Kenali Kadar Emas Sebelum Mulai Investasi Emas

Kenali Kadar Emas Sebelum Mulai Investasi Emas
Kenali Kadar Emas Sebelum Mulai Investasi Emas

Sudah bukan rahasia jika berinvestasi emas saat ini telah menjadi gaya hidup setiap orang. Harga emas yang cenderung stabil dan terus meningkat menjadi alasan utamanya. Namun sebelum kamu memulai berinvestasi emas ada baiknya untuk mencermati kadar emas yang akan kamu beli. Jangan sampai tujuan investasi kamu pupus karena kadar emas yang terbeli ternyata tidak sesuai dengan kadar yang sesungguhnya.

Apa itu Kadar Emas?

Secara umum kadar emas merupakan tingkat keaslian atau jumlah kandungan kemurnian emas. Biasanya, kadar emas dinyatakan dalam satuan karat. 

Karat sering kali disebut sebagai sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam.

Sebagai contoh, kadar emas 24 karat memiliki kandungan emas murni sebesar 99,00% sampai 99,99%. Jadi emas dengan kadar 23 karat berarti memiliki tingkat kemurnian 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jika kamu memulai investasi emas dengan kadar 23 karat sebesar 10 gram, maka kandungan emas murninya sama dengan 23/24 X 10 gram atau 9,58 gram.

Ketetapan Karat Berdasarkan Kadarnya

Untuk mempermudah jumlah karat dalam emas, sekarang sudah tersedia tetapan untuk menentukan karat berdasar kadarnya. Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) nomor: SNI 13-3487-2005 standard karat kadar emas sebagai berikut:

  • 24 karat memiliki kandungan emas murni 99,00% sampai 99,99%
  • 23 karat = 94,80% sampai 98,89%
  • 22 karat = 90,60% sampai 94,79%
  • 21 karat = 86,50% sampai 90,59%
  • 20 karat = 82,30% sampai 86,49%
  • 19 karat = 78,20% sampai 82,29%
  • 18 karat = 75,40% sampai 78,19%

Sebenarnya ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menguji kemurnian emas. Antara lain:

  1. Uji Gosok. Biasanya dilakukan dengan menggosokkan emas pada batu, kemudian ditetesi semacam zat kimia. Adapun air uji yang digunakan adalah asam nitrat, asam klorida, dan campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia).
  2. Uji dengan Gold Tester. Pengujian ini menggunakan alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan.
  3. Uji Berat Jenis. Mengingat setiap benda memiliki berat jenis atau biasa disebut massa jenis, emas pun akan dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya.

Alasan Mulai Investasi Emas

Setelah kamu mengerti tentang kadar emas dan cara menguji kemurnian emas, kini saatnya kamu mulai berinvestasi emas. Inilah beberapa alasan agar kamu semakin mantap untuk memulai investasi emas demi masa depan yang lebih baik:

a. Potensi Keuntungan Tinggi

Jika membandingkan kenaikan harga emas dari tahun ke tahun, emas cenderung mengalami kenaikan antara 15% hingga 20% per tahunnya. Nilai ini jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tingkat inflasi.

b. Likuiditas Tinggi

Emas merupakan salah satu instrumen investasi paling likuid. Artinya emas sangat mudah untuk dicairkan dan diuangkan. Untuk mencarikan emas, kamu bisa menuju ke toko emas, pegadaian, ataupun bank dan uang akan cair saat itu juga.

Itulah beberapa alasan yang bisa memantapkan hatimu untuk segera berinvestasi emas. Jadi tunggu apalagi? Buat kamu yang masih takut dengan risiko investasi saham, kamu bisa mulai berinvestasi dengan membeli emas; baik dalam bentuk logam mulia ataupun perhiasan emas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait