Emas

Mau Jual Emas Tanpa Surat? Ini Tips yang Harus Diperhatikan

Mau Jual Emas Tanpa Surat? Ini Dia Tips yang Harus Diperhatikan

Perhiasan emas menjadi salah satu investasi favorit karena bisa dijual kembali ketika membutuhkan dana tunai. Berbeda dengan aset berupa tanah atau properti, emas mudah dijual dan tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan uangnya. Namun ketika akan jual emas tanpa surat tentu saja ada beberapa hal yang kamu aplikasikan agar dapat untung maksimal.

Idelanya kamu menyertakan surat pembelian ketika akan menjual emas kembali. Surat ini sebagai penanda keaslian dan juga kadar yang dimiliki oleh perhiasan tersebut. Sayangnya tak banyak yang sadar pentingnya menyimpan surat pembelian emas tersebut untuk tujuan jangka panjang.

Jika pun sadar, banyak pula yang kemudian lupa menyimpan surat-suratnya sehingga kelabakan ketika akan jual emas tersebut. Untuk mendapatkan harga terbaik memang surat pembelian adalah hal yang penting. Namun bukan berarti kamu tidak bisa dapat harga terbaik ketika jual emas tanpa suratnya.

Kamu tetap bisa dapat keuntungan maksimal jika menerapkan tips menjual emas ala Ajaib ini.

Jual Emas Tanpa Surat Tetap Bisa Untung Asal Tahu Caranya

Emas merupakan logam mulia yang paling disukai oleh banyak orang. Selain bentuknya yang indah, emas juga bisa menjadi investasi yang cukup menjanjikan. Investasi emas juga minim risiko atau kerugian. Sebab, harga emas cenderung naik dan jarang mengalami penurunan harga.

Selain itu, emas juga tidak dikenakan pajak. Sehingga, kamu tidak perlu mengurus pajak setiap tahunnya. Emas pun bisa dicairkan menjadi uang. Kamu bisa menjualnya kapan saja saat membutuhkan uang.

Untuk menjual emas, kamu harus memperhatikan surat-surat yang dimiliki. Kalau kamu tidak memiliki suratnya, maka harga emas yang dijual akan jatuh. Hal itu disebabkan karena surat tersebut menjelaskan keaslian dari kadar emas dan berat emasnya.

Jika tidak ada surat itu, maka keaslian emas perlu diragukan. Memang sekarang sudah ada metode cepat dalam mengetahui kadar emas namun penerapannya masih sangat terbatas. Kebanyakan, pihak toko akan melebur emas untuk menentukan kadar emasnya yang tentu saja membutuhkan waktu. Biasanya toko juga akan mengenakan biaya untuk peleburan guna menetukan kadarnya ini.

Namun jika terdesak maka menjual emas tanpa surat pun tetap harus ditempuh. Karena itulah kamu harus memerhatikan tips di bawah ini untuk ketika ingin jual emas tanpa surat.

1. Memerhatikan Kurs Emas

Mengetahui harga emas saat ini adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum menjual emas tanpa surat. Harga tersebut juga mempengaruhi nominal uang yang kamu dapatkan dari penjualan emas. Jika kamu menjual emas tanpa surat saat kursnya sedang tinggi, pastinya harga yang ditawarkan juga tidak terlalu jatuh.

2. Cek Keadaan Emas

Tidak memiliki surat emas adalah sebuah kondisi yang tidak menguntungkan. Namun, jika kondisi emas yang kamu miliki masih dalam keadaan bagus, harga jualnya juga tidak akan terlalu anjlok. Beda halnya jika kondisi emasmu penuh dengan goresan, kusam, dan cacat.

Harga jual yang ditawarkan akan semakin jatuh dan kamu mengalami kerugian yang besar. Sebelum kamu menjualnya, sebaiknya cuci ulang agar emas yang kamu miliki bersih kembali. Dengan cara tersebut, akan sedikit menutupi keadaan emas yang sudah kusam.

3. Mengetahui Kadar Emas

Kadar murni yang ada di dalam emas merupakan salah satu hal utama yang memengaruhi harga emas. Semakin tinggi kadar emasnya, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan memang cukup tinggi, hal tersebut berlaku jika kamu memiliki kelengkapan surat-surat dari emas tersebut.

Jangan sampai kamu buta sama sekali soal kadar emas yang kamu miliki. Paling tidak kamu mengetahuinya sehingga menjadi dasar pihak tokok untuk menentukan kadar dan tentu saja harga jual kembalinya.

4. Menjualnya di Tempat Membeli Emas

Kamu bisa menjual emas di toko atau tempatmu membelinya. Kalau kamu menjual emas di toko lain tanpa kelengkapan surat, maka potongan harganya akan lebih besar. Biasanya, surat yang disertakan dengan perhiasan emas hanya berbentuk kuitansi. Sehingga, kamu tidak bisa meminta untuk membuat surat itu kembali.

Tanpa surat, harga emas tentunya bisa jatuh. Sebab, surat emas tersebut digunakan oleh para pedagang emas untuk menentukan kadar emasnya. Jika kamu ingin menjual emas tanpa surat, akan dikenai biaya administrasi dan peleburan. Biasanya, pihak toko akan melebur emas jika modelnya sudah tidak sesuai tren dan dibuat kembali menjadi perhiasan dengan model terkini.

Pada dasarnya, surat emas merupakan sebuah dokumen yang sangat penting. Tanpa kelengkapan surat, kamu bisa terkena pidana karena emas tersebut akan dianggap sebagai barang curian. Namun masih banyak praktik jual emas tanpa surat karena memang kebutuhannya tinggi.

Namun cara terbaik tentu saja menjual emas dengan kelengkapannya agar kamu tidak merugi. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya simpan surat-surat tersebut di tempat yang aman. Dengan demikian, sewaktu-waktu emasmu bisa dijual kembali dan kamu tetap dapat cuan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait