Analisis Saham, Investasi, Saham

Konsisten Berinvestasi dengan Metode Dollar Cost Averaging

Ilustrasi investasi dollar cost averaging

Ajaib.co.id – Investasi pada pasar saham sangat tinggi ketidakpastian nya, sehingga dirasa perlu untuk melakukan strategi yang baik sebelum mulai berinvestasi. Salah satu strategi investasi yakni menggunakan metode dollar cost averaging (DCA).

Mengenal Apa Itu Dollar Cost Averaging

Dollar Cost Averaging (DCA)adalah suatu metode strategi berinvestasi yang dilakukan secara berkala, konsisten dan rutin dalam setiap periode. Dengan kata lain, seorang investor harus secara konsisten berinvestasi dalam jumlah yang sama pada setiap periode yang telah ditetapkan.

Dengan metode Dollar Cost Averaging diharapkan dapat membantu investor untuk meminimalisir risiko kerugian karena melakukan investasi secara berkala sehingga mendapatkan nilai rata-rata yang baik.

Cost Averaging sangat berguna jika diterapkan oleh investor pemula yang belum memiliki kemampuan untuk membaca situasi naik atau turunnya pasar, karena dengan metode Dollar Cost Averaging ini investor pemula diharapkan konsisten membeli suatu saham secara rutin sehingga harga rata-rata saham yang di dapatkan nanti akan lebih baik.

Manfaat Menerapkan Metode Dollar Cost Averaging

Berikut merupakan manfaat jika kita menerapkan metode dollar cost averaging dalam berinvestasi, yaitu:

1. Mendapat harga rata-rata saham yang optimal

Dalam investasi, dengan penerapan Dollar Cost Averaging (DCA) maka dapat membantu mendapatkan harga rata-rata terbaik karena jika saham mengalami penurunan, investor yang rutin dan konsisten menerapkan metode dollar cost averaging ini tidak terlalu mengkhawatirkan penurunan tersebut dan tetap melakukan pembelian sehingga kerugian dalam portfolio nya menurun, sehingga harga rata-ratanya membaik.

2. Membantu konsisten berinvestasi

Investasi sebaiknya dilakukan secara konsisten dan disiplin, dengan menggunakan metode Dollar Cost Averaging ini selain kalian dapat meminimalisir risiko penurunan nilai investasi yang ada, kalian juga akan terbiasa untuk berinvestasi dan mendorong konsistensi investasi.

3. Memebantu mengontrol emosi dalam pengambilan keputusan investasi

Metode Dollar Cost Averaging ini dapat membantu kalian mengontrol emosi yang tercipta jika ingin memasukan semua uang yang dimiliki untuk membeli saham. Metode Dollar Cost Averaging ini dapat membantu kalian juga untuk tidak terlena dengan suatu kondisi pasar dan tetap teratur.

4. Sederhana dan Mudah

Konsep Dollar Cost Averaging (DCA) sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan kemampuan khusus dalam penerapan nya. Metode Dollar Cost Averaging ini juga sederhana seperti hal nya kita menabung, dan konsisten menabung dalam jumlah yang sama di setiap periodenya tanpa mengkhawatirkan kondisi apapun di pasar. Metode ini sangat disarankan untuk investor pemula sebab tidak memerlukan perhitungan yang rumit.

Baca juga: Tips Membeli Saham, Dicicil atau Sekaligus?

Kekurangan Metode Dollar Cost Averaging

Metode Dollar Cost Averaging memberikan banyak manfaat terlebih untuk investor pemula, namun di sisi lain metode investasi ini juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

1. Merupakan strategi pasif

Strategi ini sangat membantu investor pemula berinvestasi, namun tidak memicu rasa ingin menambahkan kemampuan investasi. Hal ini karena Dollar Cost Average (DCA) yaitu akan tetap melakukan pembelian tanpa investor memiliki kemampuan membaca kondisi naik turun nya suatu saham.

2. Risiko kerugian lebih dalam

Metode Dollar Cost Averaging dapat membantu meminimalisir risiko namun dapat juga memicu kerugian risiko penurunan lebih dalam jika tidak tepat pemilihan sahamnya.

Jika investor menerapkan metode ini pada suatu saham yang kinerja nya dengan pertumbuhan lamban atau bahkan tidak bertumbuh sama sekali, maka dalam jangka waktu yang panjang sekalipun sulit untuk mendapat keuntungan yang maksimal.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait