiri dari portofolio hipotesis dari sekuritas yang mewakili pasar atau segmen tertentu. Indeks LQ45 adalah salah satu dari sekian indeks acuan untuk pasar saham dan obligasi Indonesia.

Penjelasan indeks

Setiap indeks yang berhubungan dengan saham, termasuk saham BTPS dan obligasi memiliki metode perhitungan sendiri. Pada banyak kasus, perubahan indeks lebih penting daripada nilai angka yang tercantum di indeks. Contohnya, jika indeks LQ45 kini berada di angka 6,670. Angka tersebut memberi tahu investor bahwa ada peningkatan hampir 7 kali lipat dari level dasarnya, misalnya 1000. Namun, untuk mengetahui bagaimana indeks berubah dari hari kemarin, investor harus melihat berapa kali jumlah indeks jatuh, yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk persentase.

Hubungan indeks saham, indeks reksa dana, dan reksa dana kolektif

Ketika menyatukan reksa dana dan reksa dana kolektik, sponsor dana berupaya untuk membuat portofolio menyerupai komponen indeks tertentu. Ini memungkinkan investor untuk membeli sekuritas yang cenderung naik dan turun seiring dengan pasar saham secara keseluruhan atau dengan segmen pasar.

Indeks juga terkadang dijadikan acuan untuk mengukur performa dari reksa dana dan reksa dana kolektif. Contohnya, banyak reksa dana membandingkan pengembalian mereka dengan pengembalian dalam indeks bergengsi untuk memberi investor “bocoran” tentang seberapa banyak atau uang yang manajer investasi mereka dapatkan dari uang investor yang ia atur.

Contoh indeks saham

Indeks LQ45 adalah salah satu indeks terbaik di Indonesia dan menjadi acuan dalam pasar saham. Saham-saham yang tergabung dalam indeks LQ45, termasuk saham BTPS, mayoritas merupakan saham blue chip atau saham yang memiliki harga yang stabil. Tentunya, masih banyak indeks saham yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya adalah Indeks IHSG, Indeks JII dan juga Indeks Sektoral.

Memahami apa itu pengertian indeks tentunya penting, karena bukan hanya digunakan pada investasi saham, namun indeks juga digunakan untuk investasi reksa dana. Perkaya pengetahuan Anda tentang dunia investasi dengan mengunjungi blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait