Punya Uang 1 Juta, Pilih Investasi Saham Japfa atau Emas?

Punya Uang 1 Juta, Pilih Investasi Saham Japfa atau Emas?
Punya Uang 1 Juta, Pilih Investasi Saham Japfa atau Emas?

Dalam memilih jenis investasi, kamu harus menyesuaikan dengan tujuan investasi dan profilmu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menentukan jenis investasi mana yang bisa kamu pilih. Dari beberapa jenis investasi yang ada, ada dua yang paling jadi incaran yakni investasi saham dan investasi emas. Salah satu emiten saham yang jadi incaran ialah saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)

JPFA sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pakan ternak hewan. Sebagai saham blue chip, saham ini memiliki kapitalisasi pasar di atas Rp40 triliun. Maka dari itu, saham Japfa pantas untuk dijadikan investasi jangka panjang, serta penghasilan yang terus menerus. Hal itu dikarenakan perusahaan tersebut tidak main-main dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, saham JAPFA ini tidak mudah ‘digoreng’ oleh para bandar lantaran pangsa pasar modal yang terlalu besar.

Saham JAPFA Layak Dibeli?

Jika kamu memiliki uang Rp1.000.000, apakah layak untuk membeli saham Japfa tersebut? Jika dilihat dari harga pada Selasa (24 September 2019), pada sesi penutupan harganya sedang mengalami penurunan hingga Rp1.460 per lembarnya. Dengan menurunnya harga saham tersebut, ini merupakan kesempatan yang tepat untuk membeli saham Japfa.

Sebab, saham Japfa sebagai saham blue chip sudah pasti menguntungkan. Apalagi jika dilihat dari dividen yang pernah dibagikan oleh perusahaan tersebut. Terakhir, pada April 2019 mereka membagikan dividen sebesar Rp100 per lembar.

Dengan uang Rp1.000.000 tersebut, kamu bisa membeli 5 lot saham. 1 lot saham terdiri dari 100 lembar. Jadi, jika kamu membeli 5 lot maka kamu menggelontorkan dana sebesar Rp730.000 (per 24 Sepetember).

Bagaimana dengan Investasi Emas?

Tidak jauh berbeda dengan saham, investasi emas juga cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Sebab, harga emas cenderung terus naik tiap tahunnya. Bahkan, emas juga bisa dijadikan sebagai pelindung aset kekayaanmu. 

Selain itu, emas merupakan salah satu saham yang mudah untuk dicairkan. Maksudnya, emas bisa dengan mudah ditukarkan menjadi uang tunai. Adapun untuk memulai transaksinya juga bisa dikatakan mudah.

Kamu bisa memulai transaksinya secara online melalui banyak platform yang tersedia. Beberapa platform yang tersedia di antaranya ialah Tokopedia, Bukalapak, bahkan Pegadaian. Untuk memulainya pun tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Kamu bisa memulainya dengan biaya sebesar Rp100.000 saja. Murah bukan?

Adapun harga emas pada 24 September 2019 ialah Rp765.000 per gram. Dengan begitu, jika kamu memiliki uang sebesar Rp1.000.000, maka kamu bisa membeli emas satu gram saja. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir rugi karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa harga emas tiap tahun cenderung mengalami kenaikan.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, sudahkah kamu menentukan akan investasi saham JAPFA atau investasi emas? Apapun investasi yang kamu pilih, jangan tunggu nanti. Yuk mulai investasi sekarang di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait