Minat Investasi Emas? Cek Grafik Harga Emas Antam

Minat investasi Emas? Cek Lebih Dulu Grafik Harga Emas Antam Setahun Terakhir

Grafik harga emas ANTAM seringkali dicari karena emas merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih kalangan masyarakat umum. Pada dasarnya, investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang cocok bagi kalangan investor pemula. Selain risiko yang rendah, investasi emas juga akan mendatangkan keuntungan seiring berjalannya waktu.

Perusahaan Emas di Indonesia

Di Indonesia sendiri, ada empat perusahaan emas terkemuka, yaitu:

  • Perusahaan PT. Aneka Tambang (ANTAM)
  • Perusahaan PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS)
  • Perusahaan PT. Pamitramas Mulia (King Halim)
  • Perusahaan PT. Hartono Wira Tanik (HWT)

Dari keempat perusahaan tersebut, emas cetakan ANTAM memiliki popularitas paling tinggi. Demikian juga jika dilihat dari segi harga pasarannya. Untuk melihat grafik harga emas antam, bisa dilihat di berbagai situs investasi, juga di situs resmi ANTAM.

Risiko Investasi Emas ANTAM

Seperti halnya semua jenis investasi, berinvestasi emas bukan berarti tanpa risiko. Hanya saja, investasi emas merupakan jenis investasi dengan risiko rendah hingga menengah. Dalam artian, rosiko investasi emas tidak sampai menyebabkan kekayaan seseorang terancam.

Hal itu dikarenakan risiko penuruan nilai logam mulia emas cenderung terkendali dan bisa naik kembali seiring berjalannya waktu. Jika mengamati grafik harga emas antam selama 6 bulan terakhir, walaupun terjadi naik turun nilai logam mulia (emas) dalam jangka pendek, namun secara jangka panjang grafik bergerak naik. Jadi kalau kamu membeli emas 6 bulan yang lalu, bisa dipastikan saat ini kamu sudah meraih keuntungan.

Dilihat Dari Grafik Harga Emas ANTAM, Kapan Investasi Emas Mendatangkan Hasil?

Jika saat ini kamu mulai berpikir untuk investasi emas, maka sebaiknya rencanakan investasi emas tersebut untuk jangka panjang. Enam bulan belakangan ini, harga emas memang terus merangkak naik. Terlebih lagi, harga emas sempat memecahkan rekor [ada pertengahan Agustus lalu, dan ini termasuk harga emas tertinggi sepanjang sejarah yaitu berada di angka Rp766.000.

Namun seandainya kamu hanya hendak membeli emas untuk aksi ambil untung saja, bisa jadi kamu malah akan terjebak. Tidak menutup kemungkinan setelah kenaikan yang gila-gilaan, tren harga emas mengalami penurunan.

Maka dari itu, jika kamu berencana membeli logam mulia dalam jumlah banyak saat ini, sebaiknya hal itu kamu rencanakan untuk investasi jangka panjang. Setidaknya dalam satu hingga tiga tahun ke depan. 

Jika kamu mengamati grafik harga emas antam setahun terakhir, pada tahun 2018 harga emas ANTAM sempat menembus angka Rp685.000 pada tanggal 28 Oktober 2018. Selanjutnya harga emas mengalami penurunan bahkan tidak pernah menyentuh level angka yang sama hingga penutupan tahun 2018. Diperlukan kurang lebih delapan bulan hingga kembali menyentuh level Rp685.000 pada bulan Juni 2019.

Namun, bukan berarti kamu akan mendapat keuntungan saat menjual emas pada level harga jual yang sama. Karena faktanya, harga emas yang dikenakan pada investasi emas milikmu adalah harga beli emas. Yakni harga yang dikenakan perusahaan ANTAM untuk membeli emas milikmu. Yang mana harganya lebih rendah dari harga jual. Jadi, jika dulu kamu membeli emas pada tanggal 28 Oktober 2018, dan menjualnya sebelum Juli 2019, bisa dipastikan kamu mengalami kerugian.

Dengan asumsi tren yang sama mungkin terjadi lagi, maka sebaiknya hindari membeli emas untuk investasi jangka pendek. Sebaiknya pilihlah instrumen investasi berupa logam mulia hanya jika kamu berencana menginvestasikannya setidaknya setahun bahkan tiga tahun ke depan. Jangan lupa juga untuk uptodate melihat grafik harga emas antam sebelum kamu membelinya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait