Saham BNBR: Perusahaan Milik Keluarga Konglomerat Asal Indonesia

Saham BNBR: Perusahaan Milik Keluarga Konglomerat Asal Indonesia
Saham BNBR: Perusahaan Milik Keluarga Konglomerat Asal Indonesia

Jika membicarakan mengenai Bakrie Group, apa yang ada dipikiran kamu semua? Tentu saja. Banyak sekali yang terpikirkan oleh kita semua, bukan?  Hal ini dikarenakan Bakrie Group memang merupakan perusahaan besar yang memiliki lini bisnis di berbagai sektor industri.

Selain itu, perusahaan Bakrie Group merupakan perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha konglomerat di Indonesia, yaitu Achmad Bakrie yang didirikan oleh Achmad Bakrie pada tahun 1942, sejak berdiri hingga saat ini. Perusahaan Bakrie Group bergerak di berbagai bidang seperti MIGAS, media, properti, telekomunikasi, pertambangan, dan infrastruktur.

Bakrie Group kini juga sudah melantai di bursa saham dengan kode saham BNBR, apa dari kamu ada yang berminat untuk membeli saham BNBR dari pengusaha kaya asal Indonesia ini?

Jika, kamu berminat, yuk kita lihat dulu informasi menarik berikut ini mengenai saham BNBR yang dimiliki oleh pengusaha kaya asal Indonesia.

Sejarah dan Profil Singkat Bakrie & Brothers Tbk (BNBR)

Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) merupakan salah satu anak usaha tertua dari Bakrie Group, yang didirikan oleh almarhum Achmad Bakrie. BNBR bergerak pada bidang infrastrukur dan industri manufaktur, bisnis perusahaan yang digeluti seperti menjadi produsen pipa baja, bahan bangunan, EPC, dan proyek infrastruktur di Indonesia.

Pada awalnya berdirinya perusahaan BNBR merupakan perusahaan perdagangan umum dan keagenan, sejak dulu BNBR sudah dikenal sebagai pionir dalam bidang industri manufaktur untuk produk pipa baja di Indonesia.

Unit usaha BNBR meliputi proyek-proyek besar di Indonesia seperti pembangunan jalan tol, pipa gas, dan pembangkit listrik. Unit bisnis usaha BNBR dibantu oleh anak perusahaan antara lain:

  • Bakrie Energy International Pte Ltd
  • PT. Bakrie Harper 
  • PT. Bakrie Building Industries and Subsidiaries
  • PT. Bakrie Solu si Strategis
  • PT. Bakrie Indonesia Infrastructure
  • PT. Kreasindo Jaya Utama
  • Sebastopol Inc
  • PT. Bakrie Metal Industries and subsidiaries

Bagaimana Pemegang Saham BNBR Saat Ini?

Saat ini kepemilikan saham BNBR sebesar 5% atau lebih dikuasai oleh publik (39,11%), Fountain City Investment Ltd (33,97%), Credit Suisse AG Cabang Singapura (9,71%), Daley Capital Limited (7,52%), dan PT Asuransi Simas Jaya (5,89%).

Harga Saham BNBR Ketika Melantai di Bursa Saham

Saham BNBR pertama kali melantai di bursa saham tepatnya pada 28 Agustus 1989, dengan jumlah penawaran saham sebanyak 2.850.000 saham dan harga saham penawaran Rp7.975 per saham. Dalam IPO ini, saham BNBR mampu mendapatkan suntikan dana sebesar Rp22.728.750.000.

Pembagian Dividen Saham BNBR

Tercatat pasca penawaran saham ke publik, saham BNBR membagikan dividen sebanyak lima kali, yaitu Rp180 per lembar (tahun 1993), Rp150 per lembar (1994), bonus saham (tahun 1995), dan Rp35 per lembar (tahun 1996).

Keuntungan BNBR pada Tahun 2019

Semester 1 tahun 2019 ini, BNBR berhasil meraup keuntungan bersih Rp222,685 miliar. Keuntungan yang didapat ini berbeda halnya dengan semester 1 2018. Dimana BNBR mengalami kerugian sebesar Rp1,065 triliun. 

Pendapatan semester 1 2019 juga mengalami kenaikan sebesar 7,2% menjadi Rp1,7 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun 2018 yang hanya mencapai Rp1,6 triliun. Kenaikan ini dikarenakan sejumlah anak perusahaan BNBR memiliki kinerja yang baik selama beberapa bulan terakhir ini.

Harga Saham BNBR Saat Ini

Harga saham BNBR saat ini tercatat berada di rentang harga harian Rp50 per saham dengan market cap Rp1,04 triliun.

Demikianlah fakta-fakta menarik dari saham BNBR milik pengusaha kaya keluarga Bakrie yang bisa Anda memiliki saat ini. 

Setelah mengetahui sejarah dan profil singkat dari perusahaan milik Bakrie ini, apakah kamu tertarik untuk menanamkan modal di perusahaan ini dan menjadi salah satu pemilik saham BNBR? Jika iya, yuk cari saham BNBR di Ajaib dan jadilah salah satu pemilik bisnisnya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait