5 Cara Jual Emas di Pegadaian Agar Tidak Rugi

5 Cara Jual Emas di Pegadaian Agar Tidak Rugi
5 Cara Jual Emas di Pegadaian Agar Tidak Rugi

Emas merupakan logam mulia yang tidak pernah berkarat. Dulu, emas digunakan sebagai alat tukar. Namun, lama kelamaan fungsi tersebut digantikan oleh uang. Sementara emas lebih dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang seperti perhiasan, gigi palsu, dan perawatan kecantikan. Bahkan, kini emas juga menjadi salah satu barang investasi yang bisa diperjual-belikan.

Siapapun boleh melakukan pembelian dan penjualan emas. Namun, sebelum memutuskan untuk menjual, sebaiknya kamu harus tahu cara jual emas di pegadaian agar tidak mengalami kerugian. Berikut 5 cara jual emas di pegadaian yang bisa kamu ikuti.

Sertakan surat pembelian emas

Saat memutuskan untuk menjual emas, jangan lupa sertakan surat pembelian emas yang berbentuk nota resmi. Biasanya, nota resmi ini akan didapatkan dari toko tempat kamu membeli emas tersebut. Oleh karena ukurannya yang kecil, sebaiknya kamu berhati-hati saat menyimpan surat tersebut. Jangan sampai asal menyimpan sehingga akan hilang atau mungkin rusak. Pasalnya, surat tersebut merupakan bukti keaslian emas sehingga bisa menaikkan harga jual emas tersebut.

Kenali kadar emas dan harga jualnya

Bagi yang belum tahu, kadar emas adalah karat. Jadi nilai jual emas itu tergantung besar karat dan beratnya. Harga jual emas 24 karat tentu akan berbeda dengan emas 18 karat. Biasanya, nilai jual emas 24 karat lebih mahal. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu nominal uang yang akan kamu terima sesuai dengan takaran emas yang akan kamu jual.

Selain itu, berat emas juga ikut menentukan harga jualnya. Jadi, untuk mendapat keuntungan, pilih emas yang lebih dari 18 karat serta berkualitas.

Teliti alat penguji keaslian emas

Biasanya toko perhiasan pada umumnya memberikan syarat pengecekan emas. Saat itu terjadi, pastikan kamu memperhatikan jenis alat yang digunakan untuk mengecek emas tersebut. Biasanya, di Pegadaian atau toko perhiasan yang jujur pasti memakai avometer atau X-Ray Flourescence. Namun, saat pihak toko minta emasmu untuk digosok, jangan dituruti. Pasalnya, penggosokan tersebut biasanya untuk mengurangi kadar emas.

Cari tempat jual emas yang tepat

Tidak semua toko perhiasan akan membeli emas dengan harga yang mahal. Tiap toko pasti memiliki kriteria yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus bisa memilih tempat jual emas yang sesuai. Pegadaian bisa dikatakan menjadi salah satu lokasi yang ideal untuk menjual emas. Sebab, Pegadaian akan membeli emas dengan harga yang relatif mahal yaitu sekitar 97 persen dari nilai jual di pasaran.

Jual di tempat beli emas tersebut

Saat kamu tidak bisa menemukan toko atau tempat yang sesuai untuk menjual emas, kamu bisa menjualnya di toko tempat kamu membelinya. Biasanya, toko tersebut pasti bersedia untuk menerima emas itu kembali. Namun, harganya akan lebih rendah dibandingkan saat kamu membelinya. Mungkin, nominal yang akan kamu terima hanya 70-80 persen dari harga beli.

Itulah 5 cara menjual emas agar tidak mengalami kerugian. Jika memang berniat membeli emas untuk bisnis, sebaiknya carilah emas dengan mutu yang terbaik. Hal itu agar saat kamu menjualnya kembali bisa mendapatkan keuntungan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait